Pulau Okinawa
Travel

Di Pulau Ini, Penduduknya bisa Hidup Lebih dari 100 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Desember 2020 - 07:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Pulau Okinawa, Jepang, yang dijuluki "pulau umur panjang", penduduk setempat menolak untuk mati.

Penduduk menderita penyakit jantung, kanker, dan demensia tingkat rendah, serta kehidupan sosial yang kuat dan rasa ikigai yang kuat (tujuan unik dalam hidup). Tapi, seperti dilansir BBC, orang Okinawa bisa tetap hidup dan sehat melewati usia 100 tahun.

Sebagai salah satu dari lima "Zona Biru" dunia umur panjang, Okinawa juga unik karena ikatan erat antar penduduk. Sebagian besar bergabung dengan satu atau lebih moai, sekelompok informal teman dan rekan kerja yang bertemu secara teratur, terikat pada minat yang sama dan mengumpulkan kontribusi bulanan untuk membantu anggota yang membutuhkan atau mendukung pekerjaan umum.

Menurut buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life oleh Héctor García dan Francesc Miralles, orang Okinawa makan makanan yang kaya sayuran dan makanan antioksidan, mengkonsumsi hanya sepertiga dari asupan gula rata-rata Jepang dan makan makanan mereka di piring kecil.

Mereka secara teratur menggunakan tubuh mereka dalam latihan intensitas rendah dan hanya makan sampai mereka merasa 80% kenyang, yang sejalan dengan kebijaksanaan kuno yang menyarankan untuk tidak makan berlebihan. Desa Kitanakagusuku di Okinawa bahkan mengadakan kontes tahunan untuk merayakan wanita berusia 80 tahun ke atas.

Kunci kegembiraan dan kesehatan penduduk Okinawa adalah ikigai mereka, inti dari sifat sejati seseorang yang tidak perlu berpusat pada tujuan yang luhur, material atau yang digerakkan oleh kekuatan.

Menemukan dan mengejar ikigai Anda setiap hari, tulis penulis, akan membuat Anda sibuk melakukan hal-hal yang membuat hidup Anda bermakna. Tetapi juga, kata mereka, penting untuk terhubung kembali dengan alam, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda dan tetap aktif.

Tampaknya, rahasia panjang umur dimulai dari pertemuan rasa ingin tahu, intuisi, dan persahabatan kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro