Ilustrasi - Warga menikmati suasana sore di Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (28/11/2018)./Antara-Novrian Arbi
Travel

Jelang Tahun Baru: Hotel Pantai Pangandaran Banyak Peminat, Tetap Waspada Ya

Newswire
Minggu, 6 Desember 2020 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Kabupaten Pangandaran yang menjadi wilayah dengan status kuning atau rendah kasus Covid-19 menjadi sasaran wisatawan melepas akhir tahun dan menyambut tahun baru.

Pemesanan hotel di kawasan ini memperlihatkan peningkatan untuk periode 24 Desember sampai malam tahun baru.  

Hal itu diketahui berdasarkan pemantauan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

"Jadi saat melakukan monitoring sektor akomodasi di Pangandaran, diperoleh informasi bahwa reservasi di beberapa hotel untuk tanggal 24 sampai 31 Desember 2020 telah mencapai okupansi sekitar 40 persen dan terus meningkat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik, Minggu (6/12/2020).

Dedi mengatakan minat kunjungan wisatawan ke kawasan Pantai Pangandaran terus meningkat di Desember 2020.

Disparbud Provinsi Jawa Barat terus memantau penerapan protokol kesehatan bersama pengelola industri pariwisata dan pemerintah setempat.

Menurut dia, tingginya minat wisatawan ini tidak terlepas dari momen libur panjang pada Desember 2020 dan hal ini merupakan peluang untuk memperbaiki kinerja perekonomian.

Menurut Dedi, pada masa pandemi Covid-19 sepanjang tahun ini, isu kesehatan tidak bisa dilepaskan begitu saja.

Sebagai upaya untuk menguatkan persepsi itu, pihaknya menggelar diskusi di sela pemantauan protokol kesehatan dengan stakeholder usaha pariwisata, komunitas ekonomi kreatif dan UMKM di kawasan Pangandaran.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata agar penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Monitor akan terus dilakukan bekerja sama dengan stakeholder terkait," kata dia.

Ia mengatakan pemantauan protokol kesehatan di Kabupaten Pangandaran yang mengandalkan sektor pariwisata tersebut harus dilakukan secara konsisten, tidak hanya terpaku pada momen tertentu.

"Tentunya harus selalu merujuk pada status kewaspadaan Covid-19. Saat ini Pangandaran berada di level kewaspadaan kuning atau rendah. Namun ini jangan membuat kewaspadaan menurun juga. Masyarakat pun harus ikut berdisiplin," kata dia.

Jadi, siapa pun yang melepas akhir tahun 2020 dan menjemput tahun baru 2021 di Pantai Pangandaran dan tempat wisata mana pun tetap harus waspada.

Selamat menjemput tahun baru, jangan lupa waspada ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro