Gunung Gede/wikipedia
Travel

Astaga, Video Viral Pendaki Tanpa Busana Ternyata Bagian Riset Artistik

Yudi Supriyanto
Jumat, 23 Oktober 2020 - 17:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan video viral 2 pria tanpa busana di Gunung Gede Pangrango. Aksi itu merupakan bagian dari riset artistik yang menuju pada nudisme.

Dalam video klarifikasi yang diunggah oleh akun instagram @mountnesia dan dilihat Bisnis pada Jumat (23/10/2020), kedua pria tersebut meminta maaf kepada seluruh temannya dan pendaki Indonesia yang kurang berkenan dan tidak menyukai dengan postingan yang dilakukannya di masing-masing akun pribadinya.

“Kami juga ingin klarifikasi mengenai foto yang kami unggah di sosial media bahwasannya foto itu adalah bagian dari riset kami,” kata mereka.

Dalam nudisme tersebut, tubuh sebagai sarana ekspresi manifestasi pure manusia. Menurut mereka, imaji tubuh telanjang bisa digunakan sebagai protes advokasi sehingga dapat mengubah sudut pandang masyarakat atau orang-orang disekitar.

Nudisme yang dimaksud, lanjut mereka, adalah menyuarakan, protes, atau advokasi melalui tubuh, yang biasanya disuarakan itu untuk hak-hak individu atau mungkin perjuangan gender.

“Kami mengakui kesalahan atas ketidakcermatan menempatkan dokumen riset di dalam media sosial kami di Instagram yang mungkin bisa disalahgunakan dan diinterpretasi ulang fotonya. Dapat berbeda konteksnya,” ujar mereka.

Mereka mengakui belajar dari kesalahan sehingga ke depannya dapat lebih baik, dan memilah – milah foto yang akan diposting ke dalam media sosial Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro