Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan yang Asalnya tak Sesuai Namanya

Begitu pula nasib sejumlah jenis makanan di seluruh dunia yang punya nama tidak sesuai dengan kota aslinya. Berdasarkan sejumlah informasi yang dihimpun Bisnis.com
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 05 November 2020  |  19:11 WIB
Baked Alaska
Baked Alaska

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda mengetahui bahwa kue Bika Ambon justru tidak berasal dari Ambon?

Begitu pula nasib sejumlah jenis makanan di seluruh dunia yang punya nama tidak sesuai dengan kota aslinya. Berdasarkan sejumlah informasi yang dihimpun Bisnis.com, Kamis (5/11/2020), asa sejumlah kue hingga makanan utama yang aslinya berasal dari kota atau negara lain.

Dikutip dari The Daily Meal, berikut 5 jenis makanan yang punya nama kota atau negara, namun tak punya hubungan apapun dengan kota tersebut.

1. Dutch Baby

Dutch baby merupakan Pancake Jerman. Kue ini merupakan pop over manis yang terbuat dari telur, tepung, gula, susu, ditambah vanili dan kayu manis. Hidangan ini sejatinya berasal dari Belanda. Dutch baby mengemuka pada awal abad kedua puluh di Manca Café di Seattle, dan dinamai Pennsylvania Dutch Settlers. Barulah pada 1942 ada ada menu yang bernama 'Dutch Baby' di kafe tersebut.

2. London Broil

Memakai nama ibu kota Britania Raya, nyatanya asal mula London Broil tidak banyak diketahui. Meski begitu ada dua fakta penting, oertama, makanan ini bukan berasal dari London atau daerah Inggris. Kedua, makanan ini justru merupakan penemuan dari Amerika.

London Broil adalah makanan berprotein dari daging sapi. Dia mengacu pada pilihan mengambil potongan daging bagian paha atas dan bahu sapi agar daging menjadi empuk. Proses memasak dilakukan dengan cara merendam daging beberapa jam dalam bumbu sebelum diiris tipis melintang serat.

3. Baked Alaska

Dessert dari sponge cake lembut yang ditutupi lapisan es krim dan dibalut lagi dengan adonan meringue mentah ini seolah memberikan suasana Alaska di atas piring. Dessert ini memang disimpan dalam freezer sebelum disajikan. Kue ini juga dipanggang dengan api atas hingga meringue jadi kecokelatan. Uniknya makanan penutup ini sejatinya tak berasal dari Alaska. Baked Alaska justru berasal dari Demonico Steakhouse di New York City. Baked Alaska dibuat pertama kali untuk menghormati wilayah baru Alaska pada 1876.

4. Jerusalem Artichoke

Ada dua anomali unik pada makann ini. Pertama Jerusalem Artichoke ternyata tidak berasal dari Jerusalem. Kedua, sayuran ini juga bukan artichoke tetapi umbi bunga matahari yang tumbuh di Amerika Utara bagian Timur, Kanada Timur, dan Maine Barat ke North Dakota, Florida Utara, dan Texas.

Jerusalem Artichoke dibudidayakan oleh suku-suku asli daratan Amerika, sebelum datangnya bangsa Eropa. Penyematan nama Jerusalem berasal dari kata 'sunflower' girasole atau pendatang Puritan yang menamai daerah baru sebagai 'New Jerusalem'.

5. Chicken Kiev

Seolah berasal dari Rusia, makanan ini merupakan hidangan nasional Ukraina yang beribukota Kiev. Nyatanya, hidangan ini berasal dari Prancis. Selama 1900-an makanan Prancis sangat populer di seluruh Rusia. Bahkan Ratu Elizabeth juga mengirimkan puluhan chef terbaik ke Prancis untuk mempelajarinya. Nah, salah satu hidangan yang dibawa pulang ke Inggris adalah cotelettes de volaille. Hidangan ayam dengan bumbu rempah dan mentega yang sangat mirip dengan Chicken Kiev yang dikenal sekarang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner kue
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top