Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liburan Akhir Tahun, Ini 6 Kota yang Bisa Jadi Tujuan Wisata

Suguhan wisata alam, sejarah hingga kuliner yang tiada duanya menjadi pilihan bagi pelancong untuk memilih destinasi.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 11 Desember 2020  |  15:53 WIB
Suasana Taman Wisata Candi Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (20/3/2020). Pihak PT Taman Wisata Candi (TWC) menutup sementara Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko menutup sementara dari hari Jumat (20/3/2020) hingga Minggu (29/3/2020) untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di destinasi pariwisata. ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah
Suasana Taman Wisata Candi Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (20/3/2020). Pihak PT Taman Wisata Candi (TWC) menutup sementara Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko menutup sementara dari hari Jumat (20/3/2020) hingga Minggu (29/3/2020) untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di destinasi pariwisata. ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, JAKARTA—Libur akhir tahun hanya tinggal menghitung hari. Indonesia adalah negara yang penuh dengan tempat tujuan liburan yang bisa kita kunjungi, baik liburan alam, sejarah, hingga budaya.

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Jadi, para pelancong yang ingin menikmati liburan jangan lupa untuk menjalankan dan memeriksa protokol kesehatan di tempat tujuan wisata. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan bahwa tempat wisata tersebut sudah beroperasi.

Dilansir dari Pegi-pegi, terdapat 6 kota yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati liburan akhir tahun ini dari banyak daerah yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Berikut 6 kota tersebut.

1. Jakarta

Bagi yang ingin menikmati liburan akhir tahun di Kota Jakarta, Anda bisa berkeliling kota ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah, budaya, wisata alam, hingga kulinernya. Bagi yang suka dengan wisata sejarah, Monumen Nasional atau Monas dan Kota Tua bisa menjadi pilihan.

Sedangkan wisata budaya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah pilihan tepat untuk berwisata sekaligus belajar mengenai budaya-budaya Indonesia. Buat pencinta alam, Anda yang sudah bosan dengan Ancol bisa menyeberang ke Pulau Seribu untuk menikmati keindahan pantai yang memesona.

Bagi Anda yang memiliki hobi kulineran, bisa datang ke berbagai tempat makan mulai dari kaki lima hingga bintang lima yang bisa Anda temui dengan mudah di kota ini.

2. Bandung

Bandung juga merupakan salah satu kota favorit wisatawan domestik. Di Kota Kembang ini, Anda bisa menemukan beragam destinasi wisata alam hingga kuliner khas yang wajib untuk didatangi.

Jika ingin berlibur pada momen akhir tahun ke kota ini, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat favorit di Bandung seperti Farmhouse Lembang untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai hewan ternak yang lucu, menikmati keindahan taman bunga, hingga berfoto dengan background bangunan bergaya Eropa.

Buat yang suka petualangan seru di tengah alam, Anda wajib mengunjungi The Lodge Maribaya. Sedangkan wisata kuliner, bisa mencicipi makanan lezat khas Bandung dengan mudah di berbagai tempat.

3. Yogyakarta

Kota Yogyakarta tidak hanya menjadi favorit bagi wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara. Yogyakarta terkenal juga sebagai kota yang mempunyai tujuan wisata yang lengkap, mulai dari budaya, alam pegunungan dan pantai, hingga kuliner khas.

Bagi pecinta gunung, mengunjungi kawasan wisata Gunung Merapi dan berkeliling menggunakan mobil jip yang disewakan di sana adalah kenikmatan yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong.

Jika Anda pecinta pantai, maka jangan lupa main ke deretan pantai cantik di Gunung Kidul. Sedangkan untuk pecinta wisata budaya, Keraton Yogyakarta yang terletak di tengah kota dapat menjadi pilihan.

Selain itu, makanan-makanan yang tersedia di kota ini juga sangat sayang untuk dilewatkan oleh para pelancong ketika berkunjung untuk menikmati liburan akhir tahun. Yogyakarta adalah surga kuliner, dan harganya yang terjangkau membuat Anda tidak akan berpikir panjang untuk mencicipi setiap makanan yang ada di sini.

4. Surabaya

Di kota Pahlawan ini, para pelancong dapat menikmati wisata alam dan kuliner yang tiada duanya selain berbelanja ketika liburan akhir tahun tiba.

Bagi pecinta wisata alam dan budaya, Kenpark Surabaya, Kebun Binatang Surabaya, hingga Monumen Kapal Selam adalah tempat-tempat yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sedangkan buat Anda pecinta kuliner, mencicipi rujak cingur, lontong balap, nasi rawon, hingga kuliner bebek yang bercita rasa khas adalah suatu keharusan.

5. Malang

Malang mempunyai banyak pilihan tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner. Kota Malang juga cocok buat Anda yang ingin menikmati traveling dengan biaya terjangkau.

Wahana petualangan seperti Jatim Park 1 dan 2 adalah tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke kota ini.

Sedangkan bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah, bisa mampir ke Museum Angkut. Ada sederet atraksi menarik juga yang bisa Anda kunjungi, seperti wisata petik apel dan Hawai Waterpark.

Malang juga menyimpan wisata alam yang indah, mulai dari Gunung Bromo hingga Pantai Tiga Warna. Jangan lupa untuk mencicipi bakso malang langsung ketika liburan nanti Anda mengunjungi kota ini.

6. Bali

Siapa tidak kenal bali? Orang -orang di luar negeri sana lebih kenal Bali dibandingkan Indonesia. Ya, Pulau Dewata ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu destinasi favorit untuk menikmati liburan pada akhir tahun.

Suguhan wisata alam hingga kuliner yang tiada duanya adalah alasan – alasan para pelancong harus ke tempat ini. Ada beragam pantai yang indah untuk dikunjungi di pulau ini.

Kemudian, deretan akomodasi menarik, mulai dari hotel hingga villa dengan pemandangan menakjubkan juga bisa Anda temukan.

Soal kuliner, Bali punya bermacam-macam pilihan mulai dari nasi pedas, hingga bebek betutu yang menjadi makanan khas yang wajib dicicipi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali Jakarta bandung Liburan Libur Natal & Tahun Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top