Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Restoran Cepat Saji Kini Jualan ke Jalan, dari KFC Hingga Pizza Hut

Dari sejumlah informasi yang dihimpun Bisnis.com, Rabu (4/11/2020), larangan untuk dine-in sampai penutupan gerai makanan jelas memberi dampak besar pada bisnis kuliner.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 04 November 2020  |  16:54 WIB
KFC - Istimewa
KFC - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Akibat pembatasan sosial berskala besar karena pandemi Covid-19, sejumlah restoran cepat saji mulai berganti strategi menjemput bola dengan berjualan di pinggir jalan.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun Bisnis.com, Rabu (4/11/2020), larangan untuk dine-in sampai penutupan gerai makanan jelas memberi dampak besar pada bisnis kuliner. Tak heran, ketika pembatasan mulai mengalami pelonggaran, sejumlah strategi kembali digalang untuk menekan angka kerugian.

Salah satu cara untuk tetap menjamin pemasukan adalah dengan turun ke jalan. Tak heran jika restoran skala cepat saji pun mulai mencontoh geliat pedagang kaki lima. Beberapa dari restoran cepat saji ini, biasanya membuka gerai kecil di pinggir jalan, atau berkeliling menggunakan motor, sampai juga menawarkan makanan dari pintu ke pintu.

Berikut beberapa gerai restoran cepat saji yang telah melakukan inovasi tersebut.

1. KFC

Sebagai salah satu generasi restoran cepat saji di Indonesia dengan menu ayam goreng tepung yang renyah, kini gerai-gerai KFC banyak yang terpaksa tutup. Sebagian pun hanya beroperasi dengan menerima pengunjung yang sangat terbatas. Untuk mengatasi itu, kini KFC banyak membuka gerai di pinggir jalan sejak April 2020. Umumnya paket makanan yang ditawarkan adalah menu ayam goreng dengan nasi.

2. Pizza Hut

Restoran cepat saji dengan makanan pizza khas Italia ini sekarang mulai menjajakan kepingan roti tersebut di pinggir jalan. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan membuka gerai di pinggirn jalan, sampai berkeliling kawasan menawarkan pizza dengan sepeda motor. Biasanya menu yang ditawarkan adalah 4 pan pizza berukuran kecil seharga Rp100.000.

3. PHD

Sebagai anak usaha Pizza Hut yang fokus pada layanan pesan antar, PHD ternyata tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Biasanya, PHD masih memiliki gerai kecil di jalan-jalan untuk pelanggan bisa dine-in. kini, PHD juga mau tak mau mulai membuka gerai di pinggir jalan khususnya pada sejumlah titik strategis tak jauh dari gerai mereka. Gerai PHD ini akan dibuka biasanya di depan pintu masuk minimarket. Adapun menu yang ditawarkan adalah jenis yang sama dengan Pizza Hut dengan harga Rp49.500 untuk tiga pan pizza kecil.

4. Dominos Pizza

Restoran penyaji pizza lain yang cukup populer yakni Dominos Pizza juga melakukan strategi yang sama. Selama pandemi banyak gerai Dominos yang mencari jalan menjajakan pizza kecil menggunakan sepeda motor pada beberapa titik. Biasanya, gerai ini dibuka di pinggir jalan yang padat keramaian, dan juga di depan kompleks perumahan.

5. Ta Wan

Geria restoran China ini mencoba strategi baru untuk menjaga produktivitas kerja karyawan, salah satunya dengan menjual makanan di pinggir jalan. Tak hanya membuka gerai di pinggir jalan, karyawan Ta Wan juga berkeleling pada siang sampai malam pukul 19.00 WIB, mencari pembeli. Ada pun jenis makanan yang dijual secara keliling adalah ricebox dengan menu; Nasi Cumi Lada Garam, Nasi Ayam Kungpao, dan Mie Goreng Sapi Lada Hitam.

6. Breadlife

Toko roti Breadlife yang biasa beroperasi di mall kini juga terdampak Covid-19. Mau tak mau, manajemen mencoba cara penjualan baru dengan membuka gerai di pinggir jalan. Biasanya jenis roti yang ditawarkan sangat beragam dari mulai harga Rp5000 sampai Rp15.000.

7. Ichiban Sushi

Restoran khas Jepang dengan makanan sushi ini, ternyata dilaporkan oleh warganet di Twitter dan Instagram, juga membuka gerai di beberapa titik. Mereka menawarkan menu ke pengendara motor atau mobil yang lewat. Salah satu varian yang ditawarkan adalah rice bowl dengan harga Rp20.000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba kfc pizza hut
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top