Ilustrasi/Jibiphoto
Travel

UNESCO Tetapkan Bunakan, Karimunjawa, dan Merapi Merbabu Jadi Cagar Biosfir

Yudi Supriyanto
Kamis, 29 Oktober 2020 - 21:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sebanyak tiga cagar biosfir Indonesia, yakni Bunaken Tangkoko Minahasa, Karimunjawa Jepara Muria, dan Merapi Merbabu Menoreh ditetapkan sebagai UNESCO Biosphere Reserves pada sidang International Co-ordinating Council of the Man and the Biosphere Programme (ICC MAB) sesi ke-32 pada tanggal 27-28 Oktober 2020.

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, 3 cagar biosfir Indonesia tersebut berhasil masuk ke dalam daftar UNESCO setelah mendapat penilaian positif dari Advisory Committee dan setujui oleh seluruh anggota ICC-MAB.

"Sidang menetapkan sejumlah 24 proposal cagar biosfir baru pada pertemuan tersebut, termasuk cagar biosfir Indonesia," demikian tulis Kemlu, dalam lamannya yang dilihat Bisnis pada Kamis (29/10/2020).

Secara keseluruhan telah terdapat 714 UNESCO biosphere reserves yang tersebar di 129 negara.

Ada 3 cagar biosfir Indonesia yang diakui UNESCO tersebut memiliki keunikannya masing-masing.

Cagar Bunaken Tangkoko Minahasa misalnya, merupakan ekosistem vulkanik yang memiliki keankearagaman hayati bawah laut yang sangat kaya.

Sedangkan Karimunjawa Jepara Muria adalah ekosistem unik yang merupakan gabungan kepulauan, dataran rendah dan pegunungan.

Terakhir, Cagar Merapi Merbabu Menoreh merupakan ekosistem hutan pengunungan yang menjadi rumah bagi flora dan fauna khas Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro