Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selandia Baru Punya Paspor Terkuat di Dunia, Kok Bisa?

Selandia Baru sebagai negara yang paling banyak mencetak paspor membuat negara ini berhasil menggulingkan Jepang sebagai negara yang sebelumnya paling banyak mencetak paspor dalam perjalanan dunia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  21:14 WIB
Paspor Selandia Baru
Paspor Selandia Baru

Bisnis.com, JAKARTA -- Paspor para pelancong di seluruh dunia ternyata paling banyak dicetak oleh Selandia Baru.

Dikutip dari Star News, Senin (5/10/2020), Selandia Baru sebagai negara yang paling banyak mencetak paspor membuat negara ini berhasil menggulingkan Jepang sebagai negara yang sebelumnya paling banyak mencetak paspor dalam perjalanan dunia.

Jika dibandingkan dengan 193 pastor dari berbagai negara seluruh dunia, paspor negeri kiwi ini pun menjadi paspor yang terkuat untuk meloloskan akses keluar dan masuk wisatawan. Bagaimana skala kekuatan paspor Selandia Baru selama pandemi?

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan goncangan pada akses negara bebas visa juga membuat Selandia Baru mengurangi jumlah negara tujuan bebas visa.

Salah seorang pemegang paspor Selandia Baru, Albeit, mengatakan tidak terlalu terdampak selama pandemi jika dibandingkan dengan paspor negara lain.

Selaras dengan aturan dari Pemerintah Australia yang melakukan bebas karantina ke Selandia Baru, kini ada 129 negara yang juga menawarkan akses bebas visa.

Angka ini naik 80 negara selama 6 bulan terakhir sejak pandemi. Meski demikian, kondisi ini juga merepresentasikan penurunan wisatawan sampai ke 40 lokasi yang menawarkan wisata bebas visa ke Selandia Baru dari sebelumnya 2019.

Jepang pun kini duduk pada peringkat kedua, diikuti Jerman, Austria, Luxembourg, Switzerland, Irlandia, Korea Selatan, dan Australia.

Negara-negara Eropa juga membuat 10 daftar bebas akses ke Schengen ke sejumlah lokasi dengan sedikit aturan restriktif terhadap Covid-19.

Perlu dicatat, 10 negara teratas Amerika Serikat dengan paspor yang kuat selama ini akhirnya jatuh ke peringkat 21 pada ranking rapor terkuat.

Meski sudah terjadi upaya perbaikan sejak Juli, para pemegang paspor Amerika Serikat masih harus terdampak dengan Covid-19 di negara asalnya. Pada Juli lalu, paspor Amerika Serikat pun kian anjlok ke peringkat 28 di bawah Meksiko dan Uruguay.

Hal ini menandakan bahwa kesiapan untuk berwisata ke Amerika Serikat masih sangat terkendala. Apalagi mengingat masih banyak perbatasan negara yang dilarang aksesnya oleh Gedung Putih.

Ranking Paspor

1. Selandia Baru - 129

2. Jerman, Austria, Luxembourg Switzerland, Irlandia, Korea Selatan, Jepang, Australia - 128

3. Belanda, Denmark, Portugal, Lithuania, Norway, Islandia, Inggris, Kanada - 126

5. Malta, Slovenia, Latvia - 125

6. Republik Ceko, Estonia, Yunani, Polandia, Hungaria, Liechtenstein - 121

7. Slovakia -- 123

8. Siprus, Kroasia, Monaco - 121

9. Romania, Bulgaria - 120

10. San Marino, Andorra, Uruguay - 115

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

selandia baru paspor
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top