Bersepeda di Salar de Uyuni
Travel

Tips Bersepeda di Salar de Uyuni Layaknya Gowes di Atas Awan

Yudi Supriyanto
Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Bersepeda merupakan kegiatan yang sedang tren saat ini, di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai.

Di dunia ini, terdapat tempat yang akan memberikan Anda pengalaman yang benar-benar unik ketika bersepeda. Anda akan merasakan bersepeda seperti di lanskap yang tidak nyata, layaknya di langit.

Tempat itu adalah Salar de Uyuni yang terletak di Amerika Selatan. Dilansir dari Weleaf.nl, berikut tip terbaik yang dapat Anda lakukan untuk berpetulang di padang garam ini.

Dari Uyuni ke Sabaya

Ada banyak arah yang mungkin Anda temukan di atas dataran garam ini. Jadi, perhatikan baik-baik sebelumnya dan pastikan Anda tetap berada di 'jalan'. 

Ini adalah trek mobil tetap yang berselang-seling di atas dataran. Jika Anda tidak memperhatikannya, maka Anda menjadi mudah bingung. Apalagi, sangat tidak nyaman dan lambat jauh dari trek. 

Sinyal GPS telepon terkadang mengecewakan kita. Jadi, kompas bisa menjadi alat yang berguna. Jangan tertipu jika jalanan berbelok dengan aneh, percayalah perasaan Anda dan tetaplah di jalurnya.

Rute yang diambil oleh Weleaf.nl melintasi dua danau garam, Salar de Uyuni yang terkenal dan Salar de Coipasa yang kurang terkenal.

Salar de Uyuni adalah dataran garam terbesar di dunia. Hingga Pulau Incahuasi terdapat banyak jeep wisata dan banyak rute yang harus diikuti. 

Pulau ini baru terlihat setelah sekitar 40 kilometer. Jadi orientasinya sulit pada awalnya. Setelah makan siang semua jip turis lewat, menunjuk ke arah yang benar. Setelah pulau itu sangat tenang dan dataran garam bahkan lebih indah. Terkadang sebuah jip datang dan bahkan sebuah bus beroperasi dua kali sehari.

Salar de Coipasa: dari Llica, daratan utama, ada jalan berpasir yang buruk menuju Challacollo. Dari sana ada rute yang harus diikuti di sepanjang tepi Salar de Coipasa. 

Ambil jalur tunggal yang dibuat oleh sepeda motor, yang bersepeda dengan lancar dan memberikan pengalaman terbaik. Anda dapat beralih ke dataran garam dekat desa Tres Cruces. Pada kilometer pertama medan basah, tapi akan segera membaik. 

Perhatikan bahwa garam jauh lebih lembut dan sepeda mendapat lapisan garam yang tebal untuk bertahan. Dalam kasus kami, pada akhir Mei, dataran garam akan kebanjiran dekat Coipasa. 

Pesepeda dianjurkan untuk belok kiri lebih awal menuju pulau Coipasa dan bersepeda di sepanjang pantai. Dataran garam di atas sepeda ini adalah pengalaman unik. 

Tidak ada lalu lintas, Anda semua sendirian. Kami hanya melihat satu mobil di seluruh dataran garam. Perhatikan bahwa Anda bergantung pada diri sendiri jika terjadi kerusakan.

Apapun permukaan garam yang Anda ambil, struktur garam berubah secara permanen, sehingga menghasilkan kualitas rute. Terkadang ubin garam datar, terkadang berlekuk dalam, terkadang benjolan kasar. Kecepatan sepeda yang dibawa oleh Weleaf.nl bervariasi antara 6 hingga 22 kilometer per jam. Jadi, sangat sulit untuk memperkirakan berapa lama Anda akan berkendara. 

Hanya saja, rata-rata 12-15 kilometer per jam, dan jika berhasil sebelumnya, maka hal itu dianggap sebagai hadiah. Pada akhirnya 80% baik dan nyaman untuk bersepeda, tetapi bagian yang buruk sangat melelahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro