Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menyusuri Keindahan Geopark di Sumatra Barat

Salah satu yang dapat pelancong nikmati di Indonesia adalah taman bumi atau geopark. Di Sumatera Barat terdapat banyak situs geopark yang mempesona untuk dinakmati ketika melakukan perjalanan ke Indonesia.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  11:59 WIB
Rumah Gadang - Antara
Rumah Gadang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya. Banyak tempat-tempat yang bisa para pelancong kunjungi untuk melakukan liburan di negara kepulauan ini.

Salah satu yang dapat pelancong nikmati di Indonesia adalah taman bumi atau geopark. Di Sumatera Barat terdapat banyak situs geopark yang mempesona untuk dinakmati ketika melakukan perjalanan ke Indonesia.

Geopark di Sumatera Barat terbentang mulai dari karst, kaldera, lembah, dan masih banyak yang lainnya. Dilansir dari Indonesia Travel, berikut geopark-geopark yang ada di Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Anda akan jatuh hati dengan keindahan yang ditawarkan oleh ngarai pemisah antara kota Bukittinggi dan Kota Gadang ini.
Dengan latar belakang Gunung Singgalang, berdiri dua dinding curam nan kokoh setinggi antara 100 meter hingga 120 meter dan membentang sepanjang 15 kilometer saling berhadapan.

Hamparan persawahan yang hijau dan sungai yang berkelok juga makin menambah keindahan pemandangan. Kecantikan Ngarai Sianok dapat dilihat dari Taman Panorama di Bukittinggi.

Lembah Harau

Taman bumi lainnya yang dapat Anda nikmati di Sumatera Barat adalah Lembah Harau yang terletak di dekat kota Payakumbuh. Lembah Harau atau yang biasa disebut sebagai Yosemite versi Indonesia ini menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Di lembah ini, terdapat tebing yang menjulang setinggi dari 100 meter hingga 500 meter, dan mengalir deras beberapa air terjun.

Sebagai area konservasi, Lembah Harau dengan luas 669 hektare ini juga merupakan rumah bagi berbagai satwa, seperti owa, kera, berbagai macam spesies burung, dan masih banyak lagi.

Danau Maninjau

Nama danau ini diambil dari kata 'maninjau' yang berarti memandang ke seberang. Danau maninjau merupakan Danau vulkanik yang terletak di 38 kilometer sebelah barat Kota Bukittinggi dan berada di ketinggian 460 mdpl.

Danau Maninjau memiliki luas mencapai 100 km2 dengan kedalaman hingga 480 meter. Keindahan danau ini akan semakin sempurna jika dilihat di atas ketinggian, yaitu dengan naik ke bukit pinus bernama Puncak Lawang.

Di kawasan ini, Anda juga bisa mengunjungi desa petani dan nelayan untuk sekadar melihat-lihat aktivitas sehari-hari atau bahkan berinteraksi secara langsung dengan penduduk setempat.

Jangan lupa juga untuk berpetualang melewati 44 tikungan jalan yang sering disebut sebagai Kelok 44 dengan latar belakang pemandangan hijau dari sawah dan hutan.
Selain pemandangan indahnya yang memanjakan mata, udara di sekitar Danau Maninjau juga sangat sejuk dan bebas polusi.

Danau Tarusan Kamang

Danau Tarusan Kamang yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat adalah tempat yang tepat bagi Anda jika ingin menyaksikan fenomena alam yang unik.
Keunika yang ada di danau ini jarang Anda temui di danau lainnya. Di danau ini, Anda akan menemui fenomena pasang dan surut sehingga danau akan penuh dengan air ketika kondisi sedang pasang.

Sementara saat danau surut, danau akan berubah menjelma menjadi lapangan rumput yang hijau.

Jika berkunjung ke danau ini, maka Anda akan melihat gundukan tanah di tengah genangan air, persis seperti pulau di tengah danau yang disebut Padang Doto oleh penduduk setempat.
Selain fenomena unik, danau ini juga punya panorama pegunungan yang indah dengan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah danau terlebar di Sumatera Barat dan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak memiliki luas sekitar 107,8 km2 dengan panjang 21 km dan lebar 7 km.

Danau ini bisa dicapai dari 3 kota sekaligus karena berada di sekitar 70 kilometer dari Padang, 20 kilometer dari Solok ,dan 36 kilometer dari Bukittinggi.

Selain strategis, destinasi geopark ini juga terkenal berkat pemandangan yang mempesona. Di danau ini, Anda akan dimanjakan dengan hamparan air berwarna biru cantik dan pegunungan megah sebagai latar belakang.

Kota Tambang Sawahlunto

Destinasi geopark lainnya yang ada di Sumatera Barat adalah Sawahlunto, sebuah kota tambang peninggalan zaman kolonial yang dulu dikenal sebagai ‘The Little Dutch’.
Sawahlunto merupakan kota tambang tertua di Asia Tenggara yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 6 Juli 2019. Karena sudah tidak beroperasi, Kota Tambang Sawahlunto kini bertransformasi menjadi sebagai titik wisata sejarah.

Di sini, Anda akan melihat situs peninggalan zaman kolonial, seperti Museum Kereta Api Sawahlunto, tempat penyimpanan batubara, gudang ransum, dan Lubang Mbah Suro.
Secara geografis, kota ini terletak di lembah pegunungan Bukit Barisan, sehingga Kota Tambang Sawahlunto dikelilingi oleh beberapa bukit, seperti Bukit Polan, Bukit Pari, hingga Bukit Mato.

Kota ini menjadi andalan para wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan menyaksikan pemandangan asri nan indah.

Danau Kembar

Berlokasi di dataran tinggi di timur Padang, Danau kembar memiliki udara yang sejuk dan segar dengan suhu 14-16 derajat celcius.

Danau Kembar terdiri dari dua danau yakni Danau Atas dan Danau Bawah yang letaknya saling berdekatan. Kedua danau tersebut terbentuk secara alami akibat fenomena geologi di zaman kuno.

Di sini, Anda bisa menyusuri keindahan danau dengan menyewa perahu. Karena pemandangannya yang cantik, daerah di sekitar danau juga kerap dijadikan sebagai destinasi hiking dan berkemah.

Gua Batu Kapal Solok Selatan

Terletak di Jorong Ngalau Indah, di kawasan Solok Selatan, penduduk setempat memberi nama Gua Batu Kapal Solok Selatan karena bentuk gua ini mirip dengan kapal.
Bahkan, menurut legenda setempat, gua ini merupakan bangkai kapal yang berubah menjadi batu. Bentuk unik gua inilah yang jadi daya tarik utama para wisatawan.

Selain bentuknya yang unik, Gua Batu Kapal Solok Selatan juga terkenal dengan panoramanya yang sangat indah.

Gua ini terbentuk dari sedimen bebatuan warna-warni dengan stalaktit dan stalagmit yang menarik di dalamnya. Ditambah dengan gemericik suara aliran air yang menenangkan dan udara yang menyegarkan, gua ini cocok jadi spot baru untuk Anda yang menginginkan ketenangan.

Geopark Ranah Minang Silokek

Geopark Ranah Minang Silokek yang terletak di wilayah Sijunjung juga harus masuk ke dalam daftar yang harus Anda kunjungi saat berkunjung ke Sumatera Barat.
Meski membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Padang, taman bumi ini menawarkan pesona yang dijamin tidak akan megencewakan.

Silokek merupakan taman bumi yang didirikan oleh pemerintah Sijunjung. Dengan panorama alam nan eksotik, warisan geologi dan budaya, serta keanekaragaman hayati yang tersimpan di lokasi ini, Silokek adalah aset pariwisata Sumatera Barat yang paling lengkap.

Di sini, Anda bisa menyaksikan kemegahan air terjun, pasir putih yang lembut, gua yang mempesona, dan aliran air yang masih jernih untuk memanjakan mata dan pikiran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata global geopark
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top