Anggota kru Thai Airways mendisinfeksi kabin pesawat sebagai prosedur untuk mencegah penyebaran coronavirus di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Thailand, 28 Januari 2020./ REUTERS - Athit Perawongmetha
Travel

5 Persiapan Penting Naik Pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru

Novita Sari Simamora
Selasa, 22 Desember 2020 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sebagian orang memilih untuk pulang ke kampung halaman dan  berwisata di tengah pandemi.

Mayoritas akomodasi transportasi yang digunakan adalah pesawat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika pergi naik pesawat saat pandemi. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Kelengkapan administrasi

Setiap penumpang pesawat harus membawa rapid tes antigen, swab antigen dan swab PCR untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan selama bepergian.

2. Pakai masker

Kenakan masker yang tepat, dengan cara yang tepat, untuk seluruh perjalanan. Sangat disarankan untuk menggunakan masker yang minimal dua lapis selama terbang.

Namun, ada juga yang memilih menggunakan dua masker kain saat pergi naik pesawat terbang. Sangat disarankan untuk menggunakan bahan masker dari katun yang tebal, dengan kerapatan kain yang maksimal.

Gunakan masker dari pangkal hidung hingga di bawah dagu. Jangan pernah menurunkan masker hingga ke dagu saat berada di pesawat.

Banyak penelitian yang  mengungkapkan bahwa sistem ventilasi udara di pesawat cukup bagus dan sangat jarang terjadi penularan virus corona (Covid-19) selama di pesawat. Namun, pelacakan penularan tersebut masih menjadi tantangan.

3. Bawa hand sanitizer

Selama pandemi, mencuci tangan di tempat umum sudah menjadi kebiasaan baru. Namun, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer gel dan spray untuk membersihkan tangan usai menyentuh permukaan benda. Hand sanitizer spray juga bisa disemprotkan pada permukaan benda sebelum disentuh.

Kini, aturan penerbangan mengizinkan penumpang membawa pembersih tangan dalam wadah hingga 12 ons (dibatasi satu per penumpang).

4. Jaga jarak

Hindari berbincang dengan orang yang tidak dikenal saat melakukan boarding. Batasi komunikasi dengan orang yang tidak dikenal. Begitu juga saat sedang mengantri untuk masuk pesawat, tetap jaga jarak minimal 1 meter..

5. Bawa tisu 

Jika anda pergi bersama anak, siapkan segala kebutuhan anak. Selain itu, beritahukan kepada anak bahwa Anda akan melakukan perjalanan bersamanya dan ajari anak untuk tetap memakai masker dan rutin menggunakan hand sanitizer atau tisu beralkohol untuk membersihkan tangan anak.

Untuk menenangkan anak selama di pesawat ketika pandemi, maka jangan lupa membawa mainan kesukaan anak, buku bacaan dan boneka kesayangan. Bila ada bantal dan selimut yang disukai anak, maka lebih baik dibawa agar anak tidak rewel saat berada di pesawat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro