Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wisata Kuliner Indonesia Kalah dari Filipina, Luhut Sebut Kurang Promosi

Hasil studi Kementerian Pariwisata menyebutkan Indonesia kalah dalam sejumlah kategori dengan negara tetangga di Asia Tenggara, salah satunya kategori alam dan petualangan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 November 2020  |  13:36 WIB
Kuliner Indonesia - Istimewa
Kuliner Indonesia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan menegaskan Indonesia harus menandingi negara-negara kompetitor di kawasan Asia Tenggara, seperti Thailand.

Hasil studi Kementerian Pariwisata menyebutkan Indonesia kalah dalam sejumlah kategori dengan negara tetangga di Asia Tenggara, salah satunya kategori alam dan petualangan.

Luhut mengungkapkan Indonesia bisa kalah dengan negara-negara seperti Thailand, Filipina, dan Singapura dalam berbagai kategori di sektor pariwisata lantaran Indonesia masih kurang menjual potensi pariwisata yang ada.

“Kita harus menandingi negara-negara kompetitor kita di kawasan Asia Tenggara ini,” katanya pada Jumat (27/11/2020).

Dia menuturkan tidak mungkin alam dan petualangan Thailand bisa lebih indah dari alam dan petualangan yang ada di Indonesia. Menurutnya, Indonesia bisa kalah dari Thailand di kategori alam dan petualangan lantaran Indonesia kurang menjual wisata alam dan petualangan yang ada.

Menurutnya, alam dan petualangan di Indonesia seperti Labuan Bajo, Mandalika, Bali, dan beberapa titik di Danau Toba, Medan sangat indah.

Selain kategori alam dan petualangan, Indonesia kalah dengan Thailand dalam beberapa kategori lainnya seperti belanja, MICE, kebudayaan, dan kesehatan.

Dalam studi tersebut, Indonesia juga kalah dalam kategori kuliner dibandingkan dengan Filipina. Terkait hal ini, Luhut juga mempertanyakannya. Padahal, dia mengungkapkan kuliner yang ada di Indonesia sangat beragam.

“Kita kurang promosikan. Banyak ragam yang bisa kita dorong,” katanya.

Sementara di kategori hiburan, Indonesia kalah dengan Singapura. Luhut mengaku pernah menjadi duta besar Indonesia untuk Singapura, dan dirinya tidak yakin hiburan di Indonesia kalah dengan Singapura.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner Luhut Pandjaitan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top