Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mirip di Eropa, Ini Tujuh Titik Wisata Sekitar Danau Toba

Melakukan perjalanan sekitar Danau Toba akan membuat wisatawan domestik takjub, sebab ada spot foto yang indah, seperti di Eropa.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  19:26 WIB
Destinasi wisata di sekitar Danau Toba, salah satunya Bukit Siadtaratas - ilustrasi
Destinasi wisata di sekitar Danau Toba, salah satunya Bukit Siadtaratas - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Jika berbicara tempat liburan di Sumatra Utara, maka Danau Toba adalah tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Namun, Sumatra Utara tidak hanya memiliki Danau Toba.

Di pulau ini, terdapat sejumlah titik wisata yang sayang untuk dilewatkan, yang juga berdekatan dengan Danau Toba sehingga sayang jika dilewati ketika mengunjungi Danau Toba untuk melakukan liburan.

Dilansir dari Indonesia Travel, berikut tempat – tempat yang dapat Anda nikmati di sekitar Danau Toba:

1. Paropo

Desa Paropo terletak di tepi Danau Toba. Nuansa desa yang masih asli, kehangatan masyarakat setempat, pemandangan pegunungan yang hijau, dan kecantikan Danau Toba adalah pemandangan yang dapat memanjakan mata Anda.

Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati ikan segar yang baru saja ditangkap sambil menghirup udara segar di dekat pegunungan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membangun kemah jika ingin berlama – lama menikmati keindahan yang ada di desa ini. 

2. Air Terjun Situmurun

Indonesia terkenal dengan beberapa air terjunnya yang indah dan cantik untuk dinikmati oleh para pelancong. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Situmurun yang berada di desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang aliran airnya ke sungai atau anak sungai, aliran Air Terjun Situmurun langsung mengalir menuju Danau Toba. Airnya yang segar dan dingin sangat sayang jika dilewatkan untuk berenang.

Pesona air terjun ini juga terletak pada ketinggiannya yang mencapai 70 meter dengan tujuh tingkatan.

3. Bakkara

Bakkara adalah sebuah tempat yang merupakan perpaduan antara lokasi bersejarah dan alam yang sangat mempesona. Tempat ini adalah lembat tempat kelahiran Raja batak Sisingamangaraja.

Berada di pinggir Danau Toba dan diapit oleh bukit – bukit dengan pemandangan menawan, lembah ini dapat Anda jadikan sebagai titik alternatif jika ingin menikmati pesona Danau Toba dari ketinggian.

Bakkara juga dikenal karena memiliki tempat pemandian peninggalan Sisingamangaraja yang disebut Aek Sipangolu. Tempat ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat.

4. Air Terjun Efrata

Satu lagi air terjun yang sayang untuk dilewati ketika Anda berkunjung ke Danau Toba, yakni Air Terjun Efrata. Lokasi air terjun yang menawarkan pemandangan spektakuler ini terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir.

Air terjun ini menjadi destinasi yang wajib masuk dalam itinerary wisatawan yang sedang berkunjung ke Danau Toba. Meski tak setinggi Air Terjun Situmurun, yakni hanya sekitar 20 meter, pemandangan di sekitarnya tak akan mengecewakan.

Posisi air terjun ini diapit oleh perbukitan dan airnya yang berasal dari Bukit Barisan juga sangat jernih. Jika ingin mencoba sesuatu yang agak menantang, maka Anda dapat berkemah di sekitar spot ini.

Rasakan sensasi bermalam di tengah lokasi yang hanya dipenuhi oleh pepohonan serta ditemani oleh suara gemericik air.

5. Simarjarunjung

Simarjarunjung menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika sedang berwisata di Danau Toba jika Anda lebih menyukai berwisata di pegunungan.

Puncak bukit ini menyajikan kecantikan Danau Toba sebagai daya tarik utama. Dari titik ini, air Danau Toba akan nampak hijau atau kadang biru. Selain itu, pemandangan alam di sekitar kawasan danau juga akan tampak lebih jelas dari puncak bukit ini. Bagi para pemburu sunset, Bukit Simarjarunjung adalah spot yang tak boleh terlewatkan.

6. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni yang berada di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir membuatnya menjadi unik mengingat Pulau Samosir berada di Danau Toba, menjadikan Danau Sidihoni sebagai danau di atas danau.

Airnya yang masih jernih membuat pemandangan di sekitarnya dapat terpantul di permukaan. Ketika sudah berada di Danau Sidihoni, maka dapat bersantai atau berjalan-jalan sembari menghirup udara segar dan menyaksikan pemandangan pohon-pohon pinus yang ada di sekelilingnya.

Di daerah ini juga, Anda bisa berkemah dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbit pada pagi hari.

7. Bukit Siadtaratas

Bukit Siadtaratas adalah bukit yang dapat membuat mata Anda dimanjakan dengan pemandangan panorama Danau Toba. Terletak di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Dairi, Bukit Siadtaratas sering disamakan dengan bukit – bukit yang ada di luar negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danau toba destinasi wisata
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top