Pekerja menggunakan alat pelindung diri saat melayani wisatawan di Hotel Puri Santrian, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (2/7/2020). Pemerintah Provinsi Bali berencana mewajibkan sertifikasi protokol kesehatan COVID-19 pada tatanan normal baru bagi usaha pariwisata dan objek wisata di Pulau Dewata yang akan mulai diverifikasi 3 Juli 2020./Antara-Nyoman Hendra Wibowon
Travel

Terapkan Protokol Corona, 78 Hotel di Bali Bersertifikat CHSE

Luh Putu Sugiari
Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Sebanyak 78 hotel dan resort yang tergabung dalam Bali Hotel Association telah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environmental (CHSE) Protokol Kesehatan Corona atau Covid-19.

Ketua BHA I Made Ricky Darmika Putra mengatakan hotel yang memiliki sertifikat CHSE telah menerapkan Protokol Kesehatan Corona berupa pemakaian masker di ruang publik, praktik menjaga jarak di area terbuka, penerapan opsi layanan tanpa kontak seperti layanan reservasi, check in, dan pembayaran, serta pemeriksaan suhu, penyediaan alat mencuci tangan, dan pelacakan kontak pengunjung.

“Semua kami lakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang akan berkunjung,” kata Ricky dalam acara jumpa pers, di Mercure Resort Sanur, Kamis, (22/10/2020).

Dia menuturkan, kesiapan hotel dibawah naungan BHA dalam menyambut tatanan kehidupan normal baru disampaikan dalam video pendek sebagai langkah kampanye media sosial ‘Bali Is My Life’ pada halaman facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

“Pesan utama dalam kampanye bertajuk Bali a new kind of adventure ini agar wisatawan dapat berlibur dengan bertanggung jawab menerapkan Prokes Covid-19,” tuturnya.

BHA Consultant Melina Caruso menjelaskan video kampanye yang berdurasi 1 menit ini menyampaikan informasi mengenai pembatasan perjalanan, kebijakan, dan tindakan kesehatan serta keselamatan berwisata. Seperti anjuran menjaga menjaga jarak, memakai masker, dan informasi berguna lainnya. Sehingga diharapkan informasi yang disampaikan dapat membantu wisatawan saat berkunjung ke Bali, serta mampu memahami dan membuat keputusan yang bertanggung jawab terkait cara meminimalisir resiko berkenaan dengan Corona ketika merencanakan liburan dan perjalanannya.

“Kami ingin menunjukan bahwa wisatawan dapat berlibur dan bersantai di hotel dan resort di Bali dengan keramahan, serta penerapan Prokes tentang penerapan CHSE dan aturan menjaga jarak,” jelasnya.

Sementara itu, bentuk kampanye dalam enam video kesiapan hotel dengan Prokes Corona masing-masing mengambil topik mengenai Bali a new kind of adventure, another day another adventure, enjoy our island, travel responsibly, stay inspired, dan balinese hospitality.

Menurutnya, pihak BHA menginginkan agar Bali tidak hanya terpaku menampilkan situasi yang selama ini dilihat. Namun, ada cerita yang ditampilkan mengenai petualangan baru, agar wisatawan dapat terhubung dengan Pulau Seribu Pura meskipun dengan semua protokol kesehatan yang berlaku.

“Informasi lebih mendalam mengenai perkembangan Corona dan pariwisata di Bali dapat mengunjungi web kami di www.balihotelassociation.com,” ungkap Melina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luh Putu Sugiari
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro