Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Perbolehkan WNA Kerja Paruh Waktu untuk Cari Uang Selama Pandemi

Badan Layanan Imigrasi Jepang untuk sementara membolehkan bekerja paruh waktu di Jepang bagi orang yang tidak dapat kembali ke negaranya di tengah pandemi virus korona.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  13:24 WIB
Para pejalan kaki di Shibuya, Tokyo, Jepang, pada 26 Maret 2020 mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jens Covid-19./Bloomberg - Kiyoshi Ota
Para pejalan kaki di Shibuya, Tokyo, Jepang, pada 26 Maret 2020 mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jens Covid-19./Bloomberg - Kiyoshi Ota

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang punya caranya tersendiri untuk menjamin kehidupan warga asing yang terlantar atau tidak dapat kembali ke negaranya akibat pandemi Covid-19.

Melansir NHK, Badan Layanan Imigrasi Jepang untuk sementara membolehkan bekerja paruh waktu di Jepang bagi orang yang tidak dapat kembali ke negaranya di tengah pandemi virus korona.

Otoritas imigrasi Jepang menerapkan langkah tersebut mulai hari Selasa (01/12/2020).

Badan tersebut mengatakan banyak orang yang terjebak di Jepang mengalami kesulitan untuk kembali ke negaranya, seringkali karena negaranya memperketat larangan masuk. Sebagian dari mereka mengalami kesulitan finansial.

Langkah terbaru itu ditujukan bagi sekitar 21.000 warga asing, termasuk mereka yang datang ke Jepang untuk jangka waktu yang singkat atau pemagang teknis.

Jika mereka ingin bekerja paruh waktu, mereka harus mengajukan permohonan kepada badan tersebut.

Badan itu mengatakan langkah ini membolehkan warga asing untuk mempertahankan penghidupannya hingga mereka dapat kembali pulang.

Di sisi lain, tingkat pengangguran Jepang yang dihitung seiring bergantinya musim adalah 3,1 persen pada Oktober lalu, atau naik 0,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Kementerian Dalam Negeri pada hari Selasa (01/12/2020) mengatakan ini adalah bulan ketiga berturut-turut tingkat tersebut menyentuh 3 persen atau lebih tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang WNA
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top