Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 10 Jajanan Kuliner Bikin Kamu Keliling Indonesia

Untuk melepas rindu berwisata, Anda bisa menikmati kuliner-kuliner dari berbagai provinsi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  16:48 WIB
Rendang - Antara
Rendang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda pecinta kuliner, Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke ini punya beragam makanan tradisional khas yang membuatmu seolah sedang menjelajah nusantara.

Dilansir dari Indonesia Travel, Senin (19/10/2020), berikut adalah 10 makanan khas yang ada di Indonesia saat Anda tengah menjelajah tempat-tempat wisata. Berikut 10 makanan khas Indonesia yang wajib dicoba dan direkomendasikan untuk para wisatawan asing.

  1. Rendang

Rendang adalah makanan olahan dari daging sapi yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Rendang bahkan selalu ditemukan pada semua rumah makan Padang yang tersebar di seluruh Indonesia. Daging sapi yang dilengkapi ragam bumbu rempah ini bahkan sempat menyabet posisi sebagai makanan terlezat oleh CNN Travel pada 2017 lalu.

  1. Pempek

Pempek dikenal sebagai masakan tradisional asli dari Sumatra Selatan. Makanan ini punya bahan dasar ikan dan tepung kanji sudah ada sejak abad-16. Pempek memberikan ragam rasa lewat sausnya, yakni gurih, pedas, asam, dan manis. Pempek juga hadir antara lain dalam beberapa bentuk misalnya; pempek lenjer, bulat, kulit ikan, dan yang paling terkenal adalah pempek kapal selam, yang berisi telur ayam.

  1. Nasi Goreng

Nasi Goreng selalu menjadi makanan pertama yang direkomendasikan kepada para wisatawan saat bertandang ke Indonesia. asa nikmat dari nasi goreng sudah diakui oleh dunia. Bahkan, pada tahun 2011 silam, nasi goreng menyabet peringkat kedua dalam daftar "50 Makanan Paling Enak di Dunia" berdasarkan hasil survei CNN Internasional.

  1. Gudeg

Makanan satu adalah makanan khas yang berasal dari Yogyakarta, tak heran jika Yogyakarta seringkali disebut dengan nama Kota Gudeg. Gudeg Jogja terkenal dengan rasanya yang manis dan terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan. Makanan khas Yogyakarta ini akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat, kuah santan kental, ayam kampung, tempe, tahu, dan telur.

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah makanan khas dari Solo, Jawa Tengah. Sekilas Nasi Liwet memang tak terlihat berbeda dari makanan nasi lainnya. Faktanya, Nasi Liwet adalah masakan nasi yang dimasak dengan santan dan punya rasa yang gurih, mirip dengan nasi uduk. Nasi ini disajikan dengan suwiran ayam, areh alias santan kental, dan sayur labu siam. Rasanya benar-benar gurih sekali.

  1. Tengkleng

Belum beranjak dari Solo, kali ini ada satu lagi makanan khas dari kota ini yakni Tengkleng. Ada kisah sejarah yang menarik dari makanan ini. Konon, yang mampu menyantap daging kambing.

Sementara para juru masak dan pekerja hanya bisa makan kepala, kaki, dan tulang saja. Dari pengalaman itu, muncul ide untuk mengolah tulang-tulang dengan daging yang sedikit tersebut menjadi kuliner yang mirip dengan gulai kambing. Kemudian, terciptalah tengkleng dengan kuah yang lebih encer dibandingkan gulai.

  1. Bakso

Daging bulat-bulat, dikenal sebagai bakso. Dia adalah makanan yang paling banyak dan paling mudah ditemui di seluruh Indonesia. Makanan ini berbentuk bola daging dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Seiring dengan ragam inovasi dan permintaan pasar, bakso hadir dalam jenis yang lebih variatif dan tidak selalu berbentuk bulat. Bisnis mencatat, kini semakin ramai jenis bakso iga dengan tulang iga, bakso telur, sampai bakso lobster. Satu porsi bakso biasanya akan disajikan dengan kuah kaldu dan diberi topping berupa mie, tahu, bawang goreng, dan seledri.

  1. Lumpia

Bertolak dari Solo ke Semarang, Anda akan menjumpai makanan khas ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini yaitu Lumpia. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, lumpia merupakan jajanan tradisional yang berasal dari China. Tak heran jika jenis makanan ini paling banyak dijumpai di kawasan pecinan.

Lumpia merupakan hasil olahan dari tepung beras yang dibentuk menjadi lembaran yang sangat tipis kemudian diberi berbagai macam isian, seperti rebung, telur, daging, sayuran segar, atau makanan laut.

  1. Rawon

Bergeser ke Jawa Timur, Anda bisa mencicipi masakan khas dari bahan daging sapi yakni rawon. Masakan Rawon adalah sup daging dengan kuah kental berwarna hitam dari bahan kluwek yang dicampur dengan potongan daging sapi. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, daun bawang, telur asin, dan daun kerupuk udang sebagai pelengkap.

  1. Sate Lilit

Bergeser ke Bali, pusat wisata pantai di Indonesia yang sudah lama terkenal di dunia, nah, salah satu menu khas di Bali adalah Sate Lilit. Sate yang menjadi ikon dari kuliner Bali ini mudah ditemukan di berbagai lokasi wisata, seperti di Badung, Denpasar, hingga Gianyar.

Untuk yang belum pernah mencoba, sate lilit itu apa sih? Berbeda dari sate pada umumnya yang berupa tusukan potongan daging, sate lilit berbentuk gumpalan adonan yang terbuat dari daging yang membalut tusuk sate. Selain itu, sate ini juga tidak dihidangkan dengan bumbu kacang, karena bumbu adonannya sudah kaya akan cita rasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan pempek sate
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top