Pekerja Migran di Riyadh mengikuti pelatihan tentang kopi dan ilmu barista./Istimewa-KBRI Riyadh,
Kuliner

Peringati Hari Migran se-Dunia, WNI di Riyadh Berlatih jadi Barista

Saeno
Jumat, 4 Desember 2020 - 23:40
Bagikan

Bisnis.com, RIYADH – Menjelang Hari Migran se-Dunia atau International Migrants Day yang jatuh pada setiap 18 Desember, KBRI Riyadh menggelar kegiatan pembedayaan.

Bekerja sama dengan Forum Konsolidasi Ormas & Pegiat Pekerja Migran Indonesia (FKOPPMI) di Riyadh Arab Saudi, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh menggelar pelatihan kopi untuk warga dan pekerja migran asal Tanah Air.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (4/12/2020).

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” demikian penjelasan pihak Pensosbud KBRI Riyadh dalam keterangan tertulisnya, diterima Jumat malam.

Adapun, jumlah peserta tercatat sebanyak 34 orang pekerja migran dari berbagai latar belakang termasuk seorang ibu.

Pelatihan dilakukan di "Lewis & Carrol for Speciality Tea" yang merupakan merek kafe asli Indonesia yang sudah merambah Riyadh sejak November 2018.

Melalui pelatihan ini, para peserta yang terdiri atas perwakilan organisasi dan komunitas masyarakat Indonesia di Riyadh belajar ilmu-ilmu dasar tentang dunia kopi dan barista,

Mereka juga praktik cara pembuatan espresso juga melakukan cupping atau menilai rasa berbagai jenis kopi dan membedakannya.

Beberapa jenis kopi yang disediakan antara lain jenis arabika dari Costa Rica, Kolombia, Guatemala serta robusta Indonesia.

Pelatihan diberikan langsung oleh empat orang barista profesional asal Indonesia yang berada di Riyadh.

Secara keseluruhan saat ini setidaknya terdapat lebih dari 70 barista Indonesia yang bekerja di berbagai kafe yang sedang menjamur di Kota Riyadh.

Sementara untuk seluruh wilayah Saudi, jumlah barista Indonesia diperkirakan mencapai ratusan.

Zaenal Arifin, WNI yang sudah belasan tahun tinggal di Riyadh, menilai pelatihan ini memberi manfaat nyata buat dirinya sebagai seorang penyuka kopi.

Selain memberikan wawasan tentang dunia kopi, pelatihan ini membuka pandangan tentang peluang bisnis kopi sepulangnya dia dari Arab Saudi kelak.

Produk kopi Indonesia sebetulnya tidak kalah dengan produk dari negara lain yang beredar di Riyadh. Namun, menurut pihak KBRI Riyadh, harganya menjadi kalah bersaing dengan kopi dari negara lain yang biaya ekspornya ke Arab Saudi jauh lebih murah.

Terkait peringatan International Migrants Day, Duta Besar RI di Riyadh Agus Maftuh Abegebriel menegaskan bahwa kegiatan di kalangan pekerja migran di Riyadh selama masa pandemi ini difokuskan pada aktivitas yang memberi nilai kemanfaatan sekaligus bernilai pemberdayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : KBRI Riyadh
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro