Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Temuan Pertama, Kepulauan Solomon Tak Lagi Bebas Virus Corana

Siswa yang terbang dari Filipina menuju Kepulauan Salomon terdeteksi positif virus corona (Covid-19).
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  14:22 WIB
Petugas medis memasukkan sampel tes usap seorang pasien dalam kunjungan pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah di New York, AS, Selasa (4/8/2020). - Bloomberg/Angus Mordant
Petugas medis memasukkan sampel tes usap seorang pasien dalam kunjungan pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah di New York, AS, Selasa (4/8/2020). - Bloomberg/Angus Mordant

Bisnis.com, JAKARTA--Kepulauan Solomon mencatatkan kasus positif virus corona (Covid-19), membuat negara ini gagal mempertahankan bebas virus Corona baru.

Dilansir dari Medicalxpress, Perdana Menteri Manasseh Sogavare mengatakan seorang siswa yang baru saja tiba dari Filipina dalam penerbangan repatriasi menunjukkan hasil positif Covid-19.

"Sungguh menyakitkan bagi saya untuk mengatakan bahwa kami telah kehilangan status bebas COVID-19 meskipun upaya kolektif kami untuk mencegah pandemi memasuki negara kami," kata Sogavare, dilansir pada Senin (5/10/2020).

Dia meminta seluruh masyarakat untuk tenang dengan ada kasus positif Covid-19 di negara tersebut, dan mengatakan pihaknya melakukan pelacakan kontak serta tindakan lain untuk mencegah penyebaran virus.

Sementara itu, dia juga mengungkapkan tidak melakukan kebijakan karantina dengan ada kasus positif Covid-19.

Siswa, yang menunjukan hasil negatif ketika melakukan uji sebanyak 3 kali di Filipina sebelum menaiki pesawat, ditemukan positif dalam tes rutin ketika kembali ke ibukota Honiara. Saat ini, siswa yang positif Covid-19 tersebut dalam masa isolasi.

Adapun 18 siswa lainnya yang dinyatakan positif tetap berada di karantina, di Manila, Filipina. Lebih dari 400 siswa telah terjebak di Filipina, yang dilanda Covid-19, sejak Solomon menutup perbatasannya pada Maret lalu.

Di bawah tekanan orang tua, pejabat Solomon mengatur 3 penerbangan repatriasi dengan yang pertama tiba Selasa lalu.

Meskipun mengonfirmasi kasus pertama virus corona (Covid-19), Sogavare mengatakan pemerintah akan terus berupaya membawa pulang siswa yang tersisa.

Saat ini hanya negara pulau kecil dan terpencil serta wilayah Kiribati, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu yang diyakini masih bebas dari virus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top