Petugas medis memasukkan sampel tes usap seorang pasien dalam kunjungan pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah di New York, AS, Selasa (4/8/2020)./Bloomberg-Angus Mordant
Travel

Temuan Pertama, Kepulauan Solomon Tak Lagi Bebas Virus Corana

Yudi Supriyanto
Senin, 5 Oktober 2020 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kepulauan Solomon mencatatkan kasus positif virus corona (Covid-19), membuat negara ini gagal mempertahankan bebas virus Corona baru.

Dilansir dari Medicalxpress, Perdana Menteri Manasseh Sogavare mengatakan seorang siswa yang baru saja tiba dari Filipina dalam penerbangan repatriasi menunjukkan hasil positif Covid-19.

"Sungguh menyakitkan bagi saya untuk mengatakan bahwa kami telah kehilangan status bebas COVID-19 meskipun upaya kolektif kami untuk mencegah pandemi memasuki negara kami," kata Sogavare, dilansir pada Senin (5/10/2020).

Dia meminta seluruh masyarakat untuk tenang dengan ada kasus positif Covid-19 di negara tersebut, dan mengatakan pihaknya melakukan pelacakan kontak serta tindakan lain untuk mencegah penyebaran virus.

Sementara itu, dia juga mengungkapkan tidak melakukan kebijakan karantina dengan ada kasus positif Covid-19.

Siswa, yang menunjukan hasil negatif ketika melakukan uji sebanyak 3 kali di Filipina sebelum menaiki pesawat, ditemukan positif dalam tes rutin ketika kembali ke ibukota Honiara. Saat ini, siswa yang positif Covid-19 tersebut dalam masa isolasi.

Adapun 18 siswa lainnya yang dinyatakan positif tetap berada di karantina, di Manila, Filipina. Lebih dari 400 siswa telah terjebak di Filipina, yang dilanda Covid-19, sejak Solomon menutup perbatasannya pada Maret lalu.

Di bawah tekanan orang tua, pejabat Solomon mengatur 3 penerbangan repatriasi dengan yang pertama tiba Selasa lalu.

Meskipun mengonfirmasi kasus pertama virus corona (Covid-19), Sogavare mengatakan pemerintah akan terus berupaya membawa pulang siswa yang tersisa.

Saat ini hanya negara pulau kecil dan terpencil serta wilayah Kiribati, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu yang diyakini masih bebas dari virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro