Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Lupa Coba Minuman Es Tradisional di Bali

Bali memiliki berbagai macam minuman tradisional yang diolah tanpa bahan pengawet dan murni menggunakan daun-daunan di hutan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 12 November 2020  |  17:02 WIB
Minuman loloh cem/cem dari Desa Penglipuran
Minuman loloh cem/cem dari Desa Penglipuran

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagian wisatawan domestik masih menetapkan Bali sebagai destinasi liburan selama pandemi virus corona (Covid-19).

Liburan akan lebih nikmat dan segar, bila wisatawan meneguk minuman khas Bali. Setidaknya, ada sekitar 5 minuman khas di Bali yang wajib Anda coba saat bertandang ke Pulau Dewata ini. Berikut sejumlah jenis minuman yang dikumpulkan Bisnis.com, Kamis (12/11/2020).

1. Es Daluman

Es Daluman merupakan minuman khas Bali yang juga akrab dikenal sebagai es cincau. Es Daluman yang berisi cincau hijau ini kaya serat sehingga sangat efektif dalam melancarkan metabolisme dalam tubuh. Biasanya, Es Daluman disajikan dengan gula merah, kuah santan, dan es batu.

2. Es Loloh Jamu ala Bali

Loloh punya arti jamu, namun minuman ini berbeda dari jamu pada umumnya. Es Loloh Jamu Bali ini punya rasa pedas, manis, asam, dan asin. Minuman ini juga akrab disebut Loloh Cemcem karena memiliki kandungan daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan. Es Loloh Jamu bahkan sangat efektif dikonsumsi ibu hamil.

3. Es Tambring

Es Tambring hanya ada di Bali ini merupakan es kelapa muda, dicampur gula jawa, putih telur ayam kampung, serta asam jawa. Hasilnya, minuman ini sangat segar dan bisa mengobati sariawan, panas dalam, dan masalah pencernaan.

4. Es Kuwet

Es Kuwet punya ciri yang tak jauh berbeda dengan es campur. Dia adalah minuman yang terdiri dari beberapa jenis buah yakni kelapa, belewah, dan biji selasih. Minuman ini sangat segar dan cocok dinikmati di suasana dan iklim Bali yang tropis.

5. Es Bir

Meski punya nama Es Bir, ternyata minuman ini tidak memiliki kandungan alkohol loh! Es Bir adalah campuran dari kelapa muda dengan perasan jeruk nipis. Hasilnya, terasa segar dan snagat cocok mengobati dahaga. Minuman ini sangat laku di kalangan para turis asing sebagai minuman yang menemani aktivitas liburan di tengah cuaca panas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali kuliner minuman
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top