Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Staycation? Simak Tips Jaga Kebersihan Kamar Selama Liburan

Menjaga ruangan tetap bersih adalah tanggung jawab Anda, terutama jika Anda berencana liburan selama pandemi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  14:54 WIB
Ilustrasi staycation - Istimewa
Ilustrasi staycation - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Berwisata memang menjadi cukup kompleks seiring dengan pandemi Covid-19 yang masih terjadi di seluruh dunia.

Menurut anjuran dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) masyarakat memang direkomendasikan untuk tetap berada di rumah demi keselamatan diri sendiri dan sesama. Namun jika Anda bosan dan hendak bepergian, Anda pun diminta untuk memilih jenis liburan yang aman.

Adapun liburan tersebut harus terjamin kualitas sanitasi, sekalipun jika Anda ingin liburan di hotel saja atau staycation dengan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh sebab itu, dilansir dari Travel + Leisure, Jumat (4/12/2020), sejumlah pakar dan ahli kesehatan masyarakat sudah dimintakan tips bagaimana cara membersihkan ruangan hotel dengan disinfektan selama pandemi. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan begitu Anda tiba di kamar hotel Anda.

1. Berkomunikasilah dengan Cleaning Service Hotel Anda

Sebelu Anda memesan kamar hotel, Anda tidak perlu takut untuk menanyakan kepada pengelola hotel tentang protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan. Menurut Dr. Jack Shevel, Founder dan CEO Zappogen, distributor produk sanitizer untuk rumah sakit menjelaskan, dengan menanyakan informasi tersebut, Anda juga bisa memastikan kondisi kesehatan semua pegawai dan staf hotel. Anda juga bisa menanyakan jumlah dan kondisi sesama penghuni. Dia juga menilai langkah ini penting untuk menjaga diri Anda sendiri tetap aman selama berwisata.

“Anda harus menanyakan sanitasi dan kebijakan disinfektan mereka. Apakah pengecekan suhu tubuh dilakukan semua orang saat masuk dan keluar? Apakah mereka secara berkala juga mengecek kesehatan karyawannya?,” ujar Dr. Shevel.

Anda juga perlu menanyakan berapa lama ruangan yang akan Anda inap pernah dipakai, dan seperti apa kondisinya. Dia juga mencatat, jika hotel tidak melakukan disinfeksi secara rutin dan mengizinkan tamu untuk masuk ke ruangan kurang dari 24 jam bisa berbahaya bagi penghuni lain. Oleh sebab itu pada skala Airbnb saja, disarankan untuk melakukan disinfektak rutin.

“Tanyakan kepada pihak hotel, apa model disinfektan yang digunakan? Berbentuk airborne untuk membunuh pathogen di udara dengan sprayer elektronik. Jika hotel memiliki protokol yang ketat, mereka akan memilih menggunakan upaya disinfektan dengan spray di udara. Jika hanya melakukan pembersihan lantai dan benda sekitar, standar ini masih jauh untuk menjamin kesehatan tamu,” tuturnya.

Dia menjelaskan, disinfektan secara umum bisa tersebar tak hanya dari sentuhan tetapi juga dari ruang kedap udara, dan juga bisa melalui wajah dan mata. Studi terakhir menyebut virus ini sebagai aerosol yang bisa bertahan lebih dari 10 menit. Oleh sebab itu, Dr. Shevel menganjurkan Anda untuk tetap melakukan disinfeksi dengan spray dalam ruangan Anda. Idealnya, Anda butuh membunuh pathogen tersebut arena virus ini punya periode yang cukup lama.

Sebelum Anda tiba, Anda juga bisa menanyakan dulu ke pihak hotel untuk memindahkan semua jenis barang yang sering disentuh dan menjadi sarana penularan. Anda juga bisa meminta pihak hotel mengganti seprai dan bantal di kamar Anda, menurut Dr. Shady Salib, Dokter Medis Internal dan Chief of Staff di Palm Beach Gardens Medical Center.

2. Bersihkan Barang Anda

Pembersihan seharusnya dimulai sebelum Anda masuk ke ruangan terutama jika Anda sempat bepergian dengan kendaraan umum. Dr. Shevel menyebut, Anda tidak boleh lupa untuk menyemprotkan spray ke barang bawaan Anda.

“Ingatlah, barang Anda khususnya koper juga dipegang oleh banyak orang, jadi penting Anda bersihkan dulu di ruangan khusus sebelum masuk kamar Anda,” tuturnya.

3. Bawalah Barang Anda Sendiri

Menjaga ruangan tetap bersih adalah tanggung jawab Anda, terutama jika Anda berencana liburan selama pandemi. Normalnya, Anda mungkin bisa berpangku pada layanan hotel yang belum tentu tersedia tahun ini, sebab semakin jarang Anda berkontak dengan orang lain maka Anda pun belum tentu sering berkontak dengan pekerja hotel.

“Bawalah sendiri cangkir, dan botol minum Anda ke ruangan Anda. Jika Anda tak punya cangkir, cucilah ulang semua perlengkapan minum yang tersedia di kamar Anda dengan sabun dan bilas bersih,” ujar Dr. Salib.

Anda juga diminta untuk menjamin kelengkapan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, maupun face shield.

4. Bukalah Jendela Kamar Anda

Ketika Anda masuk ke kamar, Dr. Shevel juga merekomendasikan Anda untuk membuka jendela kamar guna menjamin ventilasi dan membiarkan patogen udara keluar dari kamar Anda. Cobalah memilih kamar yang lebih mudah akses ke luar dan ventilasi yang besar. Selain jendela, carilah kamar yang memiliki pintu langsung terhubung dengan area luar.

5. Bersihkan Kamar Anda

Dr. Salib meminta Anda membawa perlengkapan disinfektan dan Anda bisa membersihkan barang-barang secara berkala. Berikut beberapa jenis barang yang perlu Anda bersihkan secara berkala;

  • Handphone
  • Jam tangan
  • Remote control
  • Tombol lampu
  • Lampu kamar
  • Gagang pintu
  • Toilet
  • Penutup kepala
  • Kamar mandi
  • Berbagai peralatan yang sering disentuh di kamar.

Salib juga menyebut, Anda bisa memakaikan plastik pada remote control TV agar Anda tidak perlu bersentuhkan dengan barang tersebut. Bawalah pula sanitizer untuk sikat gigi Anda, dan perlengkapan mandi sendiri agar tidak memakai milik hotel. Intinya, semakin Anda tidak banyak memegang barang dan melakukan kontak tersebut, maka Anda semakin aman.

“Gagang pintu yang harus paling sering dibersihkan, Anda harus segera mencuci tangan setelah menyentuh gagang pintu. Remote TV juga harus dibersihkan, isi toilet, dan jika Anda membawa spray Anda juga perlu menyemprotkan ke sepatu dan pakaian sebelum berjalan keluar kamar, dan begitu Anda kembali,” tutur Dr. Shevel.

6. Mencuci Tangan

Dr. Salib menyebut mencuci tangan adalah hukum utama untuk mencegah Covid-19 ini. Jangan sampai berlibur membuat Anda abai dan lupa pada kewajiban ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top