Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Korea Gelar Festival Muslim Secara Virtual

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan muslim, Korea mulai membangun fasilitas publik yang ramah Islam dan memperbanyak restoran halal.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  18:42 WIB
Korea mulai membangun restoran halal untuk meningkatkan jumlah wisatawan muslim
Korea mulai membangun restoran halal untuk meningkatkan jumlah wisatawan muslim

Bisnis.com, JAKARTA -- Korea semakin gencar untuk mempromosikan pariwisatanya melalui Festival Muslim Korea melalui virtual.

Perhelatan yang dilaksanakan pada  Oktober 2020 ini bertepatan dengan Perayaan Bulan Korea. Adapun budaya Korea sering ditonjolkan dalam drama serial Korea dan juga melalui talkshow grup band.

Byun Jung Sup, Direktur Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, mengatakan budaya Korea makin memikat seiring dengan kian tersohornya K-pop dan K-Drama di Indonesia. Promosi budaya Korea melalui dunia seni tersebut telah memberikan dampak pada bisnis pariwisata di Korea.

Terbukti sampai dengan 2019 lalu, tren kunjungan wisatawan muslim ke Korea cenderung meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut pun berdampak pada perkembangan lembaga, infrastruktur pelayanan publik, serta beragam industri yang ramah muslim.

Sebagai contohnya, Korea mulai melakukan pembangunan tempat ibadah di berbagai tujuan wisata utama, hotel, pusat perbelanjaan, bandara dan lainnya. Selain itu, restoran halal yang ramah muslim semakin banyak dan mudah dijumpai di negeri ginseng tersebut. 

Hal ini membuktikan keseriusan pemerintah Korea Selatan dalam mengembangkan wisata ramah Muslim, yang kini digencarkan dengan label Muslim Friendly Korea. MFKF menjadi tema utama dari Korea Travel Fair 2019, yang diselenggarakan pada September di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Acara akan diselenggarakan selama tiga hari mulai 16 – 18 Oktober 2020. Pameran ini juga diikuti serangkaian aktivitas daring lain akan sampai akhir Oktober 2020. 

Byun juga menambahkan, penyelenggaraan MFKF tahun ini juga spesial karena diadakan di tengah perayaan Bulan Korea atau Korea Month.

Tujuannya, untuk menarik kunjungan wisatawan Muslim dari Indonesia berkunjung ke Korsel lewat pake-paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent.

Akibat pandemi, penyelenggaraan MFKF tahun ini sedikit berbeda. Selain digelar secara daring, acara utama akan diselenggarakan selama tiga hari, yaitu 16 – 18 Oktober 2020. Ada serangkaian aktivitas daring lain yang akan dilakukan sampai akhir Oktober nanti.

Byun menyebut, tujuan penyelenggaraan MFKF tahun ini untuk tetap menyampaikan pesan ke dunia, khususnya masyarakat Muslim di Indonesia bahwa Korea tetap berkomitmen terhadap perkembangan wisata ramah Muslim.

Acara ini pun hendak mendorong literasi bahwa Korea selalu siap dan terbuka menanti wisatawan Muslim Indonesia untuk datang maupun kembali berkunjung setelah keadaan pandemi Covid-19 membaik.

Pada hari pertama, MFKF 2020 dimulai dengan serangkaian acara pembukaan, bertajuk Explore with Love dan Let’s Fall in Love.

"Explore with Love adalah jalan-jalan virtual ke destinasi wisata ramah Muslim di Korea. Sedangkan Let’s Fall in Love adalah jalan-jalan virtual ke beberapa festival di Korea yang ramah bagi wisatawan Muslim," ujar Byun.

Hari kedua, diisi dengan acara Eat with Love dan Cooking with Love. Eat with Love adalah jalan-jalan virtual ke restoran-restoran ramah Muslim yang ada di Korea. Sedangkan di acara Cooking with Love, akan ada chef terkenal Indonesia yang memasak makanan halal Korea dan menu unik Korea lainnya.

Hari ketiga, MFKF menyajikan acara Capture with Love, Goes to Korea with Love dan penutupan. Acara Capture with Love akan diisi oleh seorang juru potret terkenal yang akan bercerita tentang pengalaman mengabadikan momen di Korea. Acara akan dilanjutkan dengan berbagi tips cara mengabadikan momen terbaik ketika berjalan-jalan di Korea. Sedangkan di acara Goes to Korea with Love, akan ada influencer yang berbagi tips jalan-jalan di Korea bagi wisatawan Muslim.

Setiap tahunnya, Oktober selalu menjadi saat paling istimewa karena merupakan momen diselenggarakannya acara-acara bertema Korea yang disponsori oleh Kedutaan Republik Korea untuk Indonesia.

Selama Korea Month, KTO Jakarta akan 'menyajikan' makanan Korea melalui tayangan Virtual Gastronomic Journey #KeKoreaAja bersama Youtuber Jang Hansol dan Amelia Tantono.

Selain itu, KTO Jakarta juga melakukan berbagai aktivitas daring di media sosial untuk mempromosikan video kampanye pariwisata Korea terbaru yang dibintangi oleh girlband kenamaan ITZY.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata korea selatan muslim
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top