Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 9 Lokasi Agrowisata untuk Rayakan Tahun Baru

Agrowisata merupakan salah satu pilihan wisatawan untuk merayakan libur dan tahun baru meski dalam keheningan akibat pandemi Covid-19.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  20:01 WIB
Bisa buat kemping. Agrowisata ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung Utara.  - agropalaga
Bisa buat kemping. Agrowisata ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung Utara. - agropalaga

Bisnis.com, JAKARTA - Agrowisata merupakan salah satu pilihan wisatawan untuk merayakan libur dan tahun baru meski dalam keheningan akibat pandemi Covid-19.

Agrowisata adalah jenis aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau sejenis menjadi daya tarik bagi wisatawan. Agrowisata memang memiliki ragam variasi, seperti labirin jagung, wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, hingga restoran di atas laut. 

Dilansir dari situs Indonesia Travel, pada Kamis (31/12/2020) setidaknya ada 9 lokasi wisata berjenis agrowisata yang bisa menjadi pilihan Anda merayakan akhir tahun dan mengawali 2021.

1. Agrowisata Taman Suruh, Banyuwangi

Agrowisata yang berlokasi di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Disini wisatawan bisa mengonsumsi sayur serta buah-buahan organik yang dipetik langsung dari kebun. Ada juga padi hitam organik, 33 varietas melon serta bunga-bunga cantik yang akan memanjakan mata serta bisa menjadi latar belakang foto yang menarik.

2. Bagus Agro Pelaga, Bali

Agrowisata ke Bagus Agro Pelaga yang terletak di desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung Utara. Di sini wisatawan bisa menghirup udara segar dengan pemandangan nan hijau dan asri. Ada banyak kebun sayur, buah, dan bunga. Jika ingin menginap, ada beberapa vila yang bisa disewa.

3. Narmada Botanic Garden, Lombok

Narmada Botanic Garden di Dusun Muhajirin, Desa Gandari, Narmada, Lombok Barat hanya merogoh kocek Rp 5000 saja, wisatawan bisa mendapatkan banyak spot foto yang instagramable yakni dengan latar belakang bunga matahari.

4. Vin’s Berry Park, Bandung

Kebun buah berry ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Lembang, Jawa Barat. Kebun seluas 2 hektar ini ditumbuhi sekitar  60 ribuan pohon yang terdiri atas pohon strawberry, raspberry, dan blackberry.

5.  Agrowisata Bhumi Merapi, Yogyakarta

Agrowisata Bhumi Merapi yang berada di Jalan Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Destinasi ini terletak di lereng Gunung Merapi. Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sini mulai dari mencoba permainan di area outbound, berfoto di berbagai spot instagramable, hingga berkemah sambil berburu matahari terbit.

6. Agrowisata Sondokoro Karanganyar, Solo

Agrowisata Sondokoro awalnya merupakan sebuah pabrik gula sehingga mengusung konsep tempo dulu. Destinasi ini cocok untuk wisata keluarga terutama bagi yang memiliki anak-anak. Ada beragam wahana seru, misalnya naik kereta zaman dulu, lalu menikmati terapi ikan, hingga melihat benda bersejarah, dan menikmati area outbound.

7. Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang

Agrowisata Kopeng Gunungsari mengusung konsep gardu pandang yang disuguhi panorama Gunung Merbabu. Ada taman bunga dan kebun jambu yang bisa dipetik dan makan secara langsung. Di lokasi pariwisata ini, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Andong dan Telomoyo. Jika cuaca sedang cerah, wisatawan juga bisa menyaksikan Rawa Pening.

8. Kusuma Agrowisata Batu, Malang

Destinasi yang terletak di Jalan Abdul Gani, Batu, Malang ini memiliki luas sekitar 70 hektar. Lokasinya di atas ketinggian 1000 meter. Selain apel, agrowisata ini juga memiliki buah lainnya di antaranya jeruk, jambu merah, stroberi, buah naga, dan sayuran hidroponik.

9. Mekarsari, Bogor

Agrowisata di kota Bogor ini bukan hanya melihat tumbuhan, juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru misalnya saja bermain banana boat, floating doughnut, water bike, dan lain sebagainya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

destinasi wisata agrowisata
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top