Ilustrasi kabin pesawat
Travel

Bisakah Anda Tertular Corona di Pesawat?

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 6 Oktober 2020 - 18:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika akan terbang untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman, Anda mungkin bertanya-tanya, dapatkah saya tertular virus corona (Covid-19) di pesawat?

Ya, itu mungkin. Tapi seberapa besar kemungkinannya? Kami masih belum yakin. Seperti halnya semua hal terkait Covid-19, ilmu pengetahuan tentang ini terus berkembang.

Pertama-tama, untuk diperjelas segala jenis perjalanan saat ini meningkatkan risiko Anda tertular Covid -19. Tentu saja, wajar untuk khawatir tentang terbang, khususnya - bagaimanapun juga, hal itu menempatkan Anda di ruang tertutup dengan penumpang lain yang mungkin terinfeksi (dan bahkan tidak menyadarinya).

Dikutip dari WebMD, Selasa (6/10/2020), tetapi banyak ahli mengatakan bahwa risiko keseluruhan terkena virus di pesawat itu sendiri “relatif kecil” dan penelitian yang dirilis baru-baru ini tampaknya mendukung mereka.

Risiko rendah, sebagian, disebabkan oleh sistem resirkulasi udara di sebagian besar pesawat, yang menggantikan udara kabin dengan udara segar setiap 2 hingga 3 menit. Selain itu, sebagian besar pesawat dilengkapi dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA), serupa dengan yang digunakan di unit perawatan intensif rumah sakit, yang menyaring 99,9 persen partikel.

Namun, masih banyak yang tidak kami ketahui tentang virus ini, dan dua studi terbaru lainnya menunjukkan bahwa berbagi kompartemen pesawat bukan sepenuhnya tanpa risiko.

Dalam satu kasus, seorang penumpang dalam penerbangan dari London ke Hanoi, Vietnam, tampaknya telah menginfeksi 15 sesama pelancong. Dalam kasus lain, empat penumpang di pesawat dari Boston ke Hong Kong jatuh sakit karena Covid-19 setelah penerbangan mereka. Karena mereka masing-masing dites positif untuk jenis SARS-CoV-2 yang sama, para peneliti sangat yakin mereka pasti telah saling menulari di dalam penerbangan.

Penting untuk dicatat bahwa kedua penerbangan ini berlangsung pada awal Maret sebelum masker dipakai secara teratur dan keduanya merupakan penerbangan jarak jauh, satu beroperasi lebih dari 10 jam dan yang lainnya lebih dari 15 jam.

Kemungkinan akan memakan waktu cukup lama sebelum para peneliti dapat memberi tahu kami dengan tepat keadaan dan perilaku apa yang meningkatkan kemungkinan penularan Covid-19 saat terbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro