Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hong Kong Hadapi Gelombang Ke 4 Covid-19, Pusat Hiburan Ditutup

Restoran sekali lagi akan diizinkan hanya dua orang per meja saat makan malam dan menawarkan takeaway hanya setelah pukul 10 malam. Pertemuan publik hanya diberlakukan untuk dua orang pada satu waktu.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  11:25 WIB
Residensial vertikal di Hong Kong.  -  Bloomberg
Residensial vertikal di Hong Kong. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Hong Kong menghadapi gelombang keempat virus corona setelah munculnya kasus baru. Kepala Sekretaris Administrasi Pemerintahan Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngormemastikan mereka akan menutup sejumlah tempat dan melakukan pembatasan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. 

Restoran sekali lagi akan diizinkan hanya dua orang per meja saat makan malam dan menawarkan takeaway hanya setelah pukul 10 malam. Pertemuan publik hanya diberlakukan untuk dua orang pada satu waktu. Tempat hiburan dan rekreasi seperti pusat permainan, taman hiburan, ruang karaoke, panti mahjong, dan kolam renang akan ditutup. Sementara tempat pertunjukan pemerintah akan terbuka hanya untuk latihan dan acara streaming online.  

Tak hanya itu, pegawai negeri sipil juga bekerja dari rumah, bahkan pemerintah menyiapkan hotline untuk melaporkan pelanggar.

Carrie Lam membantah terlalu lambat untuk mengambil tindakan tegas. “Saya tidak akan mengatakan bahwa kami bereaksi terlalu lambat. Jika setiap anggota komunitas berpegang pada aturan memakai masker, tidak ada kontak dekat, tidak ada pertemuan sosial, dan tinggal di rumah, tidak akan ada cluster besar," ujarnya seperti dilansir dari SCMP, Selasa (1/12/2020).

Dia mengatakan puncak pandemi belum. Oleh karena itu Carrie Lam meminta kerja sama semua pihak untuk patuh terhadap peraturan tersebut. 

Diantara fasilitas publik dan perkantoran yang ditutup, Carrie Lam menyebut bahwa kantor Departemen Kesejahteraan Sosial yang menangani aplikasi bantuan jaminan sosial yang komprehensif akan tetap buka. " Kami sekarang menutup semuanya, hampir semuanya, kecuali restoran, karena mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat," tuturnya. 

Gym, tempat olahraga, dan salon kecantikan akan diizinkan untuk tetap buka, tetapi dengan batasan tambahan. Mereka yang menggunakan fasilitas olahraga akan dibatasi untuk dua orang sekaligus.  Aturan baru akan berlaku setidaknya selama dua minggu.

Untuk gelombang keempat ini, pemerintah katanya memberlakukan denda yang jauh lebih berat bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan dan pembatasan sosial. “Hukuman tetap sekarang adalah HKD2.000 (US$ 258)," tukas Carrie Lam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hong kong Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top