Baked Alaska
Kuliner

Daftar Makanan yang Asalnya tak Sesuai Namanya

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 5 November 2020 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda mengetahui bahwa kue Bika Ambon justru tidak berasal dari Ambon?

Begitu pula nasib sejumlah jenis makanan di seluruh dunia yang punya nama tidak sesuai dengan kota aslinya. Berdasarkan sejumlah informasi yang dihimpun Bisnis.com, Kamis (5/11/2020), asa sejumlah kue hingga makanan utama yang aslinya berasal dari kota atau negara lain.

Dikutip dari The Daily Meal, berikut 5 jenis makanan yang punya nama kota atau negara, namun tak punya hubungan apapun dengan kota tersebut.

1. Dutch Baby

Dutch baby merupakan Pancake Jerman. Kue ini merupakan pop over manis yang terbuat dari telur, tepung, gula, susu, ditambah vanili dan kayu manis. Hidangan ini sejatinya berasal dari Belanda. Dutch baby mengemuka pada awal abad kedua puluh di Manca Café di Seattle, dan dinamai Pennsylvania Dutch Settlers. Barulah pada 1942 ada ada menu yang bernama 'Dutch Baby' di kafe tersebut.

2. London Broil

Memakai nama ibu kota Britania Raya, nyatanya asal mula London Broil tidak banyak diketahui. Meski begitu ada dua fakta penting, oertama, makanan ini bukan berasal dari London atau daerah Inggris. Kedua, makanan ini justru merupakan penemuan dari Amerika.

London Broil adalah makanan berprotein dari daging sapi. Dia mengacu pada pilihan mengambil potongan daging bagian paha atas dan bahu sapi agar daging menjadi empuk. Proses memasak dilakukan dengan cara merendam daging beberapa jam dalam bumbu sebelum diiris tipis melintang serat.

3. Baked Alaska

Dessert dari sponge cake lembut yang ditutupi lapisan es krim dan dibalut lagi dengan adonan meringue mentah ini seolah memberikan suasana Alaska di atas piring. Dessert ini memang disimpan dalam freezer sebelum disajikan. Kue ini juga dipanggang dengan api atas hingga meringue jadi kecokelatan. Uniknya makanan penutup ini sejatinya tak berasal dari Alaska. Baked Alaska justru berasal dari Demonico Steakhouse di New York City. Baked Alaska dibuat pertama kali untuk menghormati wilayah baru Alaska pada 1876.

4. Jerusalem Artichoke

Ada dua anomali unik pada makann ini. Pertama Jerusalem Artichoke ternyata tidak berasal dari Jerusalem. Kedua, sayuran ini juga bukan artichoke tetapi umbi bunga matahari yang tumbuh di Amerika Utara bagian Timur, Kanada Timur, dan Maine Barat ke North Dakota, Florida Utara, dan Texas.

Jerusalem Artichoke dibudidayakan oleh suku-suku asli daratan Amerika, sebelum datangnya bangsa Eropa. Penyematan nama Jerusalem berasal dari kata 'sunflower' girasole atau pendatang Puritan yang menamai daerah baru sebagai 'New Jerusalem'.

5. Chicken Kiev

Seolah berasal dari Rusia, makanan ini merupakan hidangan nasional Ukraina yang beribukota Kiev. Nyatanya, hidangan ini berasal dari Prancis. Selama 1900-an makanan Prancis sangat populer di seluruh Rusia. Bahkan Ratu Elizabeth juga mengirimkan puluhan chef terbaik ke Prancis untuk mempelajarinya. Nah, salah satu hidangan yang dibawa pulang ke Inggris adalah cotelettes de volaille. Hidangan ayam dengan bumbu rempah dan mentega yang sangat mirip dengan Chicken Kiev yang dikenal sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro