Bangkok, Thailand./Brent Lewin-Bloomberg
Kuliner

Thailand Keluarkan Sertifikat Makanan Seafood Bebas Covid-19

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 29 Desember 2020 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mulai 26 Desember 2020 lalu, pemerintah Thailand telah mengeluarkan standar sertifikasi makanan seafood yang bebas dari kontaminasi Covid-19.

Dilansir dari Asia One, Selasa (29/12/2020), Departemen Perikanan sudah mengeluarkan sertifikasi ini dengan tujuan untuk membangun kepercayaan dalam negeri memproduksi dan mengonsumsi seafood. Saat ini sudah ada 60 eksportir yang juga mengajukan sertifikasi tersebut.

Kepala Departemen Perikanan, Mesak Pakdeekong mengatakan, Covid-19 memang menyebar di pusat Samut Sakhon, pasar ikan dan udang. Kasus menyebar juga ke kawasan publik lain yang membuat masyarakat semakin peka pada keamanan dan bebas dari ancaman virus ini.

Sebagai upaya merespon ini ada dua jenis sertifikasi bebas Covid-19 pun menjadi solusi. Pertama, sertifikasi yang memberikan jaminan pada kapal angkutan ikan, pasar ikan, sistem transportasi, ritel. Kedua, adalah sertifikasi bagi para nelayan dan distributor ikan yang memberikan kemasan sebagai upaya untuk membangun kepercayaan konsumen.

Departemen Perikanan juga melakukan pengujian bagi para nelayan secara berkala sebelum dan sesudah melaut. Para pekerja ini harus mengantongi jaminan bebas Covid-19.

Sejauh ini, baru Laos saja negara yang menolak ekspor seafood dari Thailand, utamanya dari kawasan Samut Sakhon.

Departemen Perikanan yang juga terlibat dalam Charoen Pokphand Foods (CPF) mendistribusikan hasil produksi seafood harus mematuhi standar dan protokol bebas Covid-19.

Deputi Direktur Jenderal Departemen Perikanan Wichan Ingsrisawang, mengatakan sudah ada lebih dari 60 pebisnis sektor perikanan yang mengantongi jaminan supply-chain bebas Covid-19. Mayoritas dari pemegang izin ini adalah para eksportir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro