Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 10 Kesalahan Umum Saat Menginap di Hotel

Ada beberapa kesalahan yang acap terjadi saat memesan kamar hotel. Ini menimbulkan rasa tidak nyaman saat istirahat.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 30 September 2020  |  21:24 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ada ragam kesalahan yang dilakukan saat Anda sedang check-in ataupun check-out di hotel.

Menurut Sam Shank, CEO Hotel Tonight mencari penginapan dan akomodasi selama liburan memang bisa menguras energi Anda. Apalagi jika Anda baru tiba di bandara, baru masuk ke penginapan, dan akhirnya harus keluar dari ruangan untuk mencari kudapan.

Oleh sebab itu, langkah utama yang harus Anda lakukan untuk bisa mengatasi kelelahan dan kepanikan tersebut adalah menenangkan diri. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan kecil yang akan menambah rasa penat Anda selama berlibur.

Dikutip dari Travel+Leisure, ada 10 kesalahan umum saat check-in maupun check-out yang dilakukan para wisatawan. Berikut 10 kesalahan yang perlu diwaspadai para wisatawan menurut Sam Shank.

1. Lupa Menanyakan Biaya Penginapan

Ini adalah hal yang sering terjadi dalam perjalanan wisata dimana Anda lupa menanyakan dengan detail biaya penginapan. Terkadang Anda harus menyiapkan ekspektasi ada biaya tak terduga yang tetap harus dibayarkan.

Oleh sebab itu akan lebih baik jika Anda mendata kembali semua biaya penginapan sejak masuk hingga keluar dengan teman seperjalanan Anda untuk mengatasi krisis. Anda juga perlu mempertimbangkan pemberian tip bagi beberapa penginapan.

2. Lupa Menjadwalkan Check-in Lebih Awal

Sejumlah hotel punya aturan ketat terkait check-in dan check-out. Jika Anda terlambat melakukan check-out seringkali barang-barang Anda dikeluarkan secara paksa dari ruangan. Oleh sebab itu, The Hoxton Hotels, di Williamsburg memperkenalkan inovasi FlexyTime yang bisa menjadi alarm pengingat bagi Anda melakukan check-in dan check-out dengan tepat waktu.

3. Lupa Menanyakan Jenis Kamar Sesuai Kebutuhan

Anda perlu mengkaji rencana perjalanan dan jam tidur serta istirahat Anda di penginapan. Misalnya, jika Anda tipe pelancong yang sulit tidur dan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, Anda perlu meminta kepada pihak hotel menempatkan Anda di kamar yang lebih dekat dengan akses keluar hotel misalnya dekat elevator dan lebih dekat dengan lift agar tidak menganggu penginap kamar lain.

4. Lupa Mengecek Barang Sebelum Keluar Kamar

Jangan pernah Anda lupa untuk mengecek ulang semua barang Anda sebelum keluar kamar. Secara teratur, Anda perlu membiasakan diri selalu mengecek barang-barang penting Anda yang dibawa selama bepergian keluar kamar, contohnya dompet, handphone, dan kunci. Lakukan kembali kebiasaan itu dengan lebih ketat terutama saat check-out.

5. Tidak Mencantumkan Informasi Pribadi dengan Benar saat Check-in

Ketika Anda melakukan check-in, seringkali Anda hanya memberikan informasi umum, misalnya nomor telepon. Padahal, Anda perlu menambahkan lebih banyak informasi lain misalnya email dan juga kartu nama Anda. Shank menyebut ini penting untuk menjamin pihak penginapan mudah untuk mengontak dan mengonfirmasi Anda, termasuk untuk memastikan waktu kedatangan.

6. Tidak Memberikan Tip Kepada Housekeeping Sebelum Check-out

Anda perlu memberikan tip secukupnya kepada petugas hotel misalnya, petugas kebersihan ruangan, room boy, maupun pekerja lain yang membantu Anda selama menginap misal bartender, sopir taksi, hingga hair stylists. Jika Anda lupa memberikan tip selama menginap, maka Anda perlu memberikan tip kepada mereka ketika Anda memutuskan check-out.

7. Menunggu di Antrian Saat Check-out

Berwisata selama 2020 memang dianjurkan untuk menghindari antrian panjang yang jaraknya terlalu dekat antarwisatawan. Maka Anda sendiri bertanggung jawab untuk bisa datang ke lokasi check-in dan check-out agar tidak mengantri terlalu lama. Sembari menunggu Anda bisa melakukan pengecekan pada jumlah biaya yang dikeluarkan. Ketika antrian berkurang, Anda bisa mengambil tempat untuk mengantri dan menunggu giliran sehingga waktu yang Anda habiskan tidak terlalu lama.

8. Lupa Mengecek Total Tagihan

Seringkali rincian tagihan hotel per hari dikirimkan melalui email. Oleh sebab itu penting bagi Anda, per hari melihat ke email Anda kiriman dari hotel. Hal ini penting juga untuk mengecek jika tercantum tagihan yang tidak sesuai dengan milik Anda.

9. Lupa Menanyakan Fasilitas Tambahan

Sangat penting juga bagi Anda yang punya kebutuhan khusus untuk bertanya dengan sopan kepada petugas hotel ketersediaan barang atau kebutuhan Anda. Biasanya hal ini menyangkut dengan fasilitas yang tersedia dalam kamar, dimana ada banyak jenis ukuran, tipe, hingga fasilitas pada setiap kamar. Jika Anda ingin pindah, sebaiknya Anda segera menanyakan dengan baik kepada petugas di front desk.

10. Kelebihan Bayar Akibat Fasilitas Tambahan

Seringkali karena kebutuhan tambahan, ada biaya tambahan yang mengikuti. Oleh sebab itu, jika Anda sudah lebih awal mengomunikasi dengan baik kebutuhan dan pesanan kamar Anda, Shank merekomendasikan Anda untuk mencermati biaya yang dikeluarkan per hari.

Anda juga perlu mendata lagi uang tersebut dengan ketersediaan bujet Anda. Sehingga Anda bisa mengatur dan memesan jenis kamar, namun tetap tidak kewalahan dengan tagihan yang membengkak nantinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel penginapan tips travel
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top