Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Kuliner Lokal Indonesia di Pameran Masakan Italia

Adapun kegiatan ini diselenggarakan atas dukungan dari Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Pemerintah Italia. Kegiatan ini pun tetap terselenggara meski di tengah pandemi menyusul beberapa kesuksesan dalam empat kali perhelatan terakhir yang mencapai 1.400 peserta dari 108 negara.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 25 November 2020  |  21:01 WIB
Javara
Javara

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Italia dan Italian Cultural Institute di Jakarta kembali menggelar Italian Cuisine in the World yang kelima.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan atas dukungan dari Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Pemerintah Italia. Kegiatan ini pun tetap terselenggara meski di tengah pandemi menyusul beberapa kesuksesan dalam empat kali perhelatan terakhir yang mencapai 1.400 peserta dari 108 negara.

Kini acara yang sama kembali hadir mempromosikan kualitas makanan, identitas makanan, tradisi makanan sesuai wilayah, dan mempromosikan kualitas serta cara pengolahan makanan asli khas Italia.

Salah satu fokus dari kegiatahn Italian Cuisine yang kelima ini adalah pengenalan masakan lokal Italia. Kegiatan tahun ini membidik tiga wilayah di Italia yang menjadi pameran untuk topik masakan khas Italia. Ada beberapa cita rasa yang dihadirkan yakni dari Apulian, Emilia Romagna dan Sicily alias Kota Sisilia, bersama dengan para chef ternama dari masing-masing kota dan wilayah.

Oleh sebab itu, kegiatan yang dimulai pada Senin (23/11/2020) ini dibuka dengan penampilan dan presentasi dari beberapa pelaku kuliner tradisional yang berbasis di Italia dan Indonesia.

Dari Italia, hadir Rosario Gugliotta selaku President of Slow Food Sicily yang berbasis di Kota Sisilia. Lalu disusul oleh pembicara lain yakni, Stefania Mancini dari Sicilian Slow Food Presidia dan Pegiat Komunitas “Traditional Wheat”. Ada pula Fabio Di Francesco dari Slow Food di Provinsi Caltanissetta, juga Francesco dan Alessandro Di Gesu yang akan mempresentasikan tentang makanan sehat yang berserat tinggi dari Kota Sisilia,

Indonesia akan diwakili oleh Founder, Chief Creative & Community Officer PT Kampung Kearifan Indonesia (JAVARA) Helianti Hilman. Dalam webinar perdana itu, Helianti membagikan sudut pandangnya tentang makanan sehat berbasis kebudayaan lokal masyarakatb Indonesia.

Acara ini digelar mulai 23 November 2020 sampai 29 November 2020. Sepanjang pekan ini, telah hadir beberapa kegiatan online maupun offline dengan jumlah peserta yang terbatas. Kegiatan ini berbentuk webinar sampai demo memasak secara virtual, kelas memasak, dan makan malam di Jakarta yang bekerjasama dengan MODENA Experience Center dan Venchi.

Semua acara tahun ini mengusung tema yakni “Saperi e sapori delle terre italiane a 200 anni dalla nascita di Pellegrino Artusi”, yang artinya ‘Pengetahuan Rasa Italia Selama 200 dari Pellegrino Artusi.

Akan hadir pula dalam pekan acara ini Chef Natale Giunta dari Ristorante Castello a Mare, Palermo yang akan membawa Anda mencicipi kenikmatan makanan dan cita rasa dari Kota Sisilia. Sementara itu, Chef Michele Antonucci dari Sale Restaurant BSD, Tangerang juga akan mengajarkan Anda bagaimana caranya mengadaptasi cita rasa Apulian ke dapur Anda.

Sementara itu, Chef Matteo Meacci dari The Gentlepig, Surabaya akan membantu dan menuntun Anda menciptakan pasta Anda sendiri. Nantinya, pasta itu akan berbasis dari resep asli Pellegrino Artusi yang sudah berusia 200 tahun. Chef Matteo juga akan mempersembahkan makan malam dengan banyak pengaruh dari kota asal Artusi.

Acara ini akan ditutup dengan konser dari Daniele Sepe, dengan gaya musik Neapolitan berbasis jazz, funk, melodi bergaya Mediterranean, rock, rap, dalam satu penampilan. Konser akan semakin meriah dengan penampilan Daniele Sepe dengan saxophones, lalu Emilia Zamuner sebagai vokalis, Tommy De Paola sebagai pemain keyboard, Davide Costagliola sebagai pemain bass dan Paolo Forlini sebagai pemain drum, Antonio Iannotta sebagai perkusi. Semua penampilan ini juga bisa Anda nikmati melalui YouTube channel Instituto Italiano di Cultura.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner Italia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top