Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Memilih Homestay untuk Liburan Akhir Tahun Bareng Keluarga

banyak kendala saat merencanakan liburan bersama keluarga adalah kesulitan dalam menentukan lokasi menginap atau homestay.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 03 November 2020  |  11:48 WIB
Penginapan
Penginapan

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk merencanakan perjalanan yang tepat dan menyenangkan bersama keluarga salah satunya adalah dengan jaminan mendapatkan tempat menginap atau homestay yang nyaman dan anti stres.

Dilansir dari situs Departures, Selasa (3/11/2020), banyak kendala saat merencanakan liburan bersama keluarga adalah kesulitan dalam menentukan lokasi menginap atau homestay.

Padahal, semua pilihan yang tersedia sangat tergantung dari kebutuhan perjalanan Anda. Oleh sebab itu banyak pilihan tersedia yakni hotel mewah, homestay, butik, dan bahkan penginapan di wilayah wisata safari. Oleh sebab itu memilih lokasi adalah hal terpenting agar tidak mengacaukan rencana liburna Anda.

Berikut adalah 5 langkah yang bisa Anda lakukan sebelum merencanakan perjalanan liburan Anda agar berjalan lancar dan anti stres.

1. Tentukan Siapa Saja yang Mau Diajak Liburan

Jika Anda berharap bisa reunion bersama 10 orang anggota keluarga Anda, maka Anda harus bisa memastikan homestay yang tersedia cukup besar. Mau tak mau Anda juga harus menghabiskan energi ekstra untuk memikirkan kebutuhan setiap anggota keluarga. Misalnya, apakah nenek dan kakek Anda yang berusia di atas 90 tahun juga akan ikut serta? Maka, Anda perlu memikirkan kebutuhan ruang kamar, kamar mandi, agar selalu kering dan memudahkan akses bagi lansia. Atau jika Anda mengajak sepupu Anda yang sedang hamil atau memiliki bayi, maka Anda juga perlu menjamin ketersediaan ruang kamar di lantai bawah home stay atau penginapan agar ibu hamil tidak perlu turun dna naik tangga. Kamar tersebut juga sebaiknya jauh dari kamar lain untuk mencegah gangguan ketika bayi menangis.

2. Pastikan Ketersediaan Perlengkapan Rumah Penginapan Tersedia

Sebut saja sebagain contoh, jika Anda ingin mencoba liburan sambil wisata kuliner dengan memasak di daerah Eropa. Maka, Anda harus memastikan tempat penginapan Anda punya semua alat memasak yang dibutuhkan. Anda juga harus memastikan ketersediaan bahan bumbu dapur agar Anda tidak perlu membawa sendiri. Atau, Anda bisa memastikan lokasi penginapan tak jauh dari pasar tradisional agar memudahkan Anda berbelanja bahan makanan.

3. Jika Anda Memilih Menginap di Hotel Berbintang

Dalam beberapa situasi, menginap di homestay memang tidak cocok bagi sebagian kasus liburan keluarga. Apalagi jika liburan malah menambah pekerjaan tumah misalnya, harus mencuci, membersihkan ruangan, ataupun membereskan kamar tidur. Nah, untuk lebih memudahkan banyak keluarga yang memilih liburan di hotel daripada menyewa rumah. Ambillah contoh, jika Anda ke Amerika Serikat dan hendak menginap di hotel di Las Vegas, Anda akan menemukan banyak fasilitas lengkap pada setiap hotel di kawasan tersebut dengan waktu beroperasi selama 24 jam.

4. Atau Pilih Opsi Liar yang Menantang dengan Homestay Bersama Keluarga

Jika Anda hendak menyewa homestay, vila, atau resort, Anda harus memastikan lokasi yang masih tersedia. Tinggal sementara waktu di lokasi baru dengan suasana yang bebas, dekat alam, laut, gunung, dan goa, akan memberi kesan berbeda. Apalagi jika Anda hendak mencoba merasakan sensasi menginap di rumah pohon, Anda harus mencoba memanjat dan hidup di atas pohon dengan menikmati pemandangan alam.

5. Pilihlah Suasana Selama Liburan Hendak Berkomunikasi dengan Orang Lain atau Tidak

Beberapa orang masih ingin terhubung dengan keluarga dan teman selama berlibur. Beberapa malah ingin benar-benar terbebas dari koneksi dengan orang luar termasuk keluarga dan teman. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bebas dari koneksi bersama keluarga dan teman, maka Anda harus sudah memastikan dan menjamin semua daftar kebutuhan untuk liburan Anda sudah terpenuhi.

Jika Anda hendak berkomunikasi dengan orang lain selama liburan, Anda juga sudah harus memastikan bahwa tempat penginapan Anda memiliki jaringan internet. Hal ini akan membantu Anda selama berlibur untuk tetap berinteraksi. Namun jika Anda suungguh ini menjadi seorang wisatawan independen dengan bujet terbatas, maka Anda sudah harus mempelajari juga transportasi publik yang siap untuk disewa dan lokasi di luar tempat penginapan yang punya akses wifi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling akhir tahun tips travel
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top