Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahukah Anda, Ini 11 Makanan Termahal di Dunia

Selain salmon masih ada 11 jenis makanan lain yang masuk kategori makanan termahal di dunia. Apa sajakah itu?
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  14:31 WIB
White Pearl Albino Caviar
White Pearl Albino Caviar

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang menemukan jenis makanan yang mahal di dengan beragam variasi di seluruh dunia, misalnya saja, salmon.

Nyatanya, dilansir dari Brightside.me, Rabu (7/10/2020), selain salmon masih ada 11 jenis makanan lain yang masuk kategori makanan termahal di dunia. Apa sajakah itu?

1. Jamur Matsutake

Jamur jenis ini adalah jamur langka yang harganya saat ini berkisar US$600 untuk satu kilogram saja. Jamur Matsutake adalah jenis jamur yang cukup populer di Jepang, tetapi jamur ini juga biasa tumbuh di daratan lain Asia. Meski demikian, populasi jamur ini mengalami penurunan yang signifikan sebagai dampak dari penyebaran hama di sekitar pohon tempat area tumbuh jamur ini. Kondisi ini juga menyebabkan jamur tersebut akan sulit ditemukan di masa depan.

2. Kopi Luwak

Kopi Luwak ini diproduksi oleh sejumlah industri di Indonesia, Filipina, dan di India bagian Selatan. Kopi Luwak adalah salah satu jenis kopi termahal di dunia. Harga kopi ini diperkirakan antara US$250 sampai US$1200 per kilogram. Kopi ini juga sangat populer karena proses olahannya yang unik.

3. White Pearl Albino Caviar

Untuk satu kilogram dari caviar ini membutuhkan biaya sekitar 8.500 Euro, atau setara dengan US$9.100. Caviar albino ini adalah salah satu jenis ikan yang hidupnya di perairan Caspian. Biaya produksi caviar ini pun sangat tinggi karena telur ikan albini sturgeon yang populasinya saat ini sangat langka, dan rata-rata sudah berusia 100 tahun.

4. Sup Sarang Walet

Sarang dari burung wallet adalah salah satu bahan yang langka. Biasanya, sarang burung wallet memang sudah cukup umum untuk bahan masakan khas Cina. Namun kelangkaan sarang dan harga yang mahal dari sarang burung wallet juga menyebabkan makanan olahan dari bahan ini menjadin mahal. Biaya sarang burung wallet memiliki harga sekitar US$3000 per kilogram.

5. Saffron

Bumbu dapur sejenis kunyit untuk bahan memasak ini punya harga sekitar US$400 sampai US$1000 per kilogram. Kondisi ini dikarenakan tanaman ini hanya tumbuh selama 7 hari sepanjang musim gugur dan biasanya dikumpulkan dengan tangan. Pasalnya untuk mendapatkan 1 kilogram saffron, Anda harus memetik sekitar 300.000 bunga dari tanaman ini.

6. Truffle Putih

Tingginya harga dari truffle putih adalah hasil dari tingginya tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang. Apalagi jika disajikan secara tepat, truffle bisa menghadirkan aroma yang nikmat. Di Eropa, untuk 1 kilogram truffle ini seharga 2000 euro, atau setara US$2.100.

7. Ayam Cemani

Ayam Cemani atau ayam hitam adalah makanan khas Indonesia, namun ayam jenis ini tidak diekspor ke luar negeri karena dicemaskan bisa menyebarkan virus. Ayam pedaging ini sangat langka sehingga memiliki harga yang relatif mahal yaitu US$200 di Indonesia. Meski begitu di Malaysia, Ayam Cemani terbilang sangat umum ditemukan dan harganya tidak terlalu melonjak dibandingkan harga ayam pada umumnya.

8. Japanese Wagyu Steaks

Steak Wagyu dari daging sapi asal Jepang, adalah salah satu jenis daging paling lezat dan paling mahal di dunia. Pada posisi kedua, dagung ini diperingkat kedua adalah daging marbling, dengan teksturnya yang creamy. Harga untuk satu kilogram daging ini bisa mencapai US$450.

9. Iberian Ham

Jamon Iberico diproduksi di Spanyol yang mana merupakan daging ham termahal di dunia. Di Spanyol, daging babi Iberian ini terbilang eksklusif karena membutuhkan wilayah yang luas untuk peternakannya. Harga untuk 1 kilogram daging ham kering ini diperkirakan sekitar 365 euro atau US$392.

10. Keju Moose

Salah satu keju termahal di dunia adalah keju moose yang diproduksi hanya di Moose House Farm di Swedia. Susu Moose adalah bahan baku utama membuat keju Moose. Warna keju moose sangat putih, dengan cita rasa yang mirip keju ferta. Harga untuk 1 kilogram keju moose adalah 1.000 euro atau setara dengan US$1.074 per kilogram.

11. Pisang

Tak seperti pisang biasa, seorang seniman Stephan Brusche yang menjadi terkenal karena membuat inovasi dari pisang. Dia juga membuat inovasi bentuk buah-buahan lain, misalnya, apel yang berbentuk kubus. Tak herna inovasi bentuk buah membuat harga buah-buahan ini melambung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top