Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Bagi Traveler, Pesan Tiket Lebih Awal atau Menit-menit Akhir

Liburan pada 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Anda bisa memesan tiket pada menit-menit terakhir, sembari menanti regulasi pemerintah setempat.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 13 November 2020  |  13:36 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Nasihat lama biasanya menyarankan pemesanan perjalanan liburan lebih awal. Lagi pula, tujuan populer memesan di awal tahun, dan hampir tidak ada penawaran di menit-menit terakhir.

Hanya saja, 2020 bukanlah tahun yang normal, yang berarti kearifan konvensional tidak perlu diterapkan. Dilansir dari wabi.tv, tahun ini, pemesanan menit-menit akhir menjadi hal biasa.

Haruskah Anda mengikuti tren menit-menit terakhir dan memesan perjalanan Anda berikutnya dalam waktu sesingkat itu? Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat mempertimbangkan untuk memesan perjalanan liburan lebih awal atau terlambat.

Kelebihan memesan perjalanan liburan di menit-menit terakhir

Pemesanan di menit-menit terakhir tidak selalu berarti buruk, terutama pada 2020. Inilah mengapa tindakan cerdas untuk melawan saran perjalanan yang biasa dan memesan perjalanan liburan Anda pada menit-menit terakhir tahun ini.

1. Kebijakan perjalanan terus berubah.

Mungkin Anda memesan penerbangan pulang di Southwest karena Anda suka kursi tengah dibiarkan terbuka. Sayang sekali kebijakan itu sekarang hanya sampai 30 November 2020, setelah itu kursi tengah akan terisi lagi.

Baik itu kebijakan kesehatan maskapai penerbangan, kebijakan kesehatan hotel, persyaratan karantina negara bagian, atau batasan internasional tentang ke mana warga AS dapat bepergian , mungkin sulit untuk mengikuti aturan perjalanan yang selalu berubah.

Menunggu untuk memesan berarti rencana perjalanan Anda tetap fleksibel, dan Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan jumlah kasus atau persyaratan destinasi untuk pengunjung.

2. Anda mungkin sebenarnya memiliki lebih banyak opsi makin lama Anda menunggu

Menunggu untuk memesan biasanya berarti lebih sedikit pilihan karena tempat duduk dan kamar hotel telah banyak dipesan. Namun kondisi ini mungkin tidak terjadi tahun ini. Itu karena banyak tempat yang tadinya tutup mulai buka kembali.

Dan bagi wisatawan yang memperhitungkan ruang tunggu bandara saat memutuskan ke mana akan terbang, banyak ruang tunggu yang tadinya ditutup kini kembali buka.

American Express Centurion Lounges mulai dibuka kembali secara bertahap pada musim gugur ini.

Mengetahui ruang tunggu bandara kembali buka dapat menciptakan kemungkinan untuk memesan penerbangan dan berlindung di ruang tunggu bandara jika Anda khawatir tentang potensi keramaian liburan di terminal dan merasa lebih nyaman di ruang tunggu yang dikendalikan okupansi sebelum penerbangan Anda.

Dan jika Anda mendasarkan perjalanan Anda pada aktivitas seperti mengunjungi restoran atau museum tertentu, Anda mungkin menemukan bahwa tempat wisata yang telah ditutup selama musim panas dan awal musim gugur sekarang dibuka, yang berarti lebih banyak tempat potensial yang mungkin Anda kunjungi.

3. Perjalanan termudah untuk dibatalkan adalah yang tidak pernah Anda pesan

Anda mungkin tidak ingin bepergian ke suatu tempat di mana kasus virus corona sedang meningkat. Tunda pemesanan perjalanan Anda, dan Anda tidak akan mendapati diri Anda memiliki perjalanan yang telah dipesan jika sebaliknya tidak bijaksana untuk melakukan perjalanan.

Saat kasus melonjak di AS dan di seluruh dunia, Anda mungkin akhirnya tidak bepergian untuk liburan, titik.

Meskipun membatalkan atau mengubah perjalanan menjadi lebih mudah dari sebelumnya, ini tetap membutuhkan waktu dan tenaga (dan pengembalian uang secara penuh mungkin bukan jaminan).

Simpan sakit kepala dan jangan memesan untuk memulai, karena tahu Anda akan memiliki opsi menit terakhir untuk perjalanan tahun 2020.

Kelebihan memesan perjalanan liburan lebih cepat

Tidak seperti tahun-tahun lainnya, pada tahun 2020, sering kali tidak ada kerugian yang besar dengan memesan sekarang - bahkan jika Anda membatalkannya nanti.

1. Pembatalan lebih mudah pada 2020 daripada sebelumnya

Membatalkan reservasi perjalanan sangat sulit. Pada beberapa maskapai penerbangan, biaya perubahan atau pembatalan yang parah sering kali menyebabkan biaya untuk membatalkan penerbangan bisa lebih mahal daripada penerbangan itu sendiri.

Kondisi itu sebagian besar berubah selama musim panas 2020, ketika banyak maskapai besar termasuk United, American dan Delta menghapus biaya perubahan pada sebagian besar tiket pesawat.

Hotel pada umumnya lebih fleksibel daripada maskapai penerbangan tentang pembatalan, dan kebijakan lebih murah hati sejak pandemi dimulai.

Pemesanan Hyatt untuk tanggal kedatangan hingga 31 Juli 2021, biasanya dapat dibatalkan tanpa biaya hingga 24 jam sebelum jadwal kedatangan Anda.

Marriott mengizinkan para tamu untuk membatalkan sebagian besar reservasi untuk tanggal kedatangan hingga 30 Desember 2020, tanpa biaya hingga 24 jam sebelum tanggal kedatangan yang dijadwalkan.

Untuk hotel dan maskapai penerbangan yang memesan poin, sebagian besar jaringan hotel akan mendepositokan poin penghargaan untuk masa inap yang dibatalkan.

Sementara itu, sebagian besar maskapai penerbangan mengizinkan Anda untuk mengubah penerbangan Anda tanpa biaya, meskipun Anda memesan dengan poin.

Mengingat fleksibilitas itu, mungkin lebih masuk akal untuk memesan perjalanan sekarang dan berpotensi membatalkan menit-menit terakhir dibandingkan menunda-nunda dan berebut memesan.

2. Ketersediaan tidak selalu seluas yang Anda bayangkan

Memang, jumlah pelancong secara keseluruhan turun, tetapi ketersediaan perjalanan juga turun.

Pada minggu terakhir Oktober, terdapat 46% lebih sedikit penerbangan maskapai terjadwal dibandingkan dengan minggu yang sama tahun lalu.

Penerbangan tidak harus benar-benar kosong; hanya ada lebih sedikit. Demikian pula, mungkin tampak seperti ide yang bagus untuk pergi ke Disney World - di mana kehadirannya sedikit - tetapi kurang dari dua pertiga hotel di properti yang buka. Terlebih lagi, jam parkir telah dikurangi.

Di tengah virus corona, hukum permintaan dan penawaran yang biasa masih berlaku. Perbedaannya sekarang adalah meskipun permintaan memang turun, pasokan juga telah dikurangi. Jadi jangan berharap mendapatkan "kesepakatan izin" untuk kamar hotel yang tidak terisi atau tiket yang tidak terjual.

3. Anda mungkin masih akan mengalami bagian terbaik dari perjalanan - meskipun Anda sebenarnya tidak bepergian

Bahkan jika Anda merencanakan perjalanan yang akhirnya Anda batalkan, itu tidak sia-sia.

Sebuah penelitian di Belanda pada 2010 menganalisis 1.530 orang, beberapa di antaranya telah pergi berlibur dan yang lainnya tidak. Dan hasilnya mengejutkan bagi orang-orang yang menyebut perjalanan sebagai kunci kebahagiaan.

Memang, dalam periode menjelang perjalanan, penelitian menemukan bahwa calon wisatawan melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada mereka yang tinggal di rumah.

Tetapi setelah perjalanan, baik wisatawan maupun nonvacationer melaporkan tingkat kebahagiaan yang relatif sama, menunjukkan bahwa banyak kegembiraan dari perjalanan datang dari antisipasi menjelang perjalanan.

Jadi, meskipun Anda merencanakan perjalanan ke Hawaii yang akhirnya dibatalkan, tidak apa-apa. Anda harus menelusuri foto-foto kolam di semua resor di Waikiki.

4. Garis bawah

Mungkin bukan ide yang buruk untuk memesan sekarang, meskipun Anda akhirnya membatalkan perjalanan nanti.

Jika perjalanan Anda berjalan lancar, maka 2020 Anda akan jauh lebih menarik. Tetapi bahkan jika tidak berhasil, Anda mungkin melihat salah satu tahun paling fleksibel untuk kebijakan pembatalan perjalanan. Plus, Anda tetap mendapatkan aspek perjalanan yang paling berharga untuk kebahagiaan Anda - membayangkan dan merencanakan perjalanan Anda berikutnya. Belum lagi, dengan mendapatkan pengembalian dana untuk perjalanan yang Anda batalkan, dompet Anda juga jauh lebih bahagia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat Liburan pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top