Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Catat, Ini Lokasi Jajan Cinderamata di Jawa Tengah

Dari mulai menjelajah wisata bersejarah sampai kuliner, tersedia lengkap di Jawa Tengah. Meski begitu tentu akan terasa kurang lengkap tanpa berbelanja cinderamata.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  11:39 WIB
Pasar Beringharjo di Yogyakarta - Antara
Pasar Beringharjo di Yogyakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Dari mulai menjelajah wisata bersejarah sampai kuliner, tersedia lengkap di Jawa Tengah. Meski begitu tentu akan terasa kurang lengkap tanpa berbelanja cinderamata.

Dilansir dari situs resmi Indonesia Travel, Senin (19/10/2020), di kawasan Jawa Tengah ternyata tersedia banyak lokasi wisata belanja cinderamata yang sangat cocok bagi Anda yang hobi berbelanja. Biasanya dalam satu kawasan memang terdapat banyak gerai yang bisa menjaid pilihan Anda. Keuntungan lainnya, rata-rata gerai penjual cinderamata ini memasang harga yang bersahabat bagi kantong Anda. Berikut beberapa lokasi wisata cinderamata di Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui.

1. Pasar Triwindu, Solo

Berlokasi di Ngarsopuro, Banjarsari, Surakarta, Pasar Triwindu adalah salah satu pasar kriya bagi para pecinta barang antic. Suasana dan interior ini sangat khas dengan suasana keemasan tahun 90-an. Banyak menampilkan karya arsitektur dan interior tradisional Jawa yang terbuat dari kayu. Pasar ini dibangun pada 1936, di bawah masa pemerintahan Sultan Mangkunegara VII. Pasar ini berada tepat di depan Pura Mangkunegaran.

Anda bisa mendapatkan barang antic seperti lampu, hiasan dinding, topeng ukiran kayu, kamera tua, cangkir dan piring antic, patung, radio langka, wayang, dan lainnya.

2. Pasar Klewer, Solo

Solo memang sudah lama dikenal sebagai pusat batik Indonesia, dan Pasar Klewer adalah salah satu pasar batik terbesar di Pulau Jawa. Pasar ini berlokasi dekat dengan Keraton Surakarta dan Masjid Besar Surakarta. Pasar Klewer pun menjadi pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah dan menjadi roda ekonomi terbesar di Surakarta. Pasar ini menjadi lokasi tujuan wisatawan untuk berbelana batik dengan harga yang terjangkau.

Disana ada sekitar 2000 gerai yang menyediakan banyak koleksi batik, dari batik tulis, batik cetak, maupun batik antik dari Keraton Surakarta. Ada pula ragam jenis batik dari Banyumas, Pekalongan, Yogyakarta, Betawi, sampai Madura. Di atas semua itu, ada beragam juga jenis pakaian dan barang antik dengan kualitas tinggi. Anda juga akan menemukan banyak pusat kuliner khas Solo seperti misalnya  sup tengkleng, yang dibuat dari kaldu tulang daging dan santan.

3. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pasar Beringharjo adalah tujuan wisata paling populer di Yogyakarta. Pasar tradisional ini telah lama berfungsi sebagai pusat perdagangan sejak 1758. Di pasar ini tersedia banyak cinderamata dengan harga yang sangat murah. Pasar Beringharjo, adalah salah satu pasar paling komplit di Yogyakarta. Selain menjual batik dan cinderamata, Anda juga akan menjumpai buah-buahan, sayuran, makanan tradisional, rempah-rempah dari Jawa, dan barang-barang antik pada lantai ketiga pasar ini.

4. Pasar Wage, Purwokerto

Dengan luas sekitar 1 hektar, Pasar Wage yang berlokasi di Jln, Vihara, Purwokerto Timur ini merupakan pasar tradisional di Banyumas yang merupakan magent bagi turis lokal maupun asing. Pasar ini terdiri dari lantai dengan ratusan gerai yang menjual beragam kebutuhan sehari-hari dari mulai makanan, buah-buahan, hiasan, pakaian, aksesoris, dan lainnya.

Sepanjang koridor pasar juga tersedia banyak gerai yang menjual keramik antik. Anda akan mudah merasakan nuansa multikulturalisme di Pasar Wage. Jika Anda pun merasakan lapar, jangan cemas, karena ada banyak kedai makanan tradisional yang menjual getuk goreng dan mendoan.

5. Pasar Johar, Semarang

Pasar Johar berlokasi di Jl. K.H. Agus Salim, Kauman, Semarang Tengah. Kota Semarang, Jawa Tengah. Pasar Johar adalah pilihan utama bagi para wisatawan lokal dan asing yang sedang berkunjung ke Semarang. Pasar ini menjual beragam kebutuhan sehari-hari misalnya barang elektronik, buah-buahan segar, sayuran, sampai tekstil, aksesoris, produk pakaian, dan souvenir dengan harga yang terjangkau. Untuk membuat kunjungan Anda ke Pasar Johar lebih bermakna, Anda bisa pergi juga melihat pusat pembuatan keramik.

Demikianlah, sejumlah gerai cinderamata dan souvenir di Jawa Tengah yang bisa menemani wisata Anda. Jika Anda mencari oleh-oleh dengan harga yang terjangkau, maka lima pasar ini adalah tempat yang tepat bagi Anda apalagi dengan beragam jenis cinderamata sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Tradisional cinderamata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top