Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Chef Arnold, dari Cuci Piring hingga jadi Rekan Kerja Gibran di Start-Up Kuliner

Keluarga Chef Arnold sudah dekat dengan dunia kuliner, terutama karena sang nenek juga merupakan seorang koki dan pemilik restoran. Pada usia 10 tahun, Arnold pindah ke Sydney, Australia. Kepindahan inilah yang mendorong Arnold semakin lebih dalam menyelami dunia kuliner dan memasak.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 November 2020  |  18:29 WIB
Chef Arnold - youtube.com
Chef Arnold - youtube.com

Bisnis.com, JAKARTA – Chef Arnold Poernomo dikenal lama sebagai salah satu juri di program TV Masterchef Indonesia.

Tak banyak yang tahu bahwa pria kelahiran 18 Agustus 1988 di Surabaya ini mengawali kiprah di dapur sebagai tukang cuci piring di restoran milik keluarganya. Bakat memasak Chef Arnold diturunkan dari sang ibu, yang merupakan seorang koki asal Manado. Sang ibu memiliki keahlian sebagai chef pastry. Sementara sang ayah berasal dari Surabaya.

Keluarga Chef Arnold sudah dekat dengan dunia kuliner, terutama karena sang nenek juga merupakan seorang koki dan pemilik restoran. Pada usia 10 tahun, Arnold pindah ke Sydney, Australia. Kepindahan inilah yang mendorong Arnold semakin lebih dalam menyelami dunia kuliner dan memasak.

Terbukti pada usia 14 tahun saat di Sydney, dia mulai bekerja sebagai tukang cuci piring, dan membersihkan dapur sebuah restoran. Dari pengalaman inilah Chef Arnold mulai belajar cara memasak dan teknik-teknik memasak dan menciptakan makanan. Pengalaman ini yang membuat Arnold awalnya menolak panggilan ‘chef’ karena dia merasa tidak pernah belajar secara khusus ilmu memasak dan kuliner.

Tahun 2010, Arnold kembali ke Indonesia dan mulai bekerja lagi pada salah satu restoran ternama. Sejak itu dia mulai lebih serius terjun di bidang kuliner, banyak terlibat langsung dalam penciptaan makanan hingga menjadi chef sungguhan yang kerap diundang pada banyak kegiatan dan acara.

Sejak 2019 lalu, Chef Arnold bersama putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan pengusaha Randi Kartadinata memulai bisnis kuliner rintisa (start-up) berupa rice bowl. Bisnis bernama Mangkok Ku itu kini menerima kucuran modal dari Alpha JWC Ventures senilai Rp 28,3 miliar.

Mangkok Ku Indonesia yang mengusung tajuk 'Bersih Merakyat Nikmat Nyata', itu kini sudah memiliki 22 cabang di Jabodetabek. Oleh sebab itu bantuan dana ini merupakan suntikan modal eksternal pertama bagi Mangkok Ku melakukan ekspansi lanjutan.

Tak hanya Mangkok Ku, bersama dua putra presiden ini, Chef Arnold juga mengembangkan start-up minuman, Goola, yakni bisnis minuman tradisional yang dikemas secara kekinian. Goola pun mendapat kucuran dana US$5 juta dari Alpha JWC Ventures bulan September 2019 lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chef Gibran Rakabuming Raka
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top