Minuman loloh cem-cem dari Desa Penglipuran
Kuliner

Jangan Lupa Coba Minuman Es Tradisional di Bali

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 12 November 2020 - 17:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagian wisatawan domestik masih menetapkan Bali sebagai destinasi liburan selama pandemi virus corona (Covid-19).

Liburan akan lebih nikmat dan segar, bila wisatawan meneguk minuman khas Bali. Setidaknya, ada sekitar 5 minuman khas di Bali yang wajib Anda coba saat bertandang ke Pulau Dewata ini. Berikut sejumlah jenis minuman yang dikumpulkan Bisnis.com, Kamis (12/11/2020).

1. Es Daluman

Es Daluman merupakan minuman khas Bali yang juga akrab dikenal sebagai es cincau. Es Daluman yang berisi cincau hijau ini kaya serat sehingga sangat efektif dalam melancarkan metabolisme dalam tubuh. Biasanya, Es Daluman disajikan dengan gula merah, kuah santan, dan es batu.

2. Es Loloh Jamu ala Bali

Loloh punya arti jamu, namun minuman ini berbeda dari jamu pada umumnya. Es Loloh Jamu Bali ini punya rasa pedas, manis, asam, dan asin. Minuman ini juga akrab disebut Loloh Cemcem karena memiliki kandungan daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan. Es Loloh Jamu bahkan sangat efektif dikonsumsi ibu hamil.

3. Es Tambring

Es Tambring hanya ada di Bali ini merupakan es kelapa muda, dicampur gula jawa, putih telur ayam kampung, serta asam jawa. Hasilnya, minuman ini sangat segar dan bisa mengobati sariawan, panas dalam, dan masalah pencernaan.

4. Es Kuwet

Es Kuwet punya ciri yang tak jauh berbeda dengan es campur. Dia adalah minuman yang terdiri dari beberapa jenis buah yakni kelapa, belewah, dan biji selasih. Minuman ini sangat segar dan cocok dinikmati di suasana dan iklim Bali yang tropis.

5. Es Bir

Meski punya nama Es Bir, ternyata minuman ini tidak memiliki kandungan alkohol loh! Es Bir adalah campuran dari kelapa muda dengan perasan jeruk nipis. Hasilnya, terasa segar dan snagat cocok mengobati dahaga. Minuman ini sangat laku di kalangan para turis asing sebagai minuman yang menemani aktivitas liburan di tengah cuaca panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro