Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020). - Istimewa
Travel

Sandiaga Uno dan Luhut Bahas 5 Destinasi Super Prioritas

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 27 Desember 2020 - 22:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno siap berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam membangkitkan sektor pariwisata di Tanah Air.

Kesiapan itu disampaikan Sandi saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Bali. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas upaya pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif.

"Saya ingin melaporkan baru saja bertemu dengan Bapak Luhut Binsar Pandjaitan Menko Marves. Beliau menyampaikan arahan agar langsung bekerja untuk mensolidkan teamwork di tim. Kita pastikan juga tim yang sekarang berjuang mengatasi Covid-19, membangkitkan pariwisata, membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif ini adalah tim yang solid dan tim yang memiliki komitmen yang sama," kata Sandiaga.

Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas destinasi super prioritas yang harus mulai fokus disiapkan. Terkait hal itu, Sandi mengatakan pihaknya telah siap, baik dalam segi infrastruktur ataupun fasilitas.

"Sesuai dengan diskusi dengan Bapak Presiden bahwa lima destinasi super-prioritas itu kita siapkan, kita lengkapi bukan hanya infrastrukturnya, tapi juga seluruh aspek penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya, tarian, penginapannya, juga dari segi toilet termasuk juga ekonomi kreatif yaitu kuliner, fashion dan kerajinannya," ungkapnya.

Sandi mengatakan destinasi super prioritas seperti Labuan Bajo menjadi destinasi investasi yang cukup seksi. Selain itu, ada Mandalika, yang diharapkan bisa dipersiapkan untuk ajang MotoGP.

"Bajo ini sudah menjadi satu destinasi investasi yang cukup seksi. Berikutnya, Mandalika penyiapan dari MotoGP dan yang diharapkan bahwa ke depan fokus kita adalah memastikan calendar of events di tiap-tiap destinasi super-prioritas ini tertata dengan baik," katanya.

Untuk mempercepat destinasi super prioritas itu, Sandi menyatakan pihaknya turut berkoordinasi dengan menteri lain yang terkait dengan destinasi wisata. Termasuk dengan menteri kesehatan agar tercipta pembangunan industri wisata medis.

"Juga karena ini masalahnya adalah kesehatan tentunya kolaborasi kita dengan Kementerian Kesehatan Pak Budi Gunadi Sadikin dan timnya, jajarannya agar kita juga bisa memanfaatkan medical tourism atau vaccine based tourism," tutur Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro