Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Negara 'Pelarian' Warga AS Usai Pandemi dan Pilpres

Dilansir dari Insider, beberapa orang Amerika Serikat kedapatan mulai mencari cara dengan mesin pencari Google untuk dapat pindah ke Kanada.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 10 November 2020  |  20:12 WIB
Istana Changdeok, Korea Selatan ditutup karena pandemi virus corona. - Visit Korea
Istana Changdeok, Korea Selatan ditutup karena pandemi virus corona. - Visit Korea

Bisnis.com, JAKARTA—Sejumlah negara dapat menjadi tujuan bagi warga negara Amerika Serikat untuk “melarikan diri” sementara dari hiruk pikuk pemilihan presiden yang dinilai paling memecah belah.

Dilansir dari Insider, beberapa orang Amerika Serikat kedapatan mulai mencari cara dengan mesin pencari Google untuk dapat pindah ke Kanada.

Kanada adalah satu dari sejumlah negara yang memudahkan warga Paman Sam untuk bekerja dari jarak jauh atau pindah ke sana, setidaknya untuk sementara dengan memperhatikan sejumlah kebijakan akibat pandemi tentunya.

Berikut negara-negara tersebut:

Meksiko

Warga Amerika Serikat dapat tinggal di Meksiko hingga 180 hari dengan visa turis sederhana. Namun, jika 180 hari tidak cukup lama, maka Anda dapat mengajukan visa penduduk sementara , yang memungkinkan Anda tinggal selama 4 tahun dan bahkan bekerja di Meksiko. Jika Anda ingin tetap lebih lama dari itu, maka Anda harus mendaftar untuk menjadi residen.

Mengajukan permohonan visa tinggal sementara cukup sederhana di Meksiko. Anda harus melakukan wawancara dengan petugas imigrasi dengan menunjukkan permohonan yang diperlukan dan formulir identifikasi Anda.

Kemudian pernyataan bank yang membuktikan bahwa, menurut Konsulat Meksiko di Luar Negeri , Anda menghasilkan setidaknya US$2.072 sebulan atau US$24.864 setahun, atau Anda memiliki tabungan US$103.616.

Memiliki properti di Meksiko senilai lebih dari US$124.991 juga cukup untuk mengamankan visa. Setelah Anda mengumpulkan semua dokumen dan petugas konsuler telah memeriksanya, Anda dapat segera disetujui.

Namun, ini adalah pra-pandemi. Saat ini tidak ada batasan perjalanan bagi orang Amerika yang bepergian ke Meksiko, meskipun Kedutaan Besar AS telah mengeluarkan peringatan level 4 yang mengatakan untuk tidak bepergian ke sana karena virus corona, serta kejahatan dan penculikan.

Irlandia

Departemen Luar Negeri Irlandia menyebutkan Anda dapat mendapatkan kewarganegaraan Irlandia jika memiliki kerabat Irlandia, seperti orang tua atau kakek-nenek. Dalam beberapa kasus bahkan, kakek-buyut.

Namun, proses ini memakan waktu rata-rata sekitar 12 hingga 18 bulan sebelum pandemi, telah ditunda "sampai Dublin kembali ke Level 3 pada Kerangka Kerja Nasional untuk Hidup dengan COVID-19." Jika tidak, orang Amerika dapat mengunjungi Irlandia hingga tiga bulan tanpa visa .

Ada juga yang disebut "perjanjian libur kerja" antara AS dan Irlandia, yang memungkinkan orang Amerika, jika diterima, untuk bekerja di Irlandia hingga satu tahun. Anda harus telah lulus dari perguruan tinggi dalam 12 bulan terakhir, atau akan lulus dan memberikan bukti tabungan minimal US$2.000 dan tiket pulang, atau tabungan $ 4.000.

Waktu pemrosesan biasanya dari 6 hingga 8 minggu, meskipun, karena pandemi virus korona, Irlandia saat ini tidak memproses aplikasi baru. Bagaimanapun, warga AS masih dilarang memasuki negara anggota Uni Eropa, termasuk Irlandia.

Selandia Baru dan Australia 

Mirip dengan Irlandia, Selandia Baru dan Australia, keduanya juga menawarkan visa liburan kerja selama satu tahun, meskipun keduanya memiliki persyaratan usia: Pelamar harus berusia antara 18 dan 30. Dan, untuk Selandia Baru , mereka harus memiliki "cukup uang untuk membayar tiket pulang. "

Kedua negara mengizinkan pekerjaan jangka pendek, dan keduanya memiliki waktu pemrosesan dari 1 hingga 3 bulan, setidaknya sebelum pandemi.

Di Australia, Anda dapat mengajukan permohonan visa selama setahun ini 3 kali, sehingga dapat tinggal di negara tersebut selama tiga tahun, sesuai dengan Departemen Dalam Negeri .
Baik Selandia Baru dan Australia telah menangguhkan sementara aplikasi karena pandemi virus corona, dan kedua negara telah menutup perbatasan mereka untuk orang asing hingga setidaknya 2021 .

Svalbard

Meskipun merupakan bagian dari Norwegia, Svalbard, sebuah negara kepulauan antara daratan utama Norwegia dan Kutub Utara, tidak mematuhi aturan dan regulasi yang sama seperti wilayah Schengen lainnya di Eropa.

Situs web Gubernur Svalbard mengungkapkan orang asing tidak memerlukan visa atau izin apa pun untuk tinggal dan bekerja di Svalbard dan dapat pindah ke sana dalam semalam.
Menurut situs web yang sama, yang Anda butuhkan hanyalah membuktikan bahwa Anda mampu untuk tinggal di sana, meskipun tidak menentukan jumlah tabungan atau pendapatan minimum yang diperlukan untuk melakukannya. Saat ini, Svalbard tidak terbuka untuk pengunjung dari AS .

Kosta Rika 

Warga negara AS tidak memerlukan visa untuk memasuki Kosta Rika, tempat mereka dapat tinggal selama 3 bulan. Untuk tinggal lebih lama, yang perlu Anda lakukan hanyalah meninggalkan Kosta Rika dan kembali - dan ini biasanya dapat dilakukan hanya dengan melintasi perbatasan darat terdekat ke Nikaragua atau Panama.

Namun, ini tidak berkelanjutan untuk langkah yang lebih permanen. Kosta Rika menawarkan berbagai pilihan visa, mulai dari tempat tinggal sementara hingga tempat tinggal permanen .
Sebuah visa pensiun mengharuskan Anda untuk memiliki setidaknya US$1.000 per bulan dari beberapa jenis program pensiun, sementara renteir visa membutuhkan Anda untuk membuktikan bahwa Anda memiliki pendapatan US$ 2.500 per bulan untuk setidaknya 2 tahun dari penyewaan.

Namun, visa tinggal sementara dan permanen lainnya tidak memiliki persyaratan atau minimum seperti itu.

Warga AS saat ini diizinkan melakukan perjalanan ke Kosta Rika tetapi harus mengisi Health Pass online , dan memiliki bukti asuransi kesehatan yang akan menanggung biaya terkait COVID-19 selama di sana.

Republik Ceko 

Jika Anda seorang freelancer atau dapat bekerja dari jarak jauh, Republik Ceko yang telah menawarkan visa zivno atau visa bisnis jangka panjang selama bertahun-tahun, mungkin cocok untuk Anda.

Untuk mengajukannya cukup sederhana, satu-satunya persyaratan adalah bahwa Anda memiliki setidaknya US$4.469 dalam rekening bank Anda atau 101.000 CZK, perjalanan asuransi kesehatan, dan bukti akomodasi.

Visa akan memungkinkan Anda untuk tinggal hingga satu tahun. Waktu pemrosesan visa, sebelum COVID, berkisar antara 2 minggu dan 4 bulan, per Layanan Relokasi Pindah Ke Praha. Namun, warga AS masih dilarang memasuki negara anggota Uni Eropa, termasuk Republik Ceko.

Korea Selatan.

Meskipun Anda dapat tinggal di Korea Selatan hingga 90 hari tanpa visa, pindah ke sana untuk sementara bisa semudah memiliki gelar sarjana dan berbicara bahasa Inggris - asalkan Anda memiliki kewarganegaraan dari negara berbahasa Inggris.

Korea Selatan memiliki "visa mengajar" yang memungkinkan penutur asli bahasa Inggris tinggal di negara tersebut untuk mengajar bahasa Inggris.

Meskipun demikian, sekolah yang berbeda mungkin memiliki persyaratan yang berbeda, dan Anda harus menemukan posisi mengajar Anda sendiri begitu Anda berada di sana. Waktu pemrosesan, dalam keadaan normal, sekitar 4 minggu.

Warga AS diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Korea Selatan saat ini tetapi akan diminta untuk melakukan karantina selama 14 hari setelah kedatangan.

Montenegro

Yang Anda butuhkan untuk tinggal di Montenegro adalah memiliki beberapa properti atau kapal pesiar.

Warga AS dapat mengunjungi Montenegro hingga 90 hari tanpa visa dan dapat memperbaruinya tanpa batas waktu dengan meninggalkan negara itu dan kembali setiap 3 bulan.

Solusi yang lebih aman dan permanen, bagaimanapun, adalah mengajukan izin tinggal sementara, yang memungkinkan Anda tinggal selama 1 tahun, tetapi dapat diperpanjang. Waktu pemrosesan sekitar 6 minggu sebelum Covid-19.

Setelah 5 tahun di Montenegro, Anda dapat mengajukan permohonan izin tinggal permanen, dan kewarganegaraan setelah 10 tahun. Anda bisa mendapatkan izin tinggal sementara dengan bekerja di perusahaan lokal, atau memiliki bisnis di sana.

Cara yang lebih sederhana - meskipun lebih mahal - untuk mendapatkan izin tinggal sementara adalah dengan memiliki yacht atau properti tempat tinggal di Montenegro.

Warga AS dapat melakukan perjalanan ke Montenegro selama mereka dapat menunjukkan tes virus Corona negatif yang diambil tidak lebih dari 72 jam sebelum kedatangan mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Liburan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top