Bolu kukus Lembang./pegipegi
Kuliner

Tips Antigagal Membuat Bolu Susu Lembang

Reni Lestari
Sabtu, 12 Desember 2020 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bolu susu lembang, pengananan asal kota kembang Bandung kini telah dijual di banyak tempat. Tak perlu ke Bandung untuk menikmati bolu susu lembang. Bahkan, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain dapat memastikan tingkat higienitas makanan, Anda juga dapat berkreasi sesuai selera.

Chef Army Alpha dari Boga Baking Center menjabarkan sejumlah tips membuat bolu kukus yang dapat dipraktikkan di rumah.

Pertama, baca resep dengan seksama dan pastikan seluruh bahan dan alat tersedia. Kedua, pastikan takaran bahan-bahan menggunakan timbangan. Hindari mengikuti resep yang takarannya menggunakan sendok.

"Jangan menggunakan sendok [takarannya]. Sebab satu sendok pas dengan satu sendok penuh itu beda dan bisa mempengaruhi rasa," katanya saat demo masak virtual, Sabtu (12/12/2020).

Ketiga, sesuaikan lama mengaduk dengan mixer yang digunakan. Da menjelaskan masing-masing alat memiliki kemampuan yang berbeda sehingga lama waktu mengaduk tak bisa dipatok, misalnya 5 menit atau 10 menit. Agar hasil adukan sempurna, pastikan adonan berjejak. Tandanya, ketika diangkat menggunakan spatula, adonan tidak lagi menetes.

Keempat, tidak perlu menghentak-hentakkan loyang untuk meratakan adonan. Logikanya, adonan yang terkena suhu panas akan menjadi cair dan merata dengan sendirinya.

"Selama panggagannya lurus, bolu tidak akan berat sebelah," imbuhnya.

Terakhir, tidak perlu mengolesi loyang dengan mentega. Umumnya mentega yang dioleskan pada loyang bertujuan agar adonan tidak lengket ketika matang. Army mengatakan cukup alasi loyang dengan kertas roti untuk menghindari adonan lengket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro