Gunung Rinjani/wikipedia
Travel

Sedang Merencanakan Liburan? Simak Tips Sehat Anti Covid-19 di Perjalanan

Hafiyyan
Jumat, 20 November 2020 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk menahan diri dalam bepergian atau mengurangi aktivitas di luar rumah.

Bahkan, sebuah studi menunjukkan banyak orang yang menghindari aktivitas perjalanan karena takut terjangkit Covid-19. Inmarsat, perusahaan aviasi yang berbasis di Inggris, melakukan survei terhadap sekitar 10.000 penumpang.

Hasilnya sebanyak 83 persen penumpang di seluruh dunia enggan untuk kembali ke kebiasaan perjalanan lama mereka, dan 31 persen akan lebih jarang bepergian melalui udara.

Dalam laporan yang dirilis pada 10 November 2020 tersebut, Inmarsat mengungkapkan ketakutan akan infeksi membuat hanya lebih dari seperempat orang di kawasan Asia-Pasifik yang merasa cukup percaya diri untuk terbang lagi dalam enam bulan ke depan.

Padahal, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Anda dan keluarga tetap dapat berlibur pada masa pandemi Covid-19. Tim Satgas Covid-19 pun memberikan sejumlah tips perjalanan yang aman dan nyaman.

Pertama, cek travel advisory negara atau wilayah tujuan. Pelajari juga syarat karantina di negara atau wilayah tujuan tersebut.

Sebagai contoh, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat mewajibkan kepada setiap orang yang hendak masuk ke daerah tujuan wisata dunia itu memiliki surat hasil tes swab negatif Covid-19.

Adanya ketentuan ini setelah Pemkab Mentawai mengeluarkan surat edaran (SE) Bupati nomor 360/559/BUP-2020 pada Rabu (18/11/2020). Artinya, bila Anda hanya memiliki hasil tes cepat (rapid test), Anda juga harus melakukan tes usap (swab).

Tips kedua, mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan dengan sabun, atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Siapkan juga tisu disinfektan, khususnya untuk anak-anak. Pastikan tangan tetap bersih saat beraktivitas.

Tips aman di perjalanan yang ketiga, tutup hidung saat batuk atau bersin. Jangan lupa kembali mencuci tangan dan membuang tisu yang dijadikan penutup.

Keempat, saat naik pesawat atau kendaraan lain, bersihkan kursi, sandaran tangan layar LCD, dan titik-titik lain yang rawan sentuhan.

Kelima, di hotel dan tempat akomodasi lainnya, gunakan tisu atau lap disinfektan untuk membersihkan permukaan bidang benda-benda yang tersentuh tangan.

Itulah sejumlah kiat menjaga keluarga Anda agar tetap sehat selama perjalanan. Selamat berlibur!


#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro