Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bingung Pilih Santan atau Kelapa Parut? Ini Kata Sisca Soewitomo

Pegiat kuliner nusantara, Sisca Soewitomo mengatakan, konsumen kerap membeli produk makanan minuman yang sehat dan bernutrisi sebagai persediaan dan pasokan selama situasi pandemi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  15:11 WIB
Sisca Soewitomo - istimewa
Sisca Soewitomo - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tetra Pak mencatat, sebanyak 49 persen konsumen saat ini semakin giat dalam memasak dan menyiapkan masakan dari rumah, salah satunya dengan memanfaatkan santan.

Pegiat kuliner nusantara, Sisca Soewitomo mengatakan, konsumen kerap membeli produk makanan minuman yang sehat dan bernutrisi sebagai persediaan dan pasokan selama situasi pandemi.

Pada skala nasional, konsumen juga mulai beralih dari pasar tradisional ke pasar modern untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi Covif-19.

Oleh sebab itu, kemasan santan modern menjadi pilihan utama karena mempermudah masyarakat. Namun, jika Anda masih khawatir apakah cairan putih yang ada di dalam kemasan tersebut sehat sebagai santan atau tidak lebih baik dari santan hasil kelapa parut.

Sisca Soewitomo menjelaskan, santan maupun kelapa parut punya kualitas yanh sama. Bahkan santan cenderung lebih baik, karena kelapa yang dipilih dan diolah sebagai santan pasti berkualitas.

"Santan dalam kemasan itu memudahkan masyarakat mendapatkan bahan masakan. Kalau soal kualitas, sudah pasti terjaga. Keluarga bisa pakai seperlunya," terangnya dalam Webinar Wariskan Resep Juara yang digelar Tetra Pak, Jumat (15/10/2020).

Sisca tak menampik masih banyaknya keraguan pada santan tak lepas dari sejarah kuliner Indonesia. Dia menceritakan perjalanan konsumen, khususnya ibu rumah tangga, dalam memanfaatkan produk santan kelapa.

Dulu tentu saat mau memasak santan, Anda harus memotong, memarut, dan memeras kelapa untuk mempersiapkan dan memasak santan.

"Sekarang, zaman dan kebutuhan kita telah berubah, tentunya kita membutuhkan produk dan bahan masakan yang mudah dipakai dan tetap higienis terutama pada kondisi pandemi saat ini," sambungya.

Menurut Sisca, produk santan kelapa kemasan juga bisa dipakai dalam sebagai bahan pokok atau tambahan beragam kuliner nusantara, mulai dari sajian utama keluarga hingga jajanan tradisional.

Sisca pun menambahkan, selama masak menggunakan santan kemasan, jarang sekali dia mengalami tekstur santan yang pecah.

"Kalau pakai santan kemasan itu, jarang sekali santan pecah. Asal cara masaknya benar, diaduk yang benar, saya jamin semua sukses bikin masakan di dapur. Ini mempermudah sekali," terang Sisca.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner Resep masakan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top