Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Thailand Keluarkan Sertifikat Makanan Seafood Bebas Covid-19

Departemen Perikanan sudah mengeluarkan sertifikasi ini dengan tujuan untuk membangun kepercayaan dalam negeri memproduksi dan mengonsumsi seafood. Saat ini sudah ada 60 eksportir yang juga mengajukan sertifikasi tersebut.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  19:47 WIB
Bangkok, Thailand. - Brent Lewin/Bloomberg
Bangkok, Thailand. - Brent Lewin/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Mulai 26 Desember 2020 lalu, pemerintah Thailand telah mengeluarkan standar sertifikasi makanan seafood yang bebas dari kontaminasi Covid-19.

Dilansir dari Asia One, Selasa (29/12/2020), Departemen Perikanan sudah mengeluarkan sertifikasi ini dengan tujuan untuk membangun kepercayaan dalam negeri memproduksi dan mengonsumsi seafood. Saat ini sudah ada 60 eksportir yang juga mengajukan sertifikasi tersebut.

Kepala Departemen Perikanan, Mesak Pakdeekong mengatakan, Covid-19 memang menyebar di pusat Samut Sakhon, pasar ikan dan udang. Kasus menyebar juga ke kawasan publik lain yang membuat masyarakat semakin peka pada keamanan dan bebas dari ancaman virus ini.

Sebagai upaya merespon ini ada dua jenis sertifikasi bebas Covid-19 pun menjadi solusi. Pertama, sertifikasi yang memberikan jaminan pada kapal angkutan ikan, pasar ikan, sistem transportasi, ritel. Kedua, adalah sertifikasi bagi para nelayan dan distributor ikan yang memberikan kemasan sebagai upaya untuk membangun kepercayaan konsumen.

Departemen Perikanan juga melakukan pengujian bagi para nelayan secara berkala sebelum dan sesudah melaut. Para pekerja ini harus mengantongi jaminan bebas Covid-19.

Sejauh ini, baru Laos saja negara yang menolak ekspor seafood dari Thailand, utamanya dari kawasan Samut Sakhon.

Departemen Perikanan yang juga terlibat dalam Charoen Pokphand Foods (CPF) mendistribusikan hasil produksi seafood harus mematuhi standar dan protokol bebas Covid-19.

Deputi Direktur Jenderal Departemen Perikanan Wichan Ingsrisawang, mengatakan sudah ada lebih dari 60 pebisnis sektor perikanan yang mengantongi jaminan supply-chain bebas Covid-19. Mayoritas dari pemegang izin ini adalah para eksportir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand seafood
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top