Ilustrasi pesta kembang api./REUTERS-Luisa Gonzalez
Travel

Dunia Bersiap untuk Malam Tahun Baru yang Sunyi Di Bawah Bayangan Covid-19

Ika Fatma Ramadhansari
Kamis, 31 Desember 2020 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya di Indonesia, jutaan orang di seluruh dunia tengah mempersiapkan tahun baru yang berbeda dari biasanya. Mulai dari lockdown, pembatasan, dan jam malam yang diberlakukan di banyak negara.

Hal-hal tersebut dilakukan semata-mata dalam upaya membendung Covid-19 sebelum kampanye vaksinasi mulai diberlakukan di berbagai belahan dunia.

Malam tahun baru kali ini menandai satu tahun semenjak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali menyebutkan pneumonia misterius di China yang kemudian kita kenal dengan Covid-19.

Sepanjang tahun 2020 virus ini telah menewaskan lebih dari 1,79 juta orang dan menghancurkan perekonomian dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Oleh karena itu dikutip dari The Guardian, Kamis (31/12/2020), berikut beberapa cara negara menyambut tahun baru di tengah pandemi:

1. Inggris Raya

Pada Rabu (30/12/2020), Inggris melaporkan 981 kematian di tengah lonjakan terkait dengan varian baru Covid-19. Pemerintah setempat memperingatkan masyarakat yang berencana merayakan malam tahun baru harus meninggalkan pesta saat memasuki 2021 karena Covid-19 menyukai kerumunan.

2. Prancis

Prancis telah mengumumkan akan mengerahkan 100.000 petugas keamanan untuk menghentikan pesta, pertemuan, dan pembakaran kendaraan tradisional pada 31 Desember 2020.

Menteri Dalam Negeri Gérald Darmanin mengatakan para petugas juga akan secara ketat memberlakukan jam malam nasional pukul 8 malam hingga 6 pagi.

3. Jerman

Jerman menyambut tahun baru 2021 dengan memberlakukan lockdown sebagian. Kanselir Angela Merkel mengatakan dalam pidato tahun baru terakhirnya sebagai kanselir bahwa tahun 2020 adalah tahun paling sulit selama 15 tahun kepemimpinannya.

4. Amerika Serikat

Bola malam tahun baru yang bertahtakan kristal akan jatuh di Times Square pada tengah malam 31 Desember kali ini akan disambut oleh jalan-jalan kosong. Otoritas Kota New York telah mengumumkan bahwa Times Square tidak akan dibuka untuk umum.

Mereka yang ingin hadir dapat melakukan streaming online atau menonton televisi. Begitu juga halnya wilayah-wilayah lain di Amerika Serikat.

5. Taiwan

Kota-kota besar di Taiwan telah mengurangi malam tahun baru dan memberi tahu orang-orang untuk menonton kembang api dan perayaan lainnya di rumah. d

6. Australia

Kota terbesar di Australia, Sydney, tempat wabah virus corona berkembang setiap hari, pemerintah meminta masyarakatnya untuk tinggal di rumah dan menghindari pertunjukan kembang api tengah malam yang terkenal di pinggir pelabuhan. Pembatasan juga diberlakukan di negara bagian selatan Victoria.

7. Selandia Baru

Pengecualian untuk negara ini, malam tahun baru akan berjalan seperti biasa. Hal ini dikarenakan Selandia baru berhasil memberantas virus Covid-19 setelah lockdown ketat selama tujuh minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro