Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Antigagal Membuat Bolu Susu Lembang

Bila sedang merindukan kuliner asal Bandung, maka Anda bisa membuat bolu susu lembang sesuai selera.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  11:56 WIB
Bolu kukus Lembang. - pegipegi
Bolu kukus Lembang. - pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA - Bolu susu lembang, pengananan asal kota kembang Bandung kini telah dijual di banyak tempat. Tak perlu ke Bandung untuk menikmati bolu susu lembang. Bahkan, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain dapat memastikan tingkat higienitas makanan, Anda juga dapat berkreasi sesuai selera.

Chef Army Alpha dari Boga Baking Center menjabarkan sejumlah tips membuat bolu kukus yang dapat dipraktikkan di rumah.

Pertama, baca resep dengan seksama dan pastikan seluruh bahan dan alat tersedia. Kedua, pastikan takaran bahan-bahan menggunakan timbangan. Hindari mengikuti resep yang takarannya menggunakan sendok.

"Jangan menggunakan sendok [takarannya]. Sebab satu sendok pas dengan satu sendok penuh itu beda dan bisa mempengaruhi rasa," katanya saat demo masak virtual, Sabtu (12/12/2020).

Ketiga, sesuaikan lama mengaduk dengan mixer yang digunakan. Da menjelaskan masing-masing alat memiliki kemampuan yang berbeda sehingga lama waktu mengaduk tak bisa dipatok, misalnya 5 menit atau 10 menit. Agar hasil adukan sempurna, pastikan adonan berjejak. Tandanya, ketika diangkat menggunakan spatula, adonan tidak lagi menetes.

Keempat, tidak perlu menghentak-hentakkan loyang untuk meratakan adonan. Logikanya, adonan yang terkena suhu panas akan menjadi cair dan merata dengan sendirinya.

"Selama panggagannya lurus, bolu tidak akan berat sebelah," imbuhnya.

Terakhir, tidak perlu mengolesi loyang dengan mentega. Umumnya mentega yang dioleskan pada loyang bertujuan agar adonan tidak lengket ketika matang. Army mengatakan cukup alasi loyang dengan kertas roti untuk menghindari adonan lengket.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan lembang Resep masakan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top