Sisca Soewitomo/istimewa
Kuliner

Bingung Pilih Santan atau Kelapa Parut? Ini Kata Sisca Soewitomo

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 16 Oktober 2020 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tetra Pak mencatat, sebanyak 49 persen konsumen saat ini semakin giat dalam memasak dan menyiapkan masakan dari rumah, salah satunya dengan memanfaatkan santan.

Pegiat kuliner nusantara, Sisca Soewitomo mengatakan, konsumen kerap membeli produk makanan minuman yang sehat dan bernutrisi sebagai persediaan dan pasokan selama situasi pandemi.

Pada skala nasional, konsumen juga mulai beralih dari pasar tradisional ke pasar modern untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi Covif-19.

Oleh sebab itu, kemasan santan modern menjadi pilihan utama karena mempermudah masyarakat. Namun, jika Anda masih khawatir apakah cairan putih yang ada di dalam kemasan tersebut sehat sebagai santan atau tidak lebih baik dari santan hasil kelapa parut.

Sisca Soewitomo menjelaskan, santan maupun kelapa parut punya kualitas yanh sama. Bahkan santan cenderung lebih baik, karena kelapa yang dipilih dan diolah sebagai santan pasti berkualitas.

"Santan dalam kemasan itu memudahkan masyarakat mendapatkan bahan masakan. Kalau soal kualitas, sudah pasti terjaga. Keluarga bisa pakai seperlunya," terangnya dalam Webinar Wariskan Resep Juara yang digelar Tetra Pak, Jumat (15/10/2020).

Sisca tak menampik masih banyaknya keraguan pada santan tak lepas dari sejarah kuliner Indonesia. Dia menceritakan perjalanan konsumen, khususnya ibu rumah tangga, dalam memanfaatkan produk santan kelapa.

Dulu tentu saat mau memasak santan, Anda harus memotong, memarut, dan memeras kelapa untuk mempersiapkan dan memasak santan.

"Sekarang, zaman dan kebutuhan kita telah berubah, tentunya kita membutuhkan produk dan bahan masakan yang mudah dipakai dan tetap higienis terutama pada kondisi pandemi saat ini," sambungya.

Menurut Sisca, produk santan kelapa kemasan juga bisa dipakai dalam sebagai bahan pokok atau tambahan beragam kuliner nusantara, mulai dari sajian utama keluarga hingga jajanan tradisional.

Sisca pun menambahkan, selama masak menggunakan santan kemasan, jarang sekali dia mengalami tekstur santan yang pecah.

"Kalau pakai santan kemasan itu, jarang sekali santan pecah. Asal cara masaknya benar, diaduk yang benar, saya jamin semua sukses bikin masakan di dapur. Ini mempermudah sekali," terang Sisca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro