Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada 1.500 Danau di Indonesia, Menristek Minta Dijaga Baik-baik

Bambang mengungkapkan saat ini terdapat lebih dari 1.500 danau di Indonesia denga perincian sekitar 800 di antaranya adalah danau besar dan sekitar 700 lainnya danau – danau kecil. 
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  16:02 WIB
Danau Toba - Antara/Sigid Kurniawan
Danau Toba - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA—Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro menegaskan danau – danau yang ada di Indonesia harus dijaga dengan serius oleh semua pihak mengingat fungsinya yang sangat besar dan penting bagi manusia. 

Bambang mengungkapkan saat ini terdapat lebih dari 1.500 danau di Indonesia denga perincian sekitar 800 di antaranya adalah danau besar dan sekitar 700 lainnya danau – danau kecil. 

“Danau – danau yang ada di Indonesia harus dijaga dengan serius,” kata Bambang, Kamis (3/12/2020). 

Dengan berbagai macam fungsi yang ada, danau memberikan kehidupan, sehingga perlu dijaga dan dirawat keberlangsungannya. Menurutnya, fungsi – fungsi danau seperti sumber listrik, sarana melakukan budidaya perikanan, sumber daya air, pariwisata, dan sebagainya. 

Dia mengungkapkan kerja sama antara kementerian atau lembaga penting dalam menjaga keberlangsungan danau – danau yang ada di Indonesia. 

Pemerintah daerah, lanjutnya, harus berperan penting mengingat danau berada di daerah dan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat. 

Pemerintah daerah harus menjaga danau yang ada di wilayahnya jika peduli terhadap rakyatnya. “Danau itu dijaga, paling tidak menjaga hulunya,” katanya. 

Dia mengingatkan jangan sampai terjadi danau yang dahulu dikenal dengan keindahannnya, kini berubah menjadi danau yang penuh polusi yang membuat ikan – ikan yang ada di dalamnya mati, keramba – keramba tidak terurus, dan sebagainya. 

Saya yakin bapak ibu yang pernah sekolah di Eropa dan Amerika serikat pasti tahu danau [di sana] adalah wlayah yang paling bersih, indah, dan menyejahterakan masyarakat,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danau bambang brodjonegoro
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top