Wisatawan domestik lebih memilih melakukan perjalanan di Indonesia.Ilustrasi/Reuters
Travel

Wisata Domestik Jadi Unggulan Selama Pandemi

Dewi Andriani
Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Destinasi wisata lokal menjadi populer saat pandemi menerjang. Ke depannya, tren wisata lokal diperkirakan akan terus menggeliat pascapandemi virus corona (Covid-19).

Demikian hasil Riset Consumer Megashift Post Covid-19 yang disampaikan oleh Yuswohady, Managing Partner Inventure Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Dalam riset tersebut, pilihan masyarakat untuk wisata domestik dalam skenario 6 bulan setelah vaksin ditemui, mayoritas setuju memilih wisata domestik daripada wisata luar negeri yaitu sebesar 76,5 persen.

"Untuk menyelamatkan sektor pariwisata Indonesia, di tahun 2021 pemerintah dan pelaku usaha pariwisata harus fokus mengembangkan pariwisata domestik," ujarnya.

Pada masa pandemi ini, prioritas wisatawan bergeser dimana cleanliness, healthiness, safety, dan environment (CHSE) menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan memilih destinasi yang bakal mereka kunjungi.

Meskipun dari sisi pariwisata domestik diperkirakan akan kembali menggeliat, nyatanya survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat masih khawatir untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. Padahal survey tersebut dibuat dengan skenario bahwa vaksin telah didistribusikan.

"Sebanyak 61,6 persen masyarakat khawatir datang ke mal karena sentimen yang masih takut. Kondisi ini membuat mal mungkin sulit untuk pulih di 2021," tuturnya.

Riset consumer megashift yang diluncurkan oleh Inventure tersebut melibatkan sekitar 1.121 responden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro