Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berani Uji Nyali, Ini 3 Lokasi Tragedi di Jakarta yang Menyeramkan

Jakarta menyimpan banyak peristiwa menyeramkan hingga menelan korban jiwa. Beberapa lokasi tersebut menjadi angker.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 17 November 2020  |  12:21 WIB
Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2020 di lokasi tersebut. ANTARA FOTO - Asprilla Dwi Adha
Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2020 di lokasi tersebut. ANTARA FOTO - Asprilla Dwi Adha

Bisnis.com, JAKARTA—Takhayul adalah bagian tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia, baik di pedesaan maupun perkotaan. Di stasiun televisi tertentu, program siaran menyuguhkan masyarakat dengan cerita – cerita horor.

Pasar supranatural yang besar di Indonesia membuat banyak orang menjadikannya sebagai sumber penghasilan, salah satunya adalah layanan melancong dengan tema supranatural. Layanan ini tersedia lantaran ada permintaannya.

Dilansir dari Trip Canvas, berikut tempat yang dapat menjadi tujuan melancong dengan tema supranatural.

1. Perjalanan Dunia Lain: Kereta Api Bintaro dan Stasiun Manggarai

Lebih dari 100 orang meninggal akibat kecelakaan kereta api yang dinilai paling parah di negara ini. Dalam kecelakaan yang dikenal dengan tragedi Bintaro tersebut, 2 kereta api bertabrakan secara langsung pada Senin pagi, 19 Oktober 1987 di Bintaro, Jakarta Selatan karena miskomunikasi internal.

Dalam kecelakaan tersebut, beberapa orang terlempar karena benturan, sementara yang lain meninggal saat tubuh mereka hancur terjepit di antara potongan-potongan logam. Perlu waktu hampir 2 hari untuk mengevakuasi mayat secara keseluruhan.

Kisah para pengemudi yang tidak melihat tanda-tanda peringatan kereta datang pada waktunya semakin tersebar luas. Ada juga lonjakan jumlah pejalan kaki yang berjalan di rel kereta api, tepat di depan kereta yang melaju kencang, dan mereka diyakini oleh banyak orang kerasukan Roh Tuli atau Hantu Budek.

Kecelakaan besar terbaru terjadi pada akhir 2013, sebuah kapal tanker minyak ditabrak kereta api, dan menyebabkan ledakan besar yang menewaskan tujuh orang. Dianggap sebagai Tragedi Bintaro II, kecelakaan itu mengingatkan publik pada masa lalu kereta api yang kelam.

Ceritanya tidak berakhir di situ - selama beberapa dekade, bangkai kapal dari kecelakaan kereta api di sekitar Jakarta dibawa ke 'kuburan kereta api' di Stasiun Manggarai.

Kereta – kereta tersebut memang telah berhenti beroperasi, namun jiwa-jiwa korban diyakini oleh banyak orang tidak berhenti. Cerita-cerita beredar terdapat penampakan hantu – hantu korban tragedi Bintaro II di tempat ini.

Tidak hanya itu, terdapat juga cerita – cerita tentang terdapat rangkaian kereta api yang melakukan perjalanan melewati jam operasional tanpa ada seorang pun di dalamnya.

Salah satu cerita yang beredar – menurut Trip Canvas – adalah tentang seorang mahasiswa yang melihat seseorang seperti korban tragedi di dalam kereta yang dinaikinya pada suatu malam.

Kaki mahasiswa tersebut mengalami kesakitan ketika sampai di tempat tujuan, dan berbicara dengan petugas keamanan di lokasi tujuan. Namun, petugas mengungkapkan tidak ada kereta yang lewat, dan mahasiswa tersebut disebutkan telah berlari sepanjang perjalannya.

tragedi bintaro

2. Jangan Lupa Membunyikan Klakson ketika Melintas, Casablanca Underpass.

Di balik arus lalu lintasnya yang sangat padat, terutama pada jam-jam sibuk, Jl. Casablanca memiliki rahasia seram yang dapat membuat kita merinding. Jalan ini dibagun pada sekitar 1980an, dan menembus pemakaman Menteng Pulo.

Penanganan jenazah yang salah saat jenazah-jenazah direlokasi dipercaya telah membuat kesal para roh, termasuk roh seorang wanita berbaju merah.

Berbelanja Supernatural di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta

Keruntuhan ekonomi Indonesia yang tiba-tiba pada akhir tahun 90-an telah memicu tindakan kriminal seperti  penjarahan, pembunuhan massal, dan pemerkosaan. Pada 15 Mei 1998, disebutkan bahwa pasukan penjarah merebut Toserba Yogyakarta.

Saat pemilik toko dan pengunjung berebut untuk menyelamatkan, api sengaja dinyalakan dan segera membakar gedung berlantai empat itu. Lebih dari 300 orang terjebak. Takut disakiti jika melarikan diri dari gedung, mereka tetap di dalam untuk menemui kematian yang membara.

Meski department store tersebut dibangun kembali menjadi Klender Mall pada 2000, namun masih sulit bagi penduduk setempat untuk melepaskan kenangan traumatis yang masih melekat di sini. 8 hantu dikatakan menghantui daerah itu, termasuk penumpang bus hantu yang biasanya menumpang di malam hari, hanya menghilang beberapa ratus meter kemudian.

Bilik telepon yang merupakan bagian dari bangunan aslinya juga tidak pernah dilepas karena diyakini akan mengganggu arwah yang melekat padanya.

terowongan casablanca

3. Lubang Buaya, Jakarta

Sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati sejarah berdarah Indonesia, Lubang Buaya adalah situs pembunuhan brutal tujuh Jenderal Angkatan Darat oleh Partai Komunis pada 1965.

25 tahun kemudian, sebuah museum dibuka untuk mendidik masyarakat tentang peristiwa yang terjadi di Lubang Buaya. Diorama lilin seukuran lilin menghidupkan kembali bagaimana para Jenderal diseret keluar dari rumah mereka dan dibantai.

Di tengah monumen terdapat sebuah sumur kecil, di mana tubuh tujuh Jenderal dimasukkan ke dalamnya. Tragedi tersebut memicu banyak kontroversi.

Mungkin itulah alasan mengapa tangis jiwa-jiwa yang gelisah di Lubang Buaya masih bisa terdengar dari dalam sumur, hingga langkah kaki yang menggema di lorong-lorong di malam hari. Bahkan, konon beberapa pakaian yang dipamerkan masih berbau darah!

lubang buaya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta horor destinasi wisata
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top