Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Alasan Anda Harus ke Taman Nasional Komodo

Taman nasional yang memiliki luas sekitar 2.000 km2 ini memiliki banyak pesona yang mampu membuat wisatawan jatuh hati dan ingin kembali lagi ke tempat ini.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 28 September 2020  |  20:05 WIB
Taman Nasional Komodo - www.australiangeographic.com.au
Taman Nasional Komodo - www.australiangeographic.com.au

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia memiliki banyak taman nasional yang dapat menjadi tempat tujuan untuk melakukan liburan, salah satunya adalah Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Dilansir dari Indonesia Travel, taman nasional yang memiliki luas sekitar 2.000 km2 ini memiliki banyak pesona yang mampu membuat wisatawan jatuh hati dan ingin kembali lagi ke tempat ini.

Berikut alasan yang akan membuat Anda jatuh hati terhadap Taman Nasional Komodo:

Bisa Melihat Komodo Lebih Dekat di Habitat Asli

Taman Nasional Komodo merupakan rumah bagi sekitar 2.500 komodo. Jadi, di taman nasional ini, Anda dapat menyaksikan hewan purba dengan panjang sekitar 3 meter dan berat sekitar 70 kg tersebut.

Hanya saja, Anda harus menjaga jarak sekitar 300 meter untuk melihat hewan ini mengingat Komodo adalah hewan buas. Air liur yang keluar dari mulut Komodo juga mengandung racun.

Ada Banyak juga Fauna Lainnya

Selain menjadi habitat asli komodo, Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna lainnya, seperti kuda, kerbau, dan rusa timor, kemudian spesies reptil, seperti 12 spesies ular dan 9 spesies kadal.

Selain fauna yang hidup di darat, keanekaragaman hayati yang ada di kawasan ini juga meliputi fauna yang hidup di perairan.

Taman Nasional Komodo menyimpan sekitar 1000 spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba, 7 spesies ikan paus, dan juga penyu hijau. Kemudian terdapat juga 40 jenis burung yang menjadi penghuni Taman Nasional Komodo.

Surga Diving Kelas Dunia

Tidak lengkap rasanya kalau ke Taman Nasional Komodo tanpa menyelami pesona bawah lautnya yang memesona. Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, yang menjadikannya sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Di kawasan ini, setidaknya terdapat 100 situs menyelam kelas dunia yang selalu menjadi incaran para penyelam, ilmuwan, maupun fotografer profesional dari seluruh penjuru dunia.
Dengan hamparan warna-warni terumbu karang, ragam spesies ikan yang menghuni kawasan ini, termasuk daya tarik utamanya yakni berinteraksi secara langsung dengan ikan pari manta, ikan hiu, dan dugong, diving di Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Iklim dan Geografisnya yang Unik

Iklim di sekitar Taman Nasional Komodo cenderung kering, hal ini membuat tanah perbukitan menjadi lebih kering dan berbatu.

Jadi, tidak heran jika kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai area treking karena perbukitannya yang cukup terjal dan menantang.

Meskipun begitu, eksotisme daratan di Taman Nasional Komodo berpadu secara sempurna dengan keindahan lautnya yang begitu memesona.

Menaklukan Pulau Padar

Bagi Anda yang senang mendaki, Pulau Padar di Taman Nasional Komodo merupakan spot yang tepat untuk Anda taklukan. Perlu waktu sekitar 2 - 3 jam untuk mencapai puncak dengan medan pendakian bebatuan yang menanjak.

Pemandangan indah akan tersuguhkan ketika Anda mencapai puncak, dan rasa lelah mendaki akan hilang seketika itu juga karena semuanya akan terbayar. Hamparan lautan lepas yang terlihat seperti kilauan berlian karena terpaan sinar matahari akan Anda jumpai.

Pantai Pink yang Menawan

Pantai Pink memiliki pasir berwarna pink. Warna pink ini berasal dari paduan pasir putih dan degradasi karang merah. Di pantai ini, akan mendapati pemdangan yang sangat menakjubkan, laut biru, alam hijua, dan pasir yang berwarna pink akan memanjakan mata kita.

Desa Tradisional di Pulau Mesa

Penduduk desa tradisional di Pulau Mesa sangat lah ramah-ramah, dan menjadikannya sebagai tempat wajib yang harus Anda kunjungi ketika ke tempat ini.

Aktivitas harian penduduk seperti mengeringkan timun, mengolah ikan, dan menyiapkan bahan pangan laut akan Anda temui di desa tradisional di Pulau Mesa.

Panorama Sunset yang Cantik di Pulau Kalong

Panorama sunset menjadi daya tarik utama Pulau Kalong. Saat senja menjelang, Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan yang memikat dengan menyaksikan ribuan kelelawar yang terbang menuju hutan bakau.

Lembayung senja yang memesona menjadi latar belakang kelelawar terbang tersebut, menambah keindahan yang tidak akan Anda temui di tempat lainnya.

Snorkeling di Pulau Kanawa

Pulau Kanawa yang terletak di Taman Nasional Komodo punya spot snorkeling yang sempurna. Jadi, Anda dapat melakukan snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan.

Warna - warni terumbu karang, ragam biota laut, dan jenis ikan bermacam-macam dapat Anda lihat dengan jelas karena airnya yang sangat jernih, membuat Anda enggan keluar dan terus berada di dalam air.

Wisata Lengkap di Pulau Rinca

Pulau Rinca adalah pulau yang merupakan incaran bagi para wisatawan karena di pulau ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus, seperti menyusuri hutan bakau yang masih alami.

Kemudian, melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi di hamparan padang savana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

taman nasional pulau komodo
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top