Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Negara Tujuan Wisata Murah di Asia

Bentang alam vulkanik seperti di Indonesia dengan pantai dan pegunungan yang menakjubkan atau desa-desa tradisional dengan pemandangan indah dan budaya yang tak lekang waktu di Georgia adalah contoh betapa Asia harus Anda kunjungi.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 09 November 2020  |  19:43 WIB
Nepal
Nepal

Bisnis.com, JAKARTA--Asia adalah benua terbesar di dunia, rumah bagi 48 negara, yang menawarkan banyak tempat wisata indah dan keren, dan murah di kantong.

Bentang alam vulkanik seperti di Indonesia dengan pantai dan pegunungan yang menakjubkan atau desa-desa tradisional dengan pemandangan indah dan budaya yang tak lekang waktu di Georgia adalah contoh betapa Asia harus Anda kunjungi.

Dilansir dari The Culture Trip, berikut negara-negara di Asia yang dapat Anda kunjungi, tanpa harus merogoh kantong cukup dalam.

1. Bangladesh

Jika Anda mencari tempat yang terjangkau tetapi tidak biasa untuk dijelajahi yang penuh energi dan intrik, maka Bangladesh bisa menjadi tempat yang Anda cari. 

Bangladesh adalah rumah bagi Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia. Negara ini juga membanggakan Cox's Bazar, bentangan pantai berpasir terpanjang yang tak terputus di Bumi.

Temukan kuil bersejarah di Puthia, kehidupan sungai di Barisal, reruntuhan kuno di Gaur, dan banyak lagi. 

Anda dapat makan di restoran murah dengan harga sekitar 150 BDT atau sekitar US$1,80. 

Anggaran harian sebesar 4.000 BDT atau sekitar US$47,40 akan memungkinkan Anda berbelanja secara royal dan sesekali menikmati kamar hotel kelas atas dan restoran mewah selama perjalanan Anda, tetapi juga memungkinkan untuk bertahan di Bangladesh dengan sekitar 1.500 BDT atau sekitar US$17,80 per hari. 

Seorang backpacker rata-rata harus menghabiskan sekitar 2.000 BDT atau sekitar US$23,70 setiap hari.

2. Georgia

Sebuah negara yang sering diabaikan, Georgia terletak di sepanjang Laut Hitam di persimpangan antara Asia dan Eropa. Pegunungan Kaukasia yang subur dihiasi dengan desa-desa tradisional dan pemandangan yang indah dapat ditemukan di hampir setiap belokan jalan. 

Ibukotanya, Tbilisi, adalah tempat peleburan pengaruh budaya, tetapi cara hidup tradisional masih berlaku. 

Kehidupan malam di negara ini menyenangkan dan murah. Tidak hanya itu, di Georgia, Anda bisa menghabiskan pagi dengan bermain ski dan kemudian pergi ke pantai di sore hari. 

Tempat tidur hostel mulai dari serendah 13 GEL atau sekitar US$5,30, dan Anda dapat melakukan perjalanan jauh dengan minivan lokal atau mashrutky dengan harga sekitar 20 GEL atau sekitar US$ 8,10. Anggaran harian backpacker 60 GEL atau sekitar US$ 24,40 seharusnya cukup.

3. Nepal

Meskipun penerbangan tamasya di atas Gunung Everest dan perjalanan beberapa hari yang intens di Himalaya dapat menyebabkan biaya meroket, biaya dasar untuk mengunjungi Nepal sangat terjangkau.

Sebagai patokan, makan di restoran hemat akan menelan biaya sekitar 200 NPR atau sekitar US$ 1,80 dan kamar double murah di rumah guest Kathmandu ada yang seharga mulai dari 1.300 NPR atau sekitar US$11,80 per malam. 

Anda dapat membayar sekitar 3.300 NPR atau sekitar US$30 per hari untuk pemandu trekking yang berpengalaman, meskipun perlu diingat bahwa biaya ini akan dibagi di antara grup; cari teman baru untuk membuat anggaran lebih mudah dikelola. 

Dengan biaya harian sekitar 3.000 NPR atau sekitar US$27, Anda harus dapat memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin di negara yang menakjubkan ini.

4. Indonesia

Tersebar di ribuan pulau, Indonesia menawarkan banyak variasi. Bentang alam vulkanik, pantai yang indah, danau yang indah, dan alam yang berlimpah kontras dengan daya tarik bersejarah, seperti Borobudur, dan kota-kota yang ramai. 

Meskipun harga di berbagai pulau bisa sangat bervariasi, Indonesia secara keseluruhan merupakan salah satu negara paling hemat anggaran di Asia Tenggara untuk Anda berlibur. 

Biaya dapat ditekan dengan menghabiskan waktu hanya di beberapa pulau terdekat. Pulau-pulau yang populer, seperti Bali, Lombok, dan Sumatra, harus Anda kunjungi ketika berlibur ke negara ini.

Batasi konsumsi alkohol karena harga cenderung lebih tinggi mengingat populasi mayoritas adalah Muslim. Anda juga dapat menggunakan transportasi lokal dan Anda akan menemukan bahwa berkeliling Indonesia bisa sangat murah. 

Rata-rata biaya makan di restoran lokal biasa adalah sekitar Rp25.000 atau sekitar US$1,70, dan di beberapa daerah, Anda dapat menemukan wisma murah mulai dari Rp30.500 atau sekitar US$2,10 per malam.

Secara realistis, Anda dapat menganggarkan sekitar Rp435.000 atau sekitar US$30 per hari untuk perjalanan hemat di Indonesia.

5. India

Sebuah negara besar dan beragam, India menawarkan sesuatu untuk semua orang. 

Dari pantai dan pegunungan hingga arsitektur terkenal di dunia, makanan lezat, pasar yang ramai, dan pengalaman spiritual, India adalah tujuan yang kaya dan menarik. 

Bersantailah di pantai Goa yang indah dan berjalan-jalan di sekitar gereja yang tak terhitung jumlahnya dan bangunan keagamaan lainnya. 

Mandi di Sungai Gangga di Varanasi. Jelajahi perkebunan teh dan nikmati iklim sejuk di Darjeeling. Serap energi New Delhi. Temukan dunia keajaiban di India. 

Di negara di mana tempat tidur asrama dapat dihargai serendah 400 INR atau sekitar US$5,80, jajanan jalanan yang murah berlimpah, dan kereta tidur jarak jauh harganya hanya 600 INR atau sekitar US$8,70, para pelancong dapat hidup nyaman dengan anggaran harian sekitar 2.500 INR atau sekitar US$36. 

Namun, pelancong yang hemat dapat memangkas biaya lebih banyak lagi.

7. Srilanka

Atraksi dan aktivitas utama Sri Lanka agak dikenal karena biayanya yang tinggi. Misalnya, mendaki bebatuan Sigiriya yang mengesankan akan membuat Anda membayar 4.500 LKR atau sekitar US$28 dan safari setengah hari di Taman Nasional Yala berharga sekitar 6.000 LKR atau sekitar US$37,50 per orang. 

Hanya saja, akomodasi, makan, dan transportasi murah dapat mengimbangi biaya perjalanan yang lebih tinggi. 

Makanan murah tapi mengenyangkan dan beraroma harganya sekitar 250 LKR atau sekitar US$1,60. 

Menikmati pantai dan berkeliaran di sekitar kota budaya tidak dipungut biaya. Banyak pelancong dapat menikmati Sri Lanka dengan anggaran harian sekitar 6.000 LKR atau sekitar US$ 37,50.

8. Vietnam

Vietnam adalah surga backpacker beranggaran rendah, dengan beberapa bir termurah di dunia ( bia hoi ), tempat tidur asrama murah dan kamar pribadi, transportasi jarak jauh yang ramah dompet dan efisien, dan makanan yang hampir tidak akan menguras rekening bank Anda. 

Agak tidak biasa, ibu kota Hanoi adalah salah satu kota Vietnam termurah untuk dijelajahi, meskipun tujuan mengagumkan lainnya, seperti Kota Ho Chi Minh , Sapa, Hoi An, dan Hue, juga tidak mahal. 

Makanan pokok, seperti semangkuk pho , harganya sekitar 40.000 VND atau sekitar US$1,70, dan roti serta kue kering yang baru dipanggang membuat sarapan ramah kantong. 

Jika Anda dapat mengeluarkan hingga 1.400.000 VND atau sekitar US$60 per hari, maka Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal pada liburan Anda dan menikmati makanan di restoran yang bagus sesekali.

Hanya saja, perjalanan backpacker dengan anggaran terbatas masih dapat bersenang-senang dengan sekitar 930.000 VND atau sekitar US$40 setiap hari.

9. Malaysia

Malaysia dapat menjadi salah satu tempat liburan Anda di Asia Tenggara. Pantai, taman nasional, dan pusat perbelanjaan yang ada di negara ini menarik berbagai jenis wisatawan, dan keseluruhan biaya perjalanan masih lebih rendah daripada tetangganya, Thailand. 

Destinasi teratas di semenanjung termasuk ibu kota Kuala Lumpur, Malaka kuno, Cameron Highlands, pulau Langkawi, dan Kepulauan Perhentian.

Biaya kamar pribadi di guest host mulai dari 43 MYR atau sekitar US$10,60 untuk satu malam, sedangkan harga rata-rata makan di restoran murah adalah 10 MYR atau sekitar US2,45.

Orang-orang dapat menikmati Semenanjung Malaysia dengan anggaran harian 165 MYR atau sekitar US$40,50. Namun, seperti di mana pun, sedikit meningkatkan anggaran perjalanan Anda akan memungkinkan lebih banyak petualangan dan suguhan kecil.

10. China

Sebuah negara besar dengan perbedaan mencolok antara kota-kota modern dan desa-desa pedesaannya, atraksi utama Chiba jarang gagal untuk mengesankan para pelancong.

Dari Tembok Besar China hingga The Bund di Shanghai, dan dari Terracotta Warriors hingga panda di Chengdu, China adalah salah satu negara paling beragam di planet ini. 

Berlayar di sepanjang Sungai Yangtze, Anda dapat merasakan sensasi spiritual di Tibet semi-otonom, dan jelajahi taman-taman indah Suzhou. 

Anda bisa tidur murah di kota-kota kecil, dengan tempat tidur asrama mulai dari sekitar 30 CNY atau sekitar US$4,40. Namun, di kota-kota besar, Anda akan menghabiskan sekitar 90 CNY atau sekitar US$13,20 per malam. 

Anda bisa kenyang dengan makanan jalanan untuk sekitar 10 CNY atau sekitar US$1,50, dan perjalanan bus jarak jauh 10 jam jarang membuat Anda merogoh lebih dari 200 CNY atau sekitar US$30. Anggaran harian yang wajar untuk menjelajahi China adalah 300 CNY atau ekitar US$44.


Iran

Iran adalah tujuan ramah anggaran bagi orang-orang yang dapat menjelajahi negara penuh warna secara mandiri . 

Sorotan termasuk Istana Golestan yang mempesona di Teheran, "Masjid Merah Muda" Shiraz yang menakjubkan, situs kuno di Persepolis, dan Gurun Varzaneh. 

Perhatikan bahwa warga dari beberapa negara, termasuk AS dan Inggris, hanya dapat mengunjungi Iran sebagai bagian dari tur grup. 

Ingat juga bahwa Iran bukan bagian dari sistem perbankan global, dan Anda harus membawa cukup uang tunai untuk bertahan selama perjalanan Anda; mendapatkan dana cadangan itu tidak mungkin.

Naik bus adalah alat transportasi yang terjangkau. Makan di restoran murah harganya sekitar 200.000 IRR atau sekitar US$4,80, dan hostel menjadi lebih umum, dengan tempat tidur asrama mulai dari sekitar 335.000 IRR atau sekitar US$8 untuk satu malam. 

Anggaran harian sedikit di atas 2 juta IRR atau sekitar US$48 sudah cukup untuk penjelajah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top