Ilustrasi/Julemag
Travel

Liburan, Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 1 November 2020 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda bosan di rumah dan ingin bepergian di ujung liburan panjang akhir pekan ini? Lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri Anda dari Covid-19.

Menerapkan protokol kesehatan selama liburan adalah hal yang mutlak dilakukan. Terutama ketika Anda liburan ke lokasi wisata yang ramai didatangi orang.

Sebelum bepergian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada saat sebelum pergi, dan juga saat liburan seperti dikutip dari mayoclinic.org berikut ini :

Sebelum Anda bepergian

Saat Anda berpikir tentang membuat rencana perjalanan, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

Apakah COVID-19 menyebar di tempat tujuan Anda? Semakin banyak kasus di tempat tujuan Anda, semakin besar kemungkinan Anda tertular selama perjalanan.

Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah? Siapa pun bisa tertular COVID-19, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19.

Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah? Jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menyebarkan virus ke orang yang tinggal bersama Anda saat Anda kembali, meskipun Anda tidak memiliki gejala.

Tetap aman saat Anda bepergian

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk melindungi diri Anda dan orang lain saat Anda bepergian:

Jaga jarak sejauh 6 kaki (2 meter) antara Anda dan orang lain sejauh mungkin.

Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit

Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan tangan, tombol elevator, dan kios. Jika Anda harus menyentuh permukaan ini, gunakan pembersih tangan atau cuci tangan Anda sesudahnya.

Kenakan masker kain.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.

Tutupi batuk dan bersin.

Bersihkan tangan Anda sesering mungkin. Ini sangat penting terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan kedua tangan hingga terasa kering.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro