Ilustrasi/Reuters
Travel

Catat! Ini Hal Penting Bagi Anda yang Mau Liburan Akhir Tahun Saat Pandemi

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 2 November 2020 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak pola dalam kehidupan manusia, tak terkecuali liburan akhir tahun ini yang masih dihantui pandemi tersebut.

Dikutip dari Travel and Leisure, Senin (2/11/2020), mempersiapkan perjalanan wisata juga akan sangat berubah. Apalagi, jika Anda hendak berencana liburan dengan anggota keluarga. Menurut situs wisata Expedia, mereka telah menganalisis adanya tren yang diprediksikan berubah dan menjadi kebiasaan baru pada wisata dan liburan akhir tahun ini.

Secara umum, rata-rata tarif pesawat juga mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biaya penerbangan juga mengalami penurunan paling dalam saat September lalu, dan diprediksi akan kembali naik per awal Oktober lalu sampai dengan akhir tahun ini.

Bagi Anda yang memesan penerbangan untuk perayaan Thanksgiving maupun Natal, Expedia merekomendasikan Anda untuk segera melakukan pemesanan dalam waktu 60-90 hari sebelum keberangkatan agar mendapatkan harga yang murah dan terjangkau.

Namun, karena sampai saat ini harga masih tidak terprediksi, langkah yang paling efektif adalah dengan merencanakan dari jauh hari dengan fleksibel dan selalu melihat perubahan harga dan menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

Para pelancong umumnya juga mengincar destinasi populer yang menawarkan cuaca hangat misalnya ke Hawaii. Ada juga yang tertarik dengan pengalaman berada di alam saat musim dingin dengan berkunjung ke Danau Tahoe.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk melakukan pemesanan dari jauh hari agar harga yang ditawarkan juga masih terjangkau serta masih memilih opsi refund jika Anda membatalkan perjalanan.

Nasehat dari Expedia ini juga berlaku bagi pelancong yang memilih liburan di hotel atau homestay. Anda disarankan untuk lebih waspada dan yakin dalam menerapkan semua protokol kesehatan mencegah Covid-19. Salah satunya, Anda harus sudah punya jaminan kesehatan dan kebersihan dari lokasi penginapan sebelum Anda melakukan pemesanan.

Untuk penyewaan kendaraan, Expedia juga merekomendasikan Anda harus menyiapkan dana tambahan saat melakukan pemesanan. Meski akan sedikit lebih mahal, namun pilihan ini adalah cara yang tepat untuk lebih terjamin restriktif dalam menangani Covid-19.

Jika Anda menolak untuk menyewakan kendaraan, Anda harus bersiap dengan kenaikan harga sewa yang nantinya bisa mencapai 30 persen. Jika Anda menyewa kendaraan untuk Natal, maka Anda sebaiknya sudah menyewa dan membawa kendaraan tersebut sebelum liburan, sehingga harga sewa yang Anda dapatkan lebih murah sekitar 15 persen dari harga normal.

Demikianlah sejumlah, nasehat terbaik yang bisa diberikan oleh Expedia, agar liburan akhir tahun Anda tetap aman, sehat, dan nyaman serta fleksibel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro