Lobster betutu di Mandarin Oriental/Mia Chitra Dinisari
Kuliner

Pecinta Seafood, Berikut 5 Tips Memilih dan Mengolah Lobster

Rika Anggraeni
Kamis, 26 November 2020 - 19:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lobster merupakan hidangan mewah karena harganya yang terbilang tak murah. Lobster memiliki warna yang khas saat diolah dan harus terasa berat untuk ukurannya,

Lobster sering dijual dengan keadaan yang sudah dimasak, namun beli lobster yang dimasak dari pemasok terkemuka. Akan tetapi lebih baik membelinya hidup-hidup dan memasaknya sendiri.

Kualitas lobster tergantung dari pemilihan dan pengolahan yang tepat. Berikut Bisnis berikan tips memilih dan mengolah lobster:

1. Bau yang segar

Lobster hidup harus memiliki bau yang sangat segar dan masih hidup. Selain itu, ketika lobster diambil dia memiliki pergerakan yang agresif.

2. Perhatikan bagian cakar dan ekor

Kamu harus memeriksa cakar lobster yang akan dibeli. Pastikan lobster tersebut memiliki 2 cakar. Apabila hanya 1, maka pastikan harganya berkurang.
Kemudian, kamu juga memeriksa pada bagian ekor dan pastikan ekor lobster harus kembali tajam ketika dibuka. Ekor harus erat melengkung di bawah tubuh.

3. Segera masak

Lobster hidup harus dimasak pada hari itu juga. Apabila kamu tidak menaruhnya ke dalam panci, maka tutup dengan handuk yang lembab dan simpan di bagian terdingin kulkas.

4. Jangan buang hati lobster

Ada sangat sedikit bagian lobster yang tidak dapat dimakan. Di antaranya hanya kantung perut, tas transparan kecil yang mungkin akan memiliki grit atau pasir di dalamnya, dan sistem usus yang tipis dan gelap yang dapat dihilangkan dengan pisau. Jangan buang “tomalley” (hati lobster) hijau krim karena memiliki rasa yang indah dan kuat.

5. Rebus dengan air asin

Semua jenis lobster paling baik dimasak hanya untuk benar-benar menikmati rasanya yang halus. Lobster dapat direbus dalam air asin dan disajikan panas dengan mentega cair atau dingin ditambah dengan mayones.

Lobster rebus bisa menjadi “kemuliaan” mahkota piring di jajaran makanan laut. Selain direbus, lobster juga bisa dipanggang atau digoreng di cangkang dengan minyak dan mentega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro