Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menikmati Sunset dari Kaki Gunung di Dusun Semilir

Dari Kota Semarang, Anda hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 40 menit berkendara melalui Tol Semarang-Solo hingga pintu keluar Bawen. Lokasinya hanya 300 meter dari pintu keluar tol dan berada di pinggir jalan utama penghubung Semarang-Solo.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 November 2020  |  11:48 WIB
Dusun Semilir
Dusun Semilir

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Semarang tak ada salahnya untuk mampir ke The Panorama Gunungan Bar and Resto yang berada di komplek Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Kabupaten Semarang.

Walaupun tak sepenuhnya bisa dibilang dekat dengan Kota Lumpia, restoran yang berada tepat di bagian depan obyek wisata baru ini dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Dari Kota Semarang, Anda hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 40 menit berkendara melalui Tol Semarang-Solo hingga pintu keluar Bawen. Lokasinya hanya 300 meter dari pintu keluar tol dan berada di pinggir jalan utama penghubung Semarang-Solo.

Tak perlu khawatir jika tak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan layanan bus rapid transit (BRT) Trans Jateng dari sejumlah titik di Kota Semarang, bus antarkota jurusan Solo atau Yogyakarta.

The Panorama Gunungan Bar and Resto menawarkan suasana nan hijau dari rimbunnya pepohonan di Dusun Semilir Eco Park yang akan menemani Anda menikmati berbagai sajian tradisional khas Nusantara. Udara sejuk pegunungan juga ikut menemadi Anda, karena memang restoran berkonsep fine dining ini berada di kawasan dataran tinggi Kabupaten Semarang.

Anda juga disuguhi dengan pemandangan berbagai wahana di Dusun Semilir Eco Park, hutan, persawahan, perdesaan, dan gunung-gunung yang berada di sekitarnya seperti Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu, lima gunungan berukuran raksasa yang berbentuk seperti stupa Candi Borobudur menjadi keunikan tersendiri dari The Panorama Gunungan Bar and Resto.

Keberadaan lima gunungan itu pula yang menjadi inspirasi nama restoran yang terbagi menjadi dua area, yakni area outdoor dan indoor. Area outdoor menawarkan sensasi makan di ruang terbuka menggunakan payung atau gubuk beratapkan jerami. Jika cuaca memungkinkan Anda juga bisa menikmati sajian dari secara terbuka menggunakan meja dan kursi rotan nan unik.

Kemudian yang juga menjadi daya tarik dari The Panorama Gunungan Bar and Resto adalah pemandangan matahari terbenam atau sunset yang bisa dinikmati oleh pengunjung apabila berkunjung di waktu senja. Tentunya, untuk menikmati sunset, Anda harus memilih tempat duduk yang menghadap ke barat atau bagian dalam Dusun Semilir Eco Park.

Selain konsep fine dining, pemandangan ini yang menjadi pembeda antara The Panorama Gunungan Bar and Resto dan Sepoi-Sepoi Food Court di sisi lain obyek wisata yang dikenal lewat berbagai spot Instagramable ini.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, The Panorama Gunungan Bar and Resto menghadirkan sajian khas Nusantara, tidak hanya sajian khas Jawa Tengah saja. Mulai dari bandeng presto sambal kecap pedas, lawar bali dengan cumi bakar, lidah bumbu bali, sop buntut asem-asem, sate maranggi, udang lada hitam, aneka penyetan dan masih banyak lagi. Semuanya ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, tak lebih dari Rp50.000.

Jika Anda tak ingin menyantap hidangan berat, Anda bisa memilih berbagai macam makanan ringan dan minuman, tak terkecuali kopi. Selain kopi yang disuguhkan dengan cara kekinian, Anda juga bisa mencoba kopi khas Dusun Semilir dengan penyajian tradisional tubruk.

Bagi Anda pecinta kopi tentunya sudah tak asing dengan kopi yang berasal dari wilayah Kabupaten Semarang. Kopi yang populer lewat Rest Area Kopi Eva di Ambarawa itu kini bisa dinikmati dengan suasana berbeda di The Panorama Gunungan Bar and Resto.

Lantas, tunggu apa lagi, segera berkunjung ke The Panorama Gunungan Bar and Resto. Restoran ini buka setiap hari mengikuti jadwal buka dari Dusun Semilir Eco Park.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota semarang destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top